Blog

7 Tips Mengadakan Pameran Hasil Karya Siswa di Sekolah

Tahukah guru mengadakan pameran hasil karya siswa ternyata bisa membawa banyak manfaat untuk siswa lho. Nah, kalau guru ingin tahu manfaat dan cara mengadakan pameran hasil untuk siswa, simak informasinya di bawah ini ya.

Pada dasarnya pameran bisa membawa banyak manfaat untuk siswa, seperti meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan rasa percaya diri siswa, dan meningkatkan kemampuan sosialisasi siswa. Karena di pameran siswa akan banyak berinteraksi dengan siswa dari kelas lain, guru, atau orang tua siswa.

Pameran di sekolah biasanya bisa dilakukan setiap akhir semester. Namun, hal ini bisa berbeda-beda, tergantung kebijakan sekolah.

Tips Mengadakan Pameran Hasil Karya Siswa di Sekolah

Jika guru berpikir bahwa mengadakan pameran untuk siswa hanya akan menghabiskan waktu, tenaga, dan uang, guru tidak tidak sepenuhnya benar. Karena mengadakan pameran di sekolah bisa dilakukan dengan sesederhana mungkin dan tanpa mengeluarkan uang yang banyak. Oleh karena itu, yuk simak beberapa tips mengadakan pameran hasil karya siswa di sekolah, yaitu:

1.Tentukan tujuan mengadakan pameran

Hal pertama yang perlu lakukan untuk mengadakan pameran adalah menentukan tujuan mengadakan pameran. Misalnya saja ingin memamerkan hasil karya, mengenalkan sekolah melalui siswa, atau memberikan informasi baru kepada siswa. Menentukan tujuan mengadakan pameran, akan sangat memudahkan guru dan siswa untuk melakukan langkah selanjutnya. 

Saat menentukan tujuan mengadakan pameran, ada baiknya juga guru mempertimbangkan dua hal ini:

  • Apa pesan utama yang ingin disampaikan kepada pengunjung?
  • Apa yang diharapkan akan dipelajari pengunjung?

2. Tentukan tema pameran

Putuskan apa tema utama pameran yang akan diambil. Pastikan juga bahwa tema pameran yang diambil bisa mendukung pembelajaran kurikulum. Beberapa tema yang bisa guru ambil, yaitu  sejarah daerah setempat, keragaman budaya di kelas atau sekolah, pengetahuan alam, atau apapun itu.  

3. Tentukan objek, cerita, dan inspirasi

Setelah guru dan siswa sudah menentukan tema pameran, sekarang saatnya menentukan beberapa objek atau cerita yang ingin disampaikan saat pameran. Untuk mendapatkan inspirasi, temukan gambar yang berkaitan dengan topik tersebut dan buat papan suasana hati. Bila perlu, guru dan beberapa siswa juga bisa melakukan survei terlebih dahulu ke pameran yang berlokasi tidak jauh dari lokasi sekolah. 

4. Gunakan ruang di sekolah

Dilansir dari National Association For The Visual Arts,  tempat yang ideal untuk mengadakan pameran hasil karya siswa adalah di halaman sekolah atas atau ruang kelas. Karena mengadakan pameran di halaman sekolah bisa mengurangi transportasi fisik karya seni, menghilangkan kebutuhan akan perjalanan dan surat izin dengan siswa dan mendukung orang dewasa yang sudah berada di lokasi, dan memungkinkan komunitas sekolah untuk lebih mudah terlibat dengan karya tersebut. 

Namun, penting untuk mempertimbangkan kapan dan bagaimana pameran akan dibuka untuk umum, dan apakah ruangnya memungkinkan untuk menawarkan program publik. Karena hal ini menentukan sukses atau tidaknya pameran yang dilaksanakan.

