Blog

5 Rekomendasi Aplikasi Sekolah dan Kelebihannya

Aplikasi sekolah adalah aplikasi yang khusus dirancang untuk edukasi online. Aplikasi ini sangat ideal untuk siswa, pengajar, dan orang tua agar dapat berkomunikasi dari jarak jauh. Jika menggunakan aplikasi sekolah yang tepat, berbagai kegiatan sekolah dapat dipermudah. Yuk, cari tahu kelebihan dan rekomendasinya di bawah ini!

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Sekolah

Ini dia beberapa kelebihan menggunakan aplikasi sekolah:

1. Materi Belajar Mudah Diakses

Para siswa dapat saling berbagi materi belajar mereka di aplikasi sekolah, karena biasanya aplikasi semacam ini menggunakan cloud. Begitu juga dengan materi yang diberikan oleh guru. Saat harus kerja kelompok pun, materi dapat dikumpulkan di satu tempat dan dipelajari bersama saat membuat tugas. 

2. Update Info Sekolah Lebih Mudah

Apa pun info penting yang harus dibagikan kepada siswa dan orang tua, bisa dibagikan langsung di aplikasi sekolah hanya dengan satu klik saja. Dengan begitu, siswa tidak akan ketinggalan berbagai acara atau pertemuan penting. Untuk orang tua yang masih memantau aplikasi, juga bisa mendapatkan update dari sini. 

3. Kemudahan Berkomunikasi

Kalau dulu agak sulit untuk menjalin komunikasi antara siswa dengan pengajar atau antara orang tua dengan pengajar, maka sekarang jadi lebih mudah berkat aplikasi sekolah yang menyediakan fitur komunikasi, biasanya berupa pesan chat. 

4. Hemat Waktu dan Biaya

Pihak sekolah dapat menghemat waktu dan biaya dalam jumlah yang sangat signifikan berkat aplikasi sekolah. Mulai dari keperluan mencetak yang langsung dipangkas, transportasi ke sekolah, dan banyak lagi hal lain yang memungkinkan penghematan waktu dan biaya. 

Rekomendasi Aplikasi Sekolah 2024

Ada banyak kelebihan yang didapat pihak sekolah maupun siswa, ini dia beberapa rekomendasi aplikasi sekolah yang dapat diandalkan:

1. Canvas LMS

Canvas LMS memang bukan didesain khusus untuk sekolah, melainkan juga bisa digunakan oleh perusahaan. Tapi penggunaannya mudah dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik setiap penggunanya. Platform ini antarmukanya ramah untuk pengguna, sehingga memudahkan para staf sekolah, pengajar, maupun siswa untuk navigasi beragam fiturnya. 

Di Canvas LMS, para siswa dapat memperoleh berbagai pengetahuan yang mereka perlukan untuk mengerjakan tugas. Selain itu, ada berbagai proses yang cocok digunakan untuk siswa dan guru, serta para staf untuk mengelola kegiatan di sekolah dengan baik. 

2. Teachmint

Aplikasi yang kedua ini memang dirancang untuk sistem manajemen sekolah. Ada beragam fitur yang dapat memenuhi kebutuhan siswa, para pengajar, dan staf sekolah, bahkan orang tua. Berbagai kegiatan operasional sekolah jadi lebih teratur dengan Teachmint dan pengalaman belajar pun dapat lebih ditingkatkan. 

Salah satu kelebihan Teachmint adalah mampu mengintegrasikan sumber daya dan alat untuk memfasilitasi lingkungan belajar yang kaya dan interaktif. Berkat keteraturan manajemen ini, maka secara keseluruhan produktivitas staf dan pengajar jadi lebih tinggi. 

3. Learning 360

Berikutnya ada aplikasi manajemen sekolah yang memungkinkan pengguna menggunakan API untuk mengintegrasikan berbagai fiturnya sesuai dengan kebutuhan. Jika digunakan dengan ahli yang tepat, Learning 360 dapat memperluas jangkauan hingga melebihi batas-batas konvensional dalam pendidikan. 

Sekolah bisa mendapatkan kegiatan operasional yang efektif dan efisien, plus interaksi yang lancar. Dengan begitu, lingkungan belajar pun jadi tercipta untuk mendukung pertumbuhan dan suasana belajar yang lebih unggul dan menyenangkan. 

4. HashMicro

Rekomendasi yang keempat adalah software manajemen sekolah yang menawarkan solusi untuk berbagai tugas sekolah mulai dari yang administratif hingga operasional. Tugas-tugas dapat di otomatisasikan sehingga produktivitas staf sekolah dan pengajar jadi lebih tinggi. Menariknya, guru, orang tua, dan siswa dapat terhubung dengan mudah di satu platform yang sama. 

Salah satu fiturnya adalah Manajemen E-Learning yang memudahkan proses belajar mengajar dari mana pun dan kapan pun. Selain itu, ada Attendance Tracking untuk memantau daftar hadir siswa secara real time. Ada pula Student Information Management yang memudahkan mencatat informasi siswa mulai dari kontak hingga sejarah akademik. Sangat memudahkan!

5. Pijar Sekolah

Terakhir ada Pijar Sekolah yang menghadirkan sistem pembelajaran digital dengan ribuan konten menarik. Siswa dapat menggunakan konten digital tersebut untuk referensi mengerjakan tugas atau sekedar menambah wawasan. Pijar Sekolah ingin agar kontennya dapat diakses oleh siswa dan guru di Indonesia, bahkan yang ada di pelosok sekalipun. Tak hanya untuk siswa saja, Pijar Sekolah juga dapat menjadi platform untuk mengelola administrasi dan operasional sekolah. Selain itu, ada juga fitur untuk membuat soal ujian berbasis online yang lebih aman dan tidak akan bocor. Jika ingin menggunakan platform ini sebagai aplikasi sekolah, langsung saja cek website Pijar Mahir sekarang juga!

pijar

Recent Posts

Ini 7 Rekomendasi Film Bertema Pendidikan

Dalam dunia perfilman, tema pendidikan sering kali diangkat untuk memberikan inspirasi, motivasi, dan pelajaran kepada…

2 days ago

Mengenal Tips Menerapkan Micro Teaching dan Penjelasan Lainnya

Micro teaching banyak disebut dan diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mengasah kemampuan guru dalam bidang…

5 days ago

Sistem Informasi Manajemen Sekolah: Pengertian, Kelebihan dan Kendalanya

Sistem informasi manajemen sekolah menjadi hal yang krusial dan membutuhkan penataan lebih bagus dan terstruktur…

1 week ago

Metode Mengajar Peer Teaching: Pengertian, Tujuan dan Contoh Penerapannya

Sudah banyak jenis metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk memberikan pemahaman maksimal pada siswa yang…

1 week ago

Metode Mengajar Kolaboratif: Pengertian dan Keuntungan yang Diberikan

Metode mengajar kolaboratif memang sudah sejak lama ada bahkan penerapannya juga tidak mengalami masalah saat…

2 weeks ago

Ini Dia Penjelasan Pentingnya Literasi Digital Bagi Guru

Tidak hanya siswa namun nyatanya guru juga dituntut untuk bisa mendapatkan pemahaman literasi digital yang…

2 weeks ago