Blog

5 Rekomendasi Aplikasi untuk Tugas Sekolah Terkini

Di tingkatan apa pun pendidikan yang sedang ditempuh, selalu saja ada tugas, baik yang harus dikerjakan secara individu maupun kelompok. Sekarang para murid bisa menggunakan aplikasi untuk tugas sekolah dalam mengerjakan maupun mengumpulkan tugas mereka. Apa saja rekomendasi aplikasi yang terbaik? Sebelumnya, simak dulu beberapa kelebihannya di bawah ini.

Kelebihan Aplikasi untuk Tugas Sekolah

Aplikasi tugas sekolah menawarkan kelebihan bagi guru, murid, maupun orang tua murid. Di antaranya adalah:

1. Tetap Update

Pernah dapat nilai jelek hanya karena lupa mengerjakan tugas? Kalau menggunakan aplikasi untuk tugas sekolah, maka kamu akan terus update akan semua tugas yang harus dikerjakan. Beberapa aplikasi juga dilengkapi fitur reminder yang akan mengingatkan penggunanya kalau belum dikerjakan dan dikumpulkan. 

2. Meningkatkan Keterlibatan Murid dan Orang Tua

Bagi murid yang duduk di bangku SD, SMP, dan SMA, biasanya aplikasi semacam ini masih diakses oleh para orang tua juga. Dengan begitu, orang tua dapat memantau tugas anak-anaknya dan lebih terlibat dalam membantu anak menyelesaikan tanggung jawabnya. 

3. Mempermudah Komunikasi

Kalau dulu guru hanya bisa mengingatkan murid saat mereka sama-sama berada di sekolah, dengan bantuan aplikasi tugas sekolah online, guru dan murid dapat berkomunikasi kapan saja. Guru dapat mengingatkan waktu mengumpulkan tugas sehingga tidak ada murid yang lupa mengerjakan. Dengan begitu, para murid pun dapat terhindar dari nilai yang buruk. 

4. Memberi Akses ke Berbagai Informasi

Beberapa aplikasi tugas sekolah online sudah dilengkapi dengan perpustakaan yang kaya, sehingga penggunanya bisa mencari tahu banyak hal dari sana. Bahkan para murid dapat mengerjakan tugas dengan menggunakan sumber-sumber tersebut. Lebih banyak info, murid pun bisa belajar dari banyak sumber. 

Rekomendasi Aplikasi Tugas Sekolah Online

Ini dia beberapa aplikasi untuk tugas sekolah online yang dapat diandalkan agar kegiatan belajar mengajar jadi lebih modern: 

1. Homework

Aplikasi ini cocok bagi yang sedang menempuh jenjang pendidikan di level apa pun, terutama bagi yang kesulitan dalam membagi tugas yang akan dikerjakan. Selain itu, aplikasi ini juga akan sangat membantu para guru dalam mengecek dan menilai tugas yang dikerjakan para murid. Tugas bisa langsung dikerjakan di aplikasinya, atau diimpor dari platform yang lain. 

Homework menawarkan beragam fitur menarik, seperti pendistribusian material, penjadwalan pengerjaan tugas, pelacakan tugas, dan masih banyak lagi. Baik guru maupun murid juga bisa membuat pengelompokan bahan untuk mengerjakan tugas sesuai kebutuhan masing-masing. 

2. Google Apps for Education

Rekomendasi yang kedua adalah kumpulan aplikasi yang sangat direkomendasikan bagi yang ingin belajar lebih mudah dari rumah. Google Apps for Education menyediakan integrasi khusus dari beberapa aplikasi yang diluncurkan Google sebelumnya. Misalnya Google Classroom, Google Sheets, Google Docs, Drive, Gmail, dan lain-lain. 

Dengan beberapa aplikasi yang telah terintegrasi oleh Google, penggunanya dapat menikmati sistem kelas digital yang memungkinkan peserta mengerjakan tugas bersama-sama. Dengan begitu, kamu bisa mendorong kemampuan untuk berpikir secara berkelompok. Baik tugas individu maupun kelompok dapat diselesaikan dengan aplikasi ini secara efisien. 

3. Brainly

Merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer di bidang pendidikan, Brainly adalah aplikasi yang dapat membantu murid dalam mengerjakan berbagai soal, entah itu yang ada hubungannya dengan angka, maupun tipe soal lainnya. 

Menariknya lagi, saat menggunakan aplikasi Brainly, penggunanya juga bisa meminta bantuan pengguna Brainly lainnya, yang jumlahnya mencapai puluhan juta, untuk membantu menyelesaikan menjawab pertanyaan.

4. Photomath

Sebagian orang sangat suka berkutat dengan soal-soal matematika, sementara sebagian lagi sangat kesulitan. Aplikasi Photomath menawarkan cara untuk membantu mengatasi masalah ini. Cara kerjanya secara umum mirip dengan Brainly. 

Jadi, kamu bisa mengambil foto dari soal yang sedang kamu kerjakan, lalu unggah fotonya di Photomath. Setelah itu, pengguna Photomath lainnya bisa membantu menyelesaikannya dengan menyediakan langkah-langkah penyelesaiannya atau bahkan langsung memberi jawaban. 

5. Pijar Sekolah

Merupakan platform pendidikan dari PT Telkom Indonesia, Pijar Sekolah menawarkan platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang menyenangkan bagi siswa, sekaligus sangat membantu para guru dalam mengajar dan memberikan tugas. 

Mampu menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan efisien, Pijar Sekolah menawarkan ribuan konten digital, mulai dari Buku Digital, Buku Digital Interaktif, Laboratorium Maya, sampai Video Pembelajaran. Berkomitmen untuk membuat pendidikan di Indonesia lebih merata dan melek teknologi, aplikasi untuk tugas sekolah yang satu ini diharapkan bisa diakses dimanapun di Indonesia. Yuk, kunjungi websitenya untuk info lebih lanjut!

pijar

Recent Posts

Mengenal Tips Menerapkan Micro Teaching dan Penjelasan Lainnya

Micro teaching banyak disebut dan diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mengasah kemampuan guru dalam bidang…

2 days ago

Sistem Informasi Manajemen Sekolah: Pengertian, Kelebihan dan Kendalanya

Sistem informasi manajemen sekolah menjadi hal yang krusial dan membutuhkan penataan lebih bagus dan terstruktur…

6 days ago

Metode Mengajar Peer Teaching: Pengertian, Tujuan dan Contoh Penerapannya

Sudah banyak jenis metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk memberikan pemahaman maksimal pada siswa yang…

7 days ago

Metode Mengajar Kolaboratif: Pengertian dan Keuntungan yang Diberikan

Metode mengajar kolaboratif memang sudah sejak lama ada bahkan penerapannya juga tidak mengalami masalah saat…

1 week ago

Ini Dia Penjelasan Pentingnya Literasi Digital Bagi Guru

Tidak hanya siswa namun nyatanya guru juga dituntut untuk bisa mendapatkan pemahaman literasi digital yang…

1 week ago

12 Tantangan Guru SD dalam Mengajar

Dalam mengajar, ada beberapa tantangan guru SD yang mungkin akan dihadapi. Karena guru SD tidak…

1 week ago