5. Pilih hasil karya siswa yang akan dipajang

Bisa dibilang memilih hasil karya siswa yang akan dipamerkan merupakan inti dari pameran itu sendiri. Oleh karena itu, satu bulan sebelum pameran berlangsung, ada baiknya guru memilih karya yang dinilai memiliki cocok untuk dipajang selama pameran berlangsung. Agar tidak menyakiti perasaan siswa yang karyanya yang dipilih untuk dipajang, ada baiknya guru menyiapkan satu tempat khusus untuk memajang hasil karya yang dinilai kurang bagus. 

6. Tambahkan beberapa barang

Untuk membuat pameran semakin menarik, guru dan siswa bisa mempertimbangkan untuk memasukkan beberapa barang tambah, seperti label dinding, teks dinding yang diperluas, tur audio berpemandu mandiri, dan katalog pameran (gambar, esai, pernyataan artis). Namun, hal ini bersifat opsional ya. Selain itu, guru juga bisa menambahkan barang sesuai dengan kesediaan barang di sekolah. 

7. Jual karya seni siswa

Bila perlu, saat pameran berlangsung, guru dan siswa juga bisa menjual hasil karya siswa. Nantinya uang dari hasil karya siswa bisa dimasukkan untuk uang kas dan untuk siswa sendiri. Karena hal ini secara tidak langsung bisa bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri dan semangat siswa untuk bisa terus berkarya. Karena untuk beberapa siswa, hal ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri. Namun, hal ini bersifat opsional ya. Karena tujuan utama mengadakan pameran adalah meningkatkan rasa percaya diri siswa.

Selain menerapkan beberapa tips di atas, jangan lupa juga untuk mendiskusikan semua hal perihal pameran dengan beberapa siswa yang memang ditunjuk sebagai penanggung jawab pameran ya. Karena melibat dan mendiskusikan semua hal terkait pameran dengan siswa bisa bermanfaat untuk membuat siswa semangat dalam mengerjakan pameran. Lagipula pameran di sekolah memang ditujukan dari dan dan untuk siswa. Jadi, pastikan siswa bisa dan mau terlibat sepenuhnya dalam pameran yang berlangsung. 

Selain itu, pastikan juga bahwa persiapan pameran tidak mengganggu aktivitas akademik siswa sama sekali ya. Karena bagaimanapun tugas utama siswa adalah belajar dengan sebaik mungkin. 

Kalau guru ingin tahu cara lebih jauh untuk meningkatkan produktivitas dalam dalam mengajar, yuk gunakan platform Pijar sekolah.

Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

Referensihttps://visualarts.net.au/guides/2023/how-stage-student-exhibition/
https://theartofeducation.edu/2022/09/sept-how-to-help-students-curate-exhibitions-to-promote-ownership-and-lessen-the-load/

pijar

Recent Posts

Mengenal Tips Menerapkan Micro Teaching dan Penjelasan Lainnya

Micro teaching banyak disebut dan diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mengasah kemampuan guru dalam bidang…

2 days ago

Sistem Informasi Manajemen Sekolah: Pengertian, Kelebihan dan Kendalanya

Sistem informasi manajemen sekolah menjadi hal yang krusial dan membutuhkan penataan lebih bagus dan terstruktur…

6 days ago

Metode Mengajar Peer Teaching: Pengertian, Tujuan dan Contoh Penerapannya

Sudah banyak jenis metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk memberikan pemahaman maksimal pada siswa yang…

7 days ago

Metode Mengajar Kolaboratif: Pengertian dan Keuntungan yang Diberikan

Metode mengajar kolaboratif memang sudah sejak lama ada bahkan penerapannya juga tidak mengalami masalah saat…

1 week ago

Ini Dia Penjelasan Pentingnya Literasi Digital Bagi Guru

Tidak hanya siswa namun nyatanya guru juga dituntut untuk bisa mendapatkan pemahaman literasi digital yang…

1 week ago

12 Tantangan Guru SD dalam Mengajar

Dalam mengajar, ada beberapa tantangan guru SD yang mungkin akan dihadapi. Karena guru SD tidak…

1 week ago