Blog

4 Tips Sukses Mengadakan Outing Untuk Guru

Siapa bilang outing atau melakukan kegiatan di luar sekolah hanya perlu dilakukan oleh siswa, pada dasarnya outing juga sebaiknya dilakukan oleh guru lho. Karena melakukan aktivitas di luar ruangan seperti outing bisa bermanfaat untuk meningkatkan kekompakan guru. Nah, kalau guru ingin tahu tips mengadakan outing untuk guru, yuk simak informasinya di bawah ini. 

Outing adalah suatu kegiatan yang diluar pekerjaan yang dilakukan untuk meningkatkan kekompakan dan produktivitas kerja guru dan staf. Selain itu, outing juga biasanya berisi kegiatan yang bersifat rekreatif, misalnya melakukan games di alam terbuka atau jalan-jalan ke suatu tempat. 

Selain bermanfaat untuk meningkatkan kekompakan antar guru dan staf, produktivitas sekolah, dan membuat guru dan staf merasa lebih nyaman dengan lingkungan pertemanan di kantor, outing juga secara tidak langsung bisa bermanfaat untuk mengurangi tingkat turnover. Karena saat guru dan staf sudah merasa nyaman dengan satu perusahaan, mereka biasanya akan berpikir ulang untuk resign dan pindah tempat kerja.

Outing untuk guru biasanya dilakukan setiap 6 bulan atau 1 tahun sekali. Namun, hal ini bisa berbeda-beda untuk setiap perusahaan, tergantung dari kebijakannya masing-masing. Outing untuk guru juga biasanya dilaksanakan di liburan semester. Sehingga hal ini tidak menganggu proses belajar mengajar. 

Tips Sukses Mengadakan Outing Untuk Guru

Sebelum menerapkan beberapa tips mengadakan outing sekolah di bawah ini, ada baiknya guru memberikan kuesioner mengenai outing  kepada semua guru dan staf. Kuesioner ini bisa berisi tentang lokasi, durasi, waktu pelaksanaan, dan kegiatan apa yang diharapkan guru dan staf ada ketika outing.

Karena bagaimanapun juga, outing seharusnya merupakan kegiatan yang bisa dinikmati oleh seluruh guru dan staf. Jadi, alangkah baiknya jika guru dan staf benar-benar terlibat dalam menentukan konsep dan semua hal yang berhubungan dengan outing.

Setelah guru mendapatkan dan mengolah hasil kuesioner dari guru dan staf mengenai outing, yuk simak beberapa tips mengadakan outing di bawah ini.

1.Buat perencanaan outing yang matang

Tips pertama yang wajib guru terapkan untuk bisa mengadakan outing kantor dengan sukses adalah dengan membuat perencanaan dengan sematang mungkin. Beberapa hal yang perlu guru dan tim pikirkan dengan matang adalah visi-misi, lokasi, jumlah anggaran, dan jumlah peserta yang diperkirakan akan mengikuti outing

Karena tanpa perencanaan yang matang, outing kantor tidak bisa berjalan dengan maksimal dan tidak akan membawa manfaat sesuai yang diharapkan. Namun, jangan lupa untuk membuat perencanaan yang sesuai dengan keinginan sebagian besar guru dan staf dari hasil kuesioner yang telah diberikan ya.

2. Sesuaikan outing dengan budget atau anggaran yang ada

Di awal tahun, setiap perusahaan biasanya telah menentukan anggaran yang akan digunakan untuk outing. Nah, untuk membuat proses outing terasa tetap menyenangkan tanpa perlu ‘menguras’ anggaran perusahaan terlalu banyak, ada baiknya guru menyesuaikan outing dengan anggaran yang sudah ada.

Jika ternyata anggaran outing yang disiapkan perusahaan tidak terlalu banyak, jangan memaksakan diri untuk mengadakan outing yang terlalu mewah ya. Karena tujuan utama outing adalah mengakrabkan setiap guru dan staf, bukan mengadakan acara jalan-jalan yang terkesan terlalu mewah.

Menariknya lagi, kadang untuk bisa mengakrabkan guru dan staf, guru hanya perlu mengadakan lomba sederhana di taman dekat kantor. Namun, hal ini hanya bisa dilakukan jika jumlah guru dan staf di kantor masih sangat sedikit.

3. Ciptakan kegiatan dan permainan yang tidak terlalu menghabiskan tenaga

Salah satu tujuan suatu perusahaan mengadakan outing adalah untuk membuat semua guru dan staf bisa merasa bahagia dan nyaman bekerja dengan seluruh guru dan staf di sekolah, meskipun guru dan staf memiliki perbedaan usia yang jauh sekalipun dengan rekan kerja.

Oleh karena itu, ada baiknya guru menciptakan kegiatan dan permainan yang tidak terlalu menghabiskan tenaga, serta bisa dinikmati oleh seluruh kalangan usia di kantor. Karena hal ini bermanfaat untuk mengakrabkan guru dan staf serta mengatasi generation gap.

4. Buat peraturan saat outing

Saat outing tidak ada salahnya juga jika guru membuat aturan khusus yang bisa bermanfaat untuk membuat guru dan staf semakin akrab. Beberapa peraturan yang bisa kamu terapkan, yaitu peserta tidak boleh membuka laptop dan peserta tidak boleh berkumpul dengan rekan satu tim mengajar selama acara outing berlangsung. Selain itu, agar outing terasa semakin berkesan, minta peserta untuk membatasi diri membuka handphone. Bila perlu, handphone bisa dikumpulkan di satu tempat.. 

Nah, itu tadi beberapa tips mengadakan outing untuk guru. Selain beberapa tips di atas, pastikan untuk selalu menyesuaikan susunan acara outing berdasarkan kebutuhan guru ya. Karena setiap sekolah biasanya memiliki kebutuhannya masing-masing. 

Kalau guru ingin tahu cara lebih jauh untuk meningkatkan produktivitas dalam dalam mengajar, yuk gunakan platform Pijar sekolah.

Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

pijar

Recent Posts

Mengenal Tips Menerapkan Micro Teaching dan Penjelasan Lainnya

Micro teaching banyak disebut dan diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mengasah kemampuan guru dalam bidang…

2 days ago

Sistem Informasi Manajemen Sekolah: Pengertian, Kelebihan dan Kendalanya

Sistem informasi manajemen sekolah menjadi hal yang krusial dan membutuhkan penataan lebih bagus dan terstruktur…

6 days ago

Metode Mengajar Peer Teaching: Pengertian, Tujuan dan Contoh Penerapannya

Sudah banyak jenis metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk memberikan pemahaman maksimal pada siswa yang…

7 days ago

Metode Mengajar Kolaboratif: Pengertian dan Keuntungan yang Diberikan

Metode mengajar kolaboratif memang sudah sejak lama ada bahkan penerapannya juga tidak mengalami masalah saat…

1 week ago

Ini Dia Penjelasan Pentingnya Literasi Digital Bagi Guru

Tidak hanya siswa namun nyatanya guru juga dituntut untuk bisa mendapatkan pemahaman literasi digital yang…

1 week ago

12 Tantangan Guru SD dalam Mengajar

Dalam mengajar, ada beberapa tantangan guru SD yang mungkin akan dihadapi. Karena guru SD tidak…

1 week ago