Blog

9 Cara Agar Tetap Semangat Saat Mengajar

Salah satu aspek tersulit dalam menjadi seorang guru adalah sekedar memotivasi siswa tertentu untuk belajar dan bagaimana mendapatkan hasil terbaik dari mereka. Siswa yang kurang motivasi tidak akan belajar secara efektif, tidak dapat menyimpan informasi, tidak berpartisipasi, dan dapat mengganggu.

Namun, sebelum bisa memotivasi siswa untuk terus belajar dengan baik, guru harus bisa semangat terlebih dahulu. Karena semangat yang guru miliki inilah yang secara tidak langsung juga akan ‘menular’ kepada siswa. Sehingga nantinya siswa bisa selalu termotivasi dan semangat untuk belajar. 

Cara Agar Tetap Semangat Saat Mengajar

Sebelum mencari tahu cara agar tetap semangat mengajar di bawah ini, guru harus tahu penyebab menurun atau hilangnya semangat mengajar, yaitu kelelahan, jenuh dengan aktivitas, atau ada masalah pribadi yang memang cukup mengganggu. Apapun penyebabnya, pada dasarnya ada beberapa cara agar tetap semangat saat mengajar yang bisa guru terapkan dengan mudah, yaitu:

1. Bersihkan meja kerja

Ayo coba ingat lagi kapan terakhir kali kamu membersihkan meja kerja? Kalau ternyata sudah lama, mungkin ini saat yang tepat untukmu membersihkan meja kerja. Karena bisa jadi, meja kerja yang berantakan justru memicu rasa bosan. Jadi, yuk mulai membersihkan meja kerja agar kamu bisa lebih semangat kerja. Bila perlu, kamu juga bisa meletakkan lilin aroma terapi di meja kerja agar lebih semangat. Namun, hal ini hanya bisa diterapkan saat guru sedang bekerja di rumah. 

2. Mulailah hari dengan sikap dan rencana positif

Jika guru bangun dalam suasana hati yang buruk atau takut dengan apa yang akan terjadi hari ini, maka hal ini tentunya bisa menurunkan semangat guru dalam mengajar. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memulai hari dengan sikap positif dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri sebelum bersiap berangkat kerja. Beberapa hal yang perlu siapkan adalah rencana pembelajaran dan jadwal kegiatan yang ingin dilakukan. Karena hal ini akan membuat guru tetap fokus dan termotivasi.

3. Lepaskan pikiran negatif

Sangat mudah untuk terjebak dalam pikiran negatif ketika mengajar, terutama jika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik. Namun penting untuk melepaskan pikiran-pikiran ini dan fokus pada hal positif. Hal ini mungkin jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi pada dasarnya guru bisa melepaskan pikiran negatif dengan mengambil 3 kali tarikan napas dalam-dalam.

4. Komunikasi dengan rekan kerja

Meskipun mengajar bisa menjadi profesi yang terisolasi, penting untuk tetap mengobrol dan menjalin hubungan dengan rekan kerja. Hal ini bisa berupa berbagi ide, berkolaborasi, atau sekadar ngobrol. Karena hal ini benar-benar bermanfaat untuk meningkatkan semangat mengajar. 

5. Lakukan penguatan positif

Salah satu cara paling efektif untuk memotivasi diri sendiri adalah melalui penguatan positif. Ini bisa berupa pujian verbal, tepukan di punggung, atau senyuman. Meskipun terdengar murahan, berdiri di depan cermin dan berkata “bagus” pada diri sendiri telah terbukti dapat meningkatkan produksi endorfin. Mungkin saja jangan lakukan itu saat ada orang yang menonton, Anda tidak ingin terlihat aneh.

6. Cobalah sesuatu yang baru atau berbeda

Rutinitas normal bisa jadi membosankan, jadi untuk menghindari hal ini, cobalah untuk melakukan beberapa aktivitas atau kegiatan yang sebelumnya belum pernah dilakukan. Misalnya saat di sekolah tidak ada salahnya jika guru sesekali mengganti metode mengajar. 

7. Tunjukkan bakatmu

Guru dapat tetap termotivasi dengan menunjukkan kepada orang-orang apa yang mereka kuasai. Misalnya,coba tunjukkan ide dan kerajinan ruang kelas brilian yang telah guru hasilkan dengan kerja keras di komunitas online Guru yang Menginspirasi.

8. Jalan kaki

Jalan kaki tidak hanya bermanfaat untuk membuat tubuh lebih sehat saja, lho. Melansir dari click up, jalan kaki ternyata juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa bosan sehingga kamu bisa kembali bekerja dengan semangat. Gak perlu lama-lama, jalan kaki lima menit juga sudah cukup untuk menghilangkan rasa bosan. 

Saat bekerja dari kost kamu bisa jalan kaki di sekitar lingkungan kost. Sedangkan saat bekerja dari kantor, kamu bisa jalan kaki dalam kantor atau sekalian mencari makanan ringan di kantin kantor. 

9. Lakukan olahraga ringan

Selain jalan kaki, kamu juga bisa melakukan olahraga ringan saat bekerja. Misalnya dengan melakukan gerakan peregangan pada tangan dan kaki. Karena hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan semangat, membuat tubuh lebih segar, dan pikiran lebih kreatif.

Semangat yang menurun memang merupakan hal yang sangat normal dialami guru. Namun, jangan biarkan hal ini terjadi secara terus menerus ya. Karena semangat kerja yang menurun justru bisa mengganggu produktivitas guru saat mengajar. 

Kalau guru ingin tahu cara lebih jauh untuk meningkatkan produktivitas dalam dalam mengajar, yuk gunakan platform Pijar Sekolah.

Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

Referensi

https://focus.clt.dal.ca/blog/what-keeps-you-motivated-in-your-teaching
https://clickup.com/blog/employee-wellbeing-strategies/
https://sherpa-online.com/blog/read/10-tips-for-tutors-and-teachers-to-stay-motivated-in-the-classroom 

pijar

Recent Posts

Mengenal Tips Menerapkan Micro Teaching dan Penjelasan Lainnya

Micro teaching banyak disebut dan diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mengasah kemampuan guru dalam bidang…

2 days ago

Sistem Informasi Manajemen Sekolah: Pengertian, Kelebihan dan Kendalanya

Sistem informasi manajemen sekolah menjadi hal yang krusial dan membutuhkan penataan lebih bagus dan terstruktur…

6 days ago

Metode Mengajar Peer Teaching: Pengertian, Tujuan dan Contoh Penerapannya

Sudah banyak jenis metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk memberikan pemahaman maksimal pada siswa yang…

7 days ago

Metode Mengajar Kolaboratif: Pengertian dan Keuntungan yang Diberikan

Metode mengajar kolaboratif memang sudah sejak lama ada bahkan penerapannya juga tidak mengalami masalah saat…

1 week ago

Ini Dia Penjelasan Pentingnya Literasi Digital Bagi Guru

Tidak hanya siswa namun nyatanya guru juga dituntut untuk bisa mendapatkan pemahaman literasi digital yang…

1 week ago

12 Tantangan Guru SD dalam Mengajar

Dalam mengajar, ada beberapa tantangan guru SD yang mungkin akan dihadapi. Karena guru SD tidak…

1 week ago