Apa Itu Pijar Sekolah Telkom? - Pijar Sekolah

Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Apa Itu Pijar Sekolah Telkom?

Pijar Sekolah adalah sebuah platform  pendidikan dibawah naungan Telkom Indonesia yang dapat membantu sistem pembelajaran digital terpadu dan mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan tentu saja[M1]  menyenangkan. 

Pijar Sekolah memiliki banyak fitur, yakni Manajemen Sekolah, Buku Digital Interaktif, Video Pembelajaran, Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi, Bank Soal, Lab Maya, Buku Digital, Latihan Soal, dan Absensi

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. 

Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (USBA), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

Selain itu, pihak sekolah dapat terbantu dalam pengelolaan administrasi dan juga operasional, serta manajemen sekolah melalui fitur Sistem Informasi Manajemen (SIM) Sekolah. 

Melalui fitur ini tentu akan memudahkan pihak sekolah, khususnya guru dalam melakukan reporting data yang dibutuhkan. Report absensi, hingga nilai siswa semuanya bisa dengan mudah diolah melalui fitur ini.

Kenapa Harus Pijar Sekolah?

Telkom Indonesia, melalui Pijar Sekolah, memiliki visi dan misi untuk membuat pendidikan di Indonesia lebih merata dan melek teknologi. Masyarakat di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) pun bisa ikut merasakan pendidikan seperti sekolah yang berada di wilayah urban. 

Telkom Indonesia ingin memberikan kesempatan yang merata untuk semua sekolah di Indonesia untuk sama-sama bergerak menuju Pendidikan 4.0.

Manajemen Sekolah

Sekolah tentunya memiliki kebutuhan yang sangat kompleks. Sehingga, di zaman sekarang ini sekolah dianggap belum maju jika manajemen sekolahnya masih dilakukan dengan pola manajemen yang masih konvensional.

Maka, Pijar Sekolah membuat sebuah terobosan lewat tools yang dapat mengatur dan menghubungkan semua level hirarki manajemen yang ada di sekolah, yaitu Sistem Informasi Manajemen Sekolah.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) Sekolah bertujuan untuk memenuhi segala informasi tentang sekolah.

Sebuah sistem terpadu yang menyediakan informasi untuk mendukung kegiatan operasional dan manajemen sekolah atau SIM Sekolah ini, menyediakan informasi mengenai data siswa, data guru dan data dapendik. Selain itu, juga dapat mendownload data PTK hingga rombel.

Data ekskul, jurusan dan kelas pun dapat diakses lewat SIM. Laporan dan pengajuan mengenai sekolah juga dapat dilakukan dengan Sistem Informasi Manajemen sekolah tersebut.

Dan, yang utama, profil sekolah, statistik kesiswaan serta sarana dan prasarana juga dapat dipantau lewai SIM. Sehingga dapat menjadi sekolah unggulan dalam pencarian data dengan data sekolah yang terorganisir menjadi satu pada fitur Manajemen Sekolah.

Segala kegiatan yang dilakukan oleh setiap level hirarki sekolah pastinya memerlukan informasi. Begitupun sebaliknya, semua kegiatan yang dilakukan sekolah sudah tentu menghasilkan informasi baik yang berguna bagi sekolah yang mengadakan kegiatan ataupun bagi departemen lain diluar sekolah yang bersangkutan.

Seperti misalnya informasi tentang penerimaan siswa baru, bantuan operasional sekolah, progress pengiriman dapodik, download profile dapodik, manajemen dapodik, dapodik nisn, ataupun segala bentuk dapodik online.

Dengan dukungan sistem informasi manajemen yang dirancang dan dilaksanakan dengan baik, manfaat yang akan diperoleh manajemen sekolah tentunya akan banyak. 

Kinerja operasional dan manajemen pun dapat meningkat, semua informasi kebutuhan dari tiap level manajemen juga akan terpenuhi. Sehingga, manajemen sekolah semakin terdepan.

Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi

Di era digital yang tengah dialami dunia saat ini, ujian yang biasanya dilakukan dengan menggunakan kertas dirasa sudah ketinggalan jaman.

Jika informasi dan tugas-tugas sekolah saja sudah bisa dikerjakan dengan bantuan internet, gawai pun dapat dimanfaatkan untuk melakukan ujian berbasis computer. Bukan hanya untuk mencari informasi atau hiburan semata.

Fitur Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi atau USBA tentu menjadi angin segar pada kemajuan teknologi di bidang pendidikan.

Pasalnya, dengan fitur-fitur andalan Pijar Sekolah, seperti salah satunya USBA yang juga merupakan aplikasi ujian berbasis komputer offline ini, fasilitas pendidikan tidak lagi hanya bisa dirasakan oleh orang-orang yang tinggal di wilayah kota.

Untuk kondisi tertentu seperti di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) juga bisa merasakan USBA. Layaknya sekolah yang berada di kota-kota besar, di mana sekolah-sekolah di kota besar sudah seluruhnya mulai melakukan Ujian Berbasis Komputer atau UBK simulasi.

