Belajar Critical Thinking Saat Sekolah Online, Bisa dengan Pijar Sekolah - Pijar Sekolah

Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Belajar Critical Thinking Saat Sekolah Online, Bisa dengan Pijar Sekolah

Pijar Sekolah – Salah satu tujuan belajar adalah untuk melatih para siswa agar dapat berpikir kritis. Makanya seringkali, para guru berusaha untuk mendorong siswa agar aktif bertanya dan berdiskusi di dalam kelas. Sayangnya karena pandemi Covid-19, kegiatan tersebut menjadi terkendala karena beberapa faktor. Misalnya karena sebagian siswa tidak memiliki gadget yang memadai, keterbatasan kuota internet, akses internet tidak lancar, dan tidak bisa mengakses aplikasi belajar online.

Lantas, bagaimana cara agar para siswa tetap dapat melatih kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran jarak jauh?

Tips Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Saat Belajar Online

Beberapa poin keterampilan ini mungkin bisa para guru gunakan saat membuat rencana pembelajaran yang mengarah pada kemampuan berpikir kritis.

  • Tanyakan beberapa pertanyaan terbuka. Belajar satu arah bisa sangat membosankan karena tidak ada interaksi antara guru dan siswa. Untuk melatih kemampuan berpikir kritis, Anda bisa menanyakan beberapa pertanyaan terbuka kepada para siswa. Misalnya menggunakan pertanyaan dengan konsep 5W 1H (who, what, where, when, why, how). Hal ini akan melatih mereka agar terbiasa untuk menanyakan sesuatu dari informasi yang diterima, sehingga dapat menghindarinya dari hoax dan mitos yang banyak beredar saat ini.
  • Ajar para siswa untuk mengidentifikasi fakta dan opini. Coba untuk melatih para siswa dalam mengidentifikasi fakta dan opini. Anda bisa menggunakan studi kasus yang nyata atau berdasarkan buku yang digunakan saat belajar. Hal ini juga sangat dibutuhkan di tengah maraknya hoax dan mitos di internet.
  • Dorong para siswa untuk berani berpendapat dan berdiskusi. Misalnya dengan membuat situasi pro kontra ketika Anda membahas suatu kasus. Minta mereka untuk menyatakan setuju atau tidak setuju, kemudian tanyakan alasan tentang sikap yang dipilihnya. Selain melatih berpikir kritis, cara ini juga membantu mereka untuk mengambil sikap, berani berpendapat, dan berkomunikasi dengan cara yang baik.

Itulah poin-poin keterampilan yang dapat diterapkan untuk melatih siswa berpikir kritis saat belajar online. Anda bisa menerapkannya lebih mudah dengan menggunakan aplikasi belajar online seperti Pijar Sekolah.

Fitur Unggulan Pijar Sekolah Bantu Siswa Berpikir Kritis

Ada banyak cara untuk melatih kemampuan berpikir kritis para siswa saat belajar online. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi belajar online yang saat ini banyak tersedia. Salah satu yang paling unggul adalah Pijar Sekolah.

Pijar Sekolah adalah sebuah platform digital berbasis aplikasi yang memiliki banyak fitur untuk memudahkan para guru dan siswa menerapkan pembelajaran jarak jauh dengan sistem terintegrasi.

Berikut ini beberapa fitur Pijar Sekolah yang bisa membantu Anda melatih para siswa berpikir kritis saat belajar online:

  • Bank soal. Para siswa dapat berlatih mengerjakan soal-soal yang Anda unggah di bank soal Pijar Sekolah. Soal yang tersedia juga dapat dilengkapi dengan pembahasan pada setiap soalnya, sehingga mereka bisa mengevaluasi hasil belajar dari rumah dari soal-soal yang dikerjakan.
  • Buku Digital. Berpikir kritis dapat dimulai dari kebiasaan membaca. Anda tidak perlu khawatir para siswa kehabisan bahan bacaan, karena saat ini tersedia fitur buku digital yang memudahkan mereka mengakses buku pelajaran secara gratis kapan saja dan dimana saja. Bentuk yang tersedia juga beragam dan interaktif mulai dari teks, gambar, animasi, audio, hingga video.
  • Video Pembelajaran. Anda dapat membantu siswa belajar online dengan mengunggah video pembelajaran yang interaktif. Tentunya, video ini dapat diakses kapan saja oleh para siswa sehingga saat mereka ingin memperdalam materi yang sudah dipelajari, mereka tinggal mengaksesnya di sistem Pijar Sekolah kapan saja.
  • Lab Maya. Fitur yang memudahkan para siswa untuk melakukan simulasi praktikum lab secara virtual (maya). Cara ini akan melatih mereka berpikir kritis dari simulasi yang diberikan dengan cara menyenangkan.

Tertarik untuk menggunakan Pijar Sekolah? Daftarkan sekolah Anda sekarang di Pijar Sekolah atau Coba Demo di sini. Informasi lengkap mengenai Pijar Sekolah dapat diakses melalui situs pijarsekolah.id atau Instagram @pijarsekolah.

Yuk, jadikan sekolah Anda #SemakinUnggul dengan Pijar Sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *