Categories: Blog

Guru Belajar dan Berbagi : Penjelasan, Cara Mendaftar dan Programnya

Guru Belajar – Seiring perkembangan zaman, dunia pendidikan juga terus mengalami kemajuan. Baik secara materi yang diajarkan, metode pengajaran, hingga pendukung proses belajar mengajar. Karena itu, sebagai guru sudah seharusnya untuk terus belajar dan mengikuti perkembangan. Salah satunya melalui program Guru Belajar ID.

Dalam program ini, guru bukan hanya akan belajar hal baru dan meningkatkan kemampuan diri saja. Ada banyak hal yang bisa didapatkan oleh guru melalui program ini. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai program Guru Belajar, Anda dapat menyimak artikel ini sampai akhir.

Apa yang Dimaksud dengan Guru Belajar?

Program Guru Belajar adalah program yang difasilitasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenbudristek). Program Guru Belajar Kemendikbud juga merupakan kolaborasi antara pemerintah, guru, komunitas, dan penggerak pendidikan.

Melalui program ini, guru-guru dari seluruh Indonesia bisa mengikuti berbagai seri dan ragam bentuk pembelajaran. Selain itu, para guru yang tergabung dalam program ini juga dapat saling bertukar pikiran dan meningkatkan kemampuan diri.

 

Program Guru Belajar Kemendikbud

Secara umum, ada dua program utama yang akan dijalankan. Yaitu program Ayo Belajar dan program Ayo Berbagi. Sehingga, program ini juga sering disebut sebagai program Guru Belajar dan Berbagi.

1. Program Ayo Guru Belajar

Dengan mengikuti program ini, para guru diharapkan dapat meningkatkan kompetensinya sebagai tenaga pendidik. Materi dan pelatihan yang ada pada program ini juga telah disesuaikan dengan kebutuhan guru di lapangan.

Ada 5 seri belajar yang dapat dipilih oleh peserta guru. Yaitu keterampilan hidup baru, pendidikan inklusif, pembelajaran jarak jauh, asesmen mandiri, dan belajar mandiri untuk calon guru ASN PPPK baru.

2. Program Ayo Guru Berbagi

Program ini merupakan sarana atau wadah berbagi untuk para guru. Melalui program ini, guru dapat berbagai RPP atau artikel dengan para guru lainnya. Sehingga, guru lain dapat menggunakannya sebagai referensi atau inspirasi untuk diterapkan di tempatnya mengajar.

Selain itu, guru teraktif dan terfavorit akan ditampilkan di website setiap bulannya.

 

Seri Program Ayo Guru Belajar

Ada 5 seri belajar yang ditawarkan pada program ini, Setiap seri belajar dapat diterapkan secara terpisah ataupun bersinergi dengan seri lainnya sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah 5 seri yang akan dipelajari dalam program ini:

1. Seri Keterampilan Hidup Baru pada program Guru Belajar

Seri keterampilan hidup baru disusun sesuai kebutuhan tenaga pendidik di jenjang sekolah menengah. Baik jenjang SMP ataupun jenjang SMA. Seri ini merupakan hasil kerja sama antara Kemendikbud dengan UNICEF.

Dengan mengikuti seri ini, guru diharapkan bisa membekali siswa sekolah menengah dengan kemampuan yang bermanfaat. Selain itu, guru juga diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan belajar. Sehingga, siswa dapat menggali potensi di dalam dirinya yang bermanfaat untuk masa depannya nanti.

2. Seri Pendidikan Inklusif

Memiliki siswa dengan kebutuhan khusus memang merupakan tantangan tersendiri. Baik bagi tenaga pengajar atau pun siswa tersebut. Apalagi jika tenaga pendidik tidak terlalu paham tentang konsep dan penerapan sistem pendidikan inklusif.

Akibatnya, banyak anak dengan kebutuhan khusus hanya memiliki pilihan sekolah yang terbatas. Bahkan banyak juga orang tua yang memilih untuk tidak menyekolahkan anaknya. Oleh karena itu, pemerintah berinisiatif untuk mengadakan seri pendidikan inklusif.

Dengan adanya program ini, guru bisa lebih memahami konsep keberagaman peserta didik. Sehingga memberikan dampak yang positif bagi anak berkebutuhan khusus dan anak-anak lainnya.

Sayangnya, seri ini masih dalam tahap perkembangan. Akan tetapi, pemerintah juga menyatakan bahwa program ini akan segera dirilis.

3. Seri Pembelajaran Jarak Jauh

Masa pandemi membawa perubahan besar bagi sistem pengajaran. Sulitnya pengajaran tatap muka membuat guru mencari cara lain agar materi tetap bisa tersampaikan. Akan tetapi, tidak semua guru bisa menemukan metode yang tepat dengan cepat.

Karena itu, seri pembelajaran jarak jauh hadir