Blog

Bantu Siswa Untuk Selalu Fokus Belajar dengan 6 Tips Ini

Siswa yang kurang fokus saat belajar di kelas atau saat school from home memang bisa menghambat berjalannya proses belajar mengajar. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara mudah yang bisa guru lakukan untuk membuat siswa fokus belajar saat school from home atau tatap muka secara langsung. Simak informasinya di bawah ini ya.

Umumnya kurang fokusnya siswa saat belajar di kelas atau school from home bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti suasana kelas yang tidak kondusif, materi pelajaran yang cukup berat, atau karena siswa sedang kurang tidur sehingga mudah mengantuk ketika belajar. Selain itu, kurang fokusnya siswa saat belajar di kelas atau school from home juga bisa disebabkan oleh adanya mata pelajaran yang kurang disukai siswa.

Tips Membuat Siswa Fokus Belajar

Siswa yang kurang fokus belajar bisa mengganggu berjalannya proses belajar mengajar. Hal ini karena siswa akan kesulitan memahami materi pelajaran, sehingga guru harus mengulang materi pelajaran hingga berkali-kali. Karena kemungkinan siswa akan banyak bertanya tentang materi pelajaran. Untuk mencegah hal ini terjadi, guru bisa menerapkan beberapa hal di bawah ini untuk membuat siswa bisa selalu fokus belajar:

1.Hilangkan semua hal yang mungkin bisa mengganggu konsentrasi siswa untuk belajar

Hal pertama yang harus guru lakukan untuk membuat siswa fokus belajar adalah menghilangkan semua hal yang mungkin bisa mengganggu konsentrasi siswa untuk belajar, seperti hiasan yang terlalu ramai atau pajangan yang ada  di atas meja guru. 

Saat school from home atau sekolah dari rumah, beberapa hal yang bisa guru lakukan adalah dengan menggunakan background polos saat mengajar dan hindari menunjukkan barang apapun yang tidak berhubungan materi pelajaran.

2. Ciptakan suasana kelas yang menyenangkan

Suasana kelas yang menyenangkan ternyata juga bisa bermanfaat untuk membuat siswa selalu fokus belajar lho. Beberapa cara membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan adalah dengan menghias kelas dengan hasil karya siswa atau membuat yel-yel khusus dan mengucapkannya di saat suasana belajar terasa membosankan.

Selain itu, sesekali guru juga bisa mengajak siswa untuk belajar di luar kelas. Karena hal ini telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan fokus belajar siswa dan membuat siswa bisa memahami materi pelajaran dengan lebih  baik.

Saat school from home, guru bisa membuat suasana belajar lebih menyenangkan dengan cara  membuat sesi tanya jawab di luar materi pelajaran dengan siswa atau menyalakan lagu dengan alunan musik lembut. Karena hal ini juga telah terbukti bermanfaat untuk membuat siswa menjadi fokus untuk belajar.

Namun, sebelum menyalakan musik ada baiknya guru bertanya dulu kepada siswa, apakah siswa tidak keberatan jika guru menyalakan musik. Karena ada beberapa siswa yang justru terganggu ketika ada suara alunan musik saat belajar. Jika ternyata mayoritas siswa merasa terganggu jika ada alunan suara musik, ada baiknya guru mengurungkan niat untuk menyalakan musik.

3. Sisipkan waktu istirahat saat proses belajar mengajar

Melansir dari Teach Starter, umumnya otak siswa hanya bisa fokus belajar selama 45 menit. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memberikan waktu istirahat singkat dengan durasi 5-10 menit setelah siswa belajar 45 menit. Istirahat yang terlalu lama justru bisa membuat siswa menjadi sulit untuk fokus belajar.

4. Berikan satu tugas dalam satu waktu

Kadang, saat mengajar ada kalanya guru harus memberikan satu tugas kepada siswa untuk dikerjakan saat itu juga. Ketika hal ini terjadi, usahakan untuk memberikan siswa satu tugas saja dalam satu waktu ya. Karena memberikan siswa terlalu banyak tugas, justru bisa mengganggu konsentrasi siswa, sehingga siswa menjadi tidak fokus saat belajar.

5. Selalu perhatikan siswa saat mengajar

Cara lain yang bisa guru lakukan untuk meningkatkan fokus belajar siswa adalah dengan selalu memperhatikan semua siswa saat mengajar. Jika ada satu siswa yang terlihat kurang fokus saat belajar, tidak ada salahnya kalau guru mendatanginya dan bertanya alasan dia tampak kurang fokus belajar.

Setelah itu, guru bisa memberikan solusi agar siswa bisa kembali fokus belajar. Misalnya jika alasan siswa kurang fokus belajar adalah karena mengantuk, minta siswa tersebut untuk membasuh wajahnya dengan air terlebih dahulu.

6. Ubah metode mengajar

Mengubah metode mengajar memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, tidak ada salahnya jika mulai sekarang sesekali guru mengubah metode mengajar. Karena mengubah metode mengajar telah terbukti efektif untuk membuat siswa selalu fokus belajar.

Beberapa contoh mengubah metode mengajar yang mudah dilakukan adalah mengubah metode mengajar dari menyampaikan materi satu arah menjadi diskusi atau sebaliknya. Namun, tetap batasi durasi mengubah metode mengajar ya. Karena jika dilakukan terlalu sering, hal ini justru bisa mengganggu konsentrasi siswa saat belajar.

Membuat siswa selalu fokus dan konsentrasi untuk belajar memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, tidak ada salahnya jika guru mulai menerapkan tips untuk membuat siswa fokus belajar seperti di atas. Karena bagaimanapun, memiliki siswa yang bisa fokus belajar pada akhirnya akan sangat memudahkan guru untuk menyampaikan materi pelajaran dengan sebaik mungkin, sehingga siswa bisa memahami materi pelajaran dengan baik.

Kalau guru ingin proses belajar mengajar terasa lebih mudah untuk dilakukan, yuk gunakan platform Pijar Sekolah.

Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

Referensi

https://www.tltp.co.uk/blog/blog/top-seven-strategies-to-help-students-focus-in-the-classroom
https://www.teachstarter.com/us/blog/10-ways-to-improve-student-concentration-us/\
https://www.edutopia.org/discussion/7-ways-increase-students-attention-span
pijar

Recent Posts

Sistem Informasi Manajemen Sekolah: Pengertian, Kelebihan dan Kendalanya

Sistem informasi manajemen sekolah menjadi hal yang krusial dan membutuhkan penataan lebih bagus dan terstruktur…

4 days ago

Metode Mengajar Peer Teaching: Pengertian, Tujuan dan Contoh Penerapannya

Sudah banyak jenis metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk memberikan pemahaman maksimal pada siswa yang…

4 days ago

Metode Mengajar Kolaboratif: Pengertian dan Keuntungan yang Diberikan

Metode mengajar kolaboratif memang sudah sejak lama ada bahkan penerapannya juga tidak mengalami masalah saat…

6 days ago

Ini Dia Penjelasan Pentingnya Literasi Digital Bagi Guru

Tidak hanya siswa namun nyatanya guru juga dituntut untuk bisa mendapatkan pemahaman literasi digital yang…

7 days ago

12 Tantangan Guru SD dalam Mengajar

Dalam mengajar, ada beberapa tantangan guru SD yang mungkin akan dihadapi. Karena guru SD tidak…

1 week ago

Olimpiade Siswa Cerdas 2024: Tantangan Baru untuk Generasi Muda Berprestasi!

Setelah sukses besar di tahun 2022 dengan melibatkan 12.000 peserta dari seluruh Indonesia, Olimpiade Siswa…

1 week ago