USBA sendiri serupa dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kesamaan dari kedua pelaksanaan ujian tersebut adalah dapat memperlihatkan hasil ujian secara langsung.

Namun, terdapat kelebihan pada fitur Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi kepunyaan Pijar Sekolah dibandingkan dengan UNBK, yakni terdapat pembahasan atas jawaban dari soal-soal ujian tersebut yang dapat dilihat langsung pada akhir ujian atau ketika ujian telah dinilai oleh guru.

Bukan hanya nilai hasil ujiannya saja. Konten soal ujian pun dapat dibuat sendiri oleh guru dan dapat disimpan pada CBT Pijar Sekolah. Sehingga, konten soal tersebut dapat digunakan kembali di kemudian hari. Misalnya, untuk simulasi UNBK, CBT tes, latihan ujian CBT, simulasi UBK (Ujian Berbasis Komputer), dan sebagainya.

Dengan fitur USBA milik Pijar Sekolah, selain siswa yang dapat mengakses soal secara lewat gawai dan tanpa kertas, guru juga dimudahkan saat memeriksa hasil ujian yang dikerjakan siswa tersebut. 

Proses penilaian dapat dilakukan secara otomatis tanpa perlu mengecek jawaban siswa satu persatu.

Buku Digital

Tidak dipungkiri jika perkembangan digital semakin cepat belakangan ini. Buktinya, penggunaan internet yang semakin massive, baik diakses oleh anak muda hingga orang dewasa.

Teknologi internet ini berfungsi sebagai pertukaran informasi yang begitu cepat, tanpa terhambat adanya perbedaan tempat dan waktu. Tanpa disadari, perubahan ini pun membuat pola hidup manusia berubah, dan belakangan selalu bergantung dari perangkat elektronik.

Perkembangan teknologi yang begitu cepat ini juga berpengaruh pada dunia pendidikan di Indonesia belakangan ini. Dulu, buku sekolah dicetak dari kertas dan dijadikan buku-buku yang biasa digunakan oleh siswa.

Namun kini, sudah adanya buku sekolah digital yang bisa diakses oleh siswa dengan menggunakan smartphone atau laptop masing-masing. Tidak ada alasan lagi buku pelajaran tertinggal di rumah, karena semua buka bisa diakses secara online.

Pengertian buku digital itu sendiri adalah buku-buku konvensioanal yang diubah kedalam bentuk digital.

Tidak ada perubahan isi didalamnya, hanya saja buku digital menjadi lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

Pijar Sekolah sebagai platform pembelajaran offline yang berfokus untuk memberikan kesetaraan pendidikan bagi sekolah di seluruh Indonesia juga memiliki beragam fitur menarik, salah satunya adalah Buku Digital.

Fitur Buku Sekolah Digital milik Pijar Sekolah sendiri bersumber dari silabus kurikulum 2013, dan terdiri dari kurikulum 2013, kurikulum 2013 revisi, hingga kurikulum 2013 revisi 2017 pun ada di Buku Digital Pijar Sekolah. Semua bukunya pun adalah buku BSE, sesuai dengan kurikulum siswa-siswi yang digunakan untuk belajar sekarang ini.

Buku Sekolah Digital sebenernya adalah program dari Departemen Pendidikan Nasional Indonesia. Tujuannya adalah untuk menyebarkan bukupelajaran dalam bentuk digital ke seluruh penjuru sekolah dalam beberapa jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA dan juga SMK.

Pijar Sekolah memiliki kepedulian yang sama dengan Kemdikbud, sehingga Pijar Sekolah menghadirkan sebuah fitur yang bisa dimanfaatkan oleh sekolah dalam meningkatkan minat belajar bagi siswa di sekolah. 

Selain itu, dengan fitur ini, pihak sekolah bisa menciptakan perpustakaan digital di sekolah, tanppa khawatir buku yang disediakan terbatas atau rusak. Sebab, siswa cukup mengakses fitur ini melalui layanan Pijar Sekolah secara offline, alias bebas internet!

Fungsi buku digital di Pijar Sekolah ada banyak sekali. Selain bisa memudahkan siswa belajar dimana saja dan kapan saja, juga dapat meringankan “beban siswa” ketika berangkat ke sekolah. 

Artinya siswa tidak perlu lagi membawa-bawa buku pelajaran yang tebal dan berat, cukup akses via smartphone atau komputer sekolah.

Selain itu, buku digital inipun bisa diakses tanpa harus mengurangi kuota, karena diakses secara gratis tanpa menghabiskan kuota internet.

Nah, tidak ada alasan lagi untuk malas belajar. Sebab dengan adanya Pijar Sekolah di sekolah Anda, semua permasalahan yang biasa dikeluhkan bisa diatasi.

Ternyata, belajar itu mudah dan menyenangkan dengan adanya Pijar Sekolah, kan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *