Aplikasi Tatap Muka Terbaik Untuk Pembelajaran Daring - Pijar Sekolah

Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Aplikasi Tatap Muka Terbaik Untuk Pembelajaran Daring

aplikasi-tatap-muka-sebagai-media-pembelajaran-online

Aplikasi Tatap Muka saat ini sangat banyak dipergunakan karena semakin tingginya infeksi virus COVID-19 yang menyebabkan pemerintah harus membatasi semua aktivitas kita sehari-hari, terutama yang berada di luar rumah. Aktivitas mulai dari bekerja, hiburan, hingga berbelanja kebutuhan pokok juga terpaksa harus dibatasi. Tidak terkecuali kegiatan belajar mengajar pada sekolah yang mulai menerapkan pembelajaran secara online. Agar proses pembelajaran tetap berjalan dengan lancar, sekolah memerlukan aplikasi pembelajaran online dalam kegiatan belajar mengajar

Dengan diterbitkannya Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, langkah pembatasan untuk siswa untuk belajar di rumah mendapatkan apresiasi dari banyak negara . Dalam Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Kemendikbud disebutkan bahwa kegiatan belajar tidak boleh dilakukan secara tatap muka, melainkan jauh dari rumah (belajar dari rumah). Survei Kebijakan Nasional menunjukkan bahwa penting untuk melanjutkan kegiatan belajar bahkan ketika pertemuan tidak memungkinkan. Pembelajaran online adalah kegiatan belajar melalui  internet yang memungkinkan guru dan murid tidak bertemu secara langsung. 

Pembelajaran online biasanya dilakukan melalui platform atau aplikasi khusus yang mendukung untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Beberapa aplikasi juga dapat melakukan kegiatan pembelajaran layaknya di sekolah, sehingga penyampaian materi pun bisa diterima oleh siswa dengan baik. Ada banyak aplikasi atau platform yang dapat membantu Anda menerapkan pembelajaran online. Sebagian besar orang mungkin akrab dengan aplikasi panggilan Zoom. Aplikasi yang satu ini memungkinkan banyak orang untuk terhubung secara audio visual di waktu yang sama.

Berikut adalah  aplikasi tatap muka panggilan video terbaik yang dapat murid atau guru gunakan untuk proses belajar mengajar.

  1. Google Classroom

Google Classroom adalah aplikasi tatap muka pembelajaran online berbasis web yang dirancang untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa tanpa perlu pertemuan tatap muka. Google Classroom merupakan layanan yang disediakan oleh Google for Education yang mendukung kegiatan komunikasi antara guru dan siswa selama pembelajaran. Dengan aplikasi ini memungkinkan Anda untuk dapat melihat kemajuan siswa yang sudah atau belum menyelesaikan tugasnya. Tidak hanya itu saja, guru juga dapat memberikan nilai dan umpan balik secara real-time tanpa harus menunda waktu. Siswa juga bisa juga mengakses dan menerima materi secara mudah serta mengirimkan tugas langsung dari Google Classroom.

  1. Zoom Meeting

Aplikasi tatap muka yang paling populer saat ini adalah Zoom. Zoom dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh online dengan mengajarkan konten pembelajaran yang diajarkan oleh guru. Aplikasi ini memungkinkan pembelajaran berlangsung dalam dua arah dan memberikan umpan balik langsung kepada siswa tentang materi yang disajikan. Salah satu fitur yang paling berguna dari  Zoom adalah fitur perekaman layar, dimana fitur ini memungkinkan Anda merekam materi yang ditampilkan di layar sehingga murid yang tidak dapat mengikuti materi dapat merekam kegiatan belajar di luar waktu pembelajaran

  1. Animaker

Animaker adalah platform yang bisa dipakai guru untuk membuat video animasi materi pembelajaran. Dengan aplikasi ini, guru dapat dengan mudah menyampaikan materi yang mungkin sedikit kompleks tanpa harus kontak tatap muka. Video animasi akan media pembelajaran yang menarik dan interaktif dan bisa dibagikan secara langsung kepada siswa.

  1. Microsoft Teams

Aplikasi video conference yang dikembangkan oleh Microsoft ini tampaknya sedikit lebih lambat dibandingkan ketiga aplikasi lainnya. Microsoft teams merupakan platform kolaborasi berbasis chat dan sebenarnya sudah memiliki fitur lengkap, misalnya adalah membagikan dokumen, konferensi online serta komunikasi bisnis. Anda bisa membuat sebuah team room yang baik, Team room ini adalah kunci ketika membutuhkan pengambilan keputusan kreatif. Tidak hanya itu saja, dengan adanya room team ini akan membangun komunikasi yang lebih efektif satu sama lain. Adanya sistem coworking ini memudahkan Anda yang ingin berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus. Termasuk dalam materi pembelajaran yang akan membantu komunikasi antara guru dan murid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *