Blog

Cara Menjadi Guru Inovatif dalam Era Pendidikan Modern

Bisa dibilang dunia pendidikan bersifat sangat dinamis. Oleh karena itu, peran guru saat ini cukup beragam dibandingkan sebelumnya. Misalnya, kurikulum dan metode pengajaran sebelumnya telah distandarisasi dan alat pengajarannya bersifat umum bagi semua orang. Namun, dengan diperkenalkannya teknologi, pilihan metode dan alat pengajaran semakin meningkat.

Kini, tugas seorang guru tidak hanya sekedar mengajarkan materi pelajaran kepada siswanya, namun juga memberikan segala pengetahuan dan informasi yang diperlukan dengan cara yang mudah dipahami dan diingat. Guru dituntut untuk mengevaluasi siswa, menasihati mereka dengan memberikan saran perbaikan, dan berkolaborasi dengan guru lain untuk mengembangkan metode pengajaran yang lebih baik. Dengan kata lain, guru senantiasa dituntut untuk menunjukkan inovasi dalam teknik pengajarannya. Nah, kalau guru ingin tahu cara menjadi guru inovatif, simak informasinya di bawah ini ya.

Cara Menjadi Guru Inovatif

Pada dasarnya ada beberapa cara menjadi menjadi guru inovatif yang bisa guru terapkan dengan mudah, yaitu: 

1.Jadi pendengar yang baik untuk siswa

Menjadi pendengar yang baik adalah penting dalam profesi apa pun, terlebih lagi ketika untuk eorang guru. Karena guru harus bisa sering berinteraksi dengan siswa, guru lain, dan bahkan orang tua. Menjadi pendengar yang baik akan membantu guru memahami siswa dengan lebih baik dan membantu guru untuk bisa menjalani profesi dengan sebaik mungkin.

2. Jalin kedekatan dengan siswa

Meskipun terlihat sederhana, faktanya membangun kedekatan dengan siswa bisa membawa dampak positif untuk siswa dan guru lho, salah satunya meningkatkan semangat belajar siswa, sehingga siswa menjadi lebih mudah paham dengan materi pelajaran.

Selain meningkatkan semangat belajar siswa, pada dasarnya membangun kedekatan dengan siswa juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas belajar dan prestasi belajar siswa. Karena saat siswa merasa dekat dan nyaman dengan guru, siswa biasanya akan lebih mudah memahami semua materi pelajaran yang disampaikan guru. Bisa menjadi kedekatan dengan siswa juga merupakan salah satu ciri guru inovatif. 

3. Buat rencana dan model pembelajaran yang menarik

Seorang guru yang inovatif selalu mencari cara/model pengajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan untuk meningkatkan kemauan siswa untuk belajar. Sehingga meningkatkan keterlibatan kelas. Menggunakan perspektif baru untuk mendekati materi pelajaran, seperti pelajaran interaktif tentang IWB, dapat membuat perbedaan besar.

Misalnya, beberapa institut telah menerapkan konsep kelas terbalik, di mana mahasiswa diharuskan menonton materi belajar secara online sebagai pekerjaan rumah dan kemudian berpartisipasi dalam sesi tanya jawab di kelas. Konsep seperti ini menciptakan lebih banyak ruang untuk diskusi terbuka sekaligus membiarkan guru mengembangkan hubungan yang lebih kuat dengan siswa. 

4. Berkolaborasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan

Seorang pendidik yang inovatif selalu dituntut untuk tetap berada pada permainan A mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan teknik pengajaran inovatif di kelas, atau dengan membuat kurikulum komprehensif untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Selain terus-menerus melakukan penelitian, berkolaborasi secara teratur dengan pendidik lain untuk mendiskusikan tugas atau memecahkan masalah akan memberikan hasil yang lebih baik secara keseluruhan. Hal ini juga dapat dilakukan dengan menyelenggarakan dan berpartisipasi dalam konferensi dan seminar untuk mendorong pertukaran ide dan sumber daya.

5. Prioritaskan kepentingan siswa

Tidak bisa dipungkiri memang, salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk bisa menjadi guru inovatif adalah selalu memprioritaskan siswa. Misalnya saja dengan tidak memaksakan kehendak untuk mengajar terlalu banyak materi pelajaran dalam satu hari, padahal siswa sebenarnya sudah tidak sanggup untuk belajar. Memprioritaskan kepentingan siswa juga biasanya akan memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran dengan baik. 

6. Rutin lakukan evaluasi diri

Dilansir Mimio Educator, rutin melakukan evaluasi diri merupakan ciri guru inovatif. Karena dengan melakukan evaluasi diri, guru bisa tahu langkah apa yang sudah dilakukan dan langkah lain apa yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas mengajar. Sehingga akhirnya semua siswa bisa mendapatkan pemahaman akan materi pelajaran yang sama dan sukses bersama. 

7. Mengubah siswa menjadi Inovator

Guru yang baik adalah guru yang bisa mengubah siswa menjadi inovator. Salah satu cara paling mudah untuk mengubah siswa menjadi inovator adalah selalu memotivasi siswa untuk bisa belajar dengan baik. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu meningkatkan kemampuan kreatif siswa. Karena kemampuan kreatif juga akan memudahkan siswa menjadi seorang inovator. 

Menjadi guru inovatif memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun,, mulai sekarang tidak ada salahnya jika guru mulai menerapkan beberapa cara menjadi guru inovatif seperti di atas. Karena menjadi guru inovatif akan sangat memudahkan guru untuk menjalani proses belajar mengajar dan memudahkan guru untuk meningkatkan jenjang karier. 

Kalau guru ingin proses belajar mengajar terasa lebih mudah untuk dilakukan, yuk gunakan platform Pijar Sekolah.

Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi, dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

Referensi

https://blog.mimio.com/6-tips-to-help-you-become-an-innovative-educator
https://www.ascd.org/el/articles/how-innovative-teachers-can-start-teaching-innovation
pijar

Recent Posts

Mengenal Tips Menerapkan Micro Teaching dan Penjelasan Lainnya

Micro teaching banyak disebut dan diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mengasah kemampuan guru dalam bidang…

3 days ago

Sistem Informasi Manajemen Sekolah: Pengertian, Kelebihan dan Kendalanya

Sistem informasi manajemen sekolah menjadi hal yang krusial dan membutuhkan penataan lebih bagus dan terstruktur…

7 days ago

Metode Mengajar Peer Teaching: Pengertian, Tujuan dan Contoh Penerapannya

Sudah banyak jenis metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk memberikan pemahaman maksimal pada siswa yang…

1 week ago

Metode Mengajar Kolaboratif: Pengertian dan Keuntungan yang Diberikan

Metode mengajar kolaboratif memang sudah sejak lama ada bahkan penerapannya juga tidak mengalami masalah saat…

1 week ago

Ini Dia Penjelasan Pentingnya Literasi Digital Bagi Guru

Tidak hanya siswa namun nyatanya guru juga dituntut untuk bisa mendapatkan pemahaman literasi digital yang…

1 week ago

12 Tantangan Guru SD dalam Mengajar

Dalam mengajar, ada beberapa tantangan guru SD yang mungkin akan dihadapi. Karena guru SD tidak…

2 weeks ago