Blog

6 Manfaat Fitur E-Payment pada Aplikasi Sekolah

Fitur e-payment memperkenalkan sejumlah manfaat dan keuntungan baru bagi perusahaan di berbagai sektor industri. Jadi lebih modern dan kompetitif, selain itu juga memudahkan para orang tua murid dan muridnya. Apa saja manfaatnya? Langsung saja cari tahu di bawah ini.

Manfaat Fitur E-Payment di Aplikasi Sekolah

Ini dia beberapa manfaat fitur e-payment di aplikasi sekolah yang sangat membantu baik untuk pihak sekolah maupun orang tua dan murid:

1. Mengurangi Biaya Transaksi

Pembayaran berbasis uang tunai saat ini lebih merepotkan baik bagi sekolah maupun pihak orang tua dan murid yang harus membayar. Bagi pihak sekolah, mengumpulkan dan proses menghitung uang tunai adalah aktivitas yang butuh waktu dan tenaga, serta biaya. Cara tradisional ini juga terbilang lambat, meski ada mesin penghitung uang sekalipun.

Sebaliknya, menerima pembayaran dengan fitur e-payment yang tanpa kertas relatif lebih sederhana. Mulai dari proses membayar, menghitung, hingga membuat laporannya berlangsung lebih cepat, lebih aman, dan tentu saja lebih rendah biayanya. 

2. Transaksi Lebih Aman

Pembayaran dengan fitur e-payment jauh lebih efisien dan aman dibandingkan pembayaran dengan sistem tradisional yang berbasis kertas. Metode dan sistem e-payment menawarkan berbagai cara untuk lebih mengamankan pembayaran uang sekolah dan kepentingan lainnya, misalnya dengan cara tokenisasi pembayaran, enkripsi, SSL, dan masih banyak lagi sistem keamanan lainnya. 

Memang benar, solusi pembayaran digital juga tidak kebal terhadap gangguan peretas dan pelanggaran keamanan. api sebagian besar penyedia pembayaran elektronik juga memiliki sejumlah pakar dan insinyur data yang bekerja untuk menjaga keamanan informasi pembayaran dari orang tua dan murid. 

3. Menghemat Waktu dan Sumber Daya

Jika sekolah mengadopsi metode pembayaran elektronik, maka akan sangat menghemat waktu untuk seluruh staf sekolah dan juga orang tua serta murid. Memproses pembayaran dengan cara tradisional butuh banyak waktu. 

Fitur e-payment memungkinkan sebagian besar tugas berulang dan manual yang mengganggu produktivitas dikerjakan secara otomatis. Dengan begitu, staf sekolah jadi punya lebih banyak waktu untuk fokus pada area operasi penting lainnya. 

4. Proses Pembayaran yang Cepat

Fitur e-payment memungkinkan pembayaran dilakukan secara digital, karena itu dana ditransfer lebih cepat dibandingkan dengan metode pembayaran tradisional dengan uang tunai. Pembayaran digital memungkinkan orang tua murid melakukan pembayaran kapan saja dan dari mana pun. Mereka tidak perlu pergi ke bank atau mengantre di sekolah. 

Pembayaran elektronik yang lebih cepat memberdayakan pihak sekolah untuk meningkatkan keamanan, visibilitas, dan efisiensi. Selain itu, fitur e-payment juga menurunkan biaya dan menghemat waktu pihak sekolah maupun orang tua. 

5. Visibilitas Lebih Baik

Pembayaran elektronik menghadirkan visibilitas dan transparansi yang baik di seluruh proses pembayaran, baik di pihak sekolah maupun bagi orang tua dan murid. Dengan transparansi yang jelas, maka akan meningkatkan kepercayaan orang tua dan murid kepada pihak sekolah, hubungan baik pun dengan sendirinya akan terjalin. 

Transparansi merupakan faktor yang sangat penting dalam hal pembayaran, baik secara elektronik seperti sekarang maupun secara tradisional. Begitu sekolah mengotomatisasikan proses pembayaran elektronik, maka orang tua dan murid mendapat info yang lebih luas tentang setiap langkah proses faktur. Pembayaran otomatis memberi kontrol lebih besar terhadap arus kas keluar dibandingkan proses manual. 

6. Mendukung Sistem Sekolah Online

Saat ini, kerja dan sekolah online sudah menjadi hal yang biasa di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Tentu sudah dengan sendirinya sekolah online dibarengi dengan sistem pembayaran digital agar lebih selaras. dengan otorisasi pembayaran jarak jauh, proses manual yang tradisional tak lagi diperlukan sehingga dapat mengurangi proses pembayaran yang tertunda. 

Pihak sekolah tak perlu lagi khawatir akan seluruh alur kerja yang jadi terhambat hanya karena ada orang tua murid yang belum menyelesaikan pembayaran. Fitur e-payment di sekolah akan menciptakan struktur yang lebih terorganisir. Setiap pembayaran dicatat dalam sistem pusat, sehingga catatannya pun lebih tertata dan buktinya lebih mudah dilacak. 

Gunakan Fitur E-Payment untuk Pembayaran Sekolah

Memiliki banyak manfaat dalam sistem manajemen sekolah, fitur e-payment dapat menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu lagi ada antrian untuk melakukan pembayaran. Selain itu, transaksi juga lebih aman karena tidak perlu membawa uang tunai ke mana-mana. 

Sistem manajemen sekolah yang modern bisa didapatkan di Pijar Sekolah yang menghadirkan berbagai konten digital untuk pembelajaran online. Selain itu, guru pun diberi kemudahan dengan fitur membuat soal online. Kegiatan administrasi dan operasional sekolah juga lebih disederhanakan. Penasaran? Langsung saja kunjungi website Pijar Sekolah sekarang juga!

pijar

Recent Posts

Ini 7 Rekomendasi Film Bertema Pendidikan

Dalam dunia perfilman, tema pendidikan sering kali diangkat untuk memberikan inspirasi, motivasi, dan pelajaran kepada…

2 days ago

Mengenal Tips Menerapkan Micro Teaching dan Penjelasan Lainnya

Micro teaching banyak disebut dan diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mengasah kemampuan guru dalam bidang…

5 days ago

Sistem Informasi Manajemen Sekolah: Pengertian, Kelebihan dan Kendalanya

Sistem informasi manajemen sekolah menjadi hal yang krusial dan membutuhkan penataan lebih bagus dan terstruktur…

1 week ago

Metode Mengajar Peer Teaching: Pengertian, Tujuan dan Contoh Penerapannya

Sudah banyak jenis metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk memberikan pemahaman maksimal pada siswa yang…

1 week ago

Metode Mengajar Kolaboratif: Pengertian dan Keuntungan yang Diberikan

Metode mengajar kolaboratif memang sudah sejak lama ada bahkan penerapannya juga tidak mengalami masalah saat…

2 weeks ago

Ini Dia Penjelasan Pentingnya Literasi Digital Bagi Guru

Tidak hanya siswa namun nyatanya guru juga dituntut untuk bisa mendapatkan pemahaman literasi digital yang…

2 weeks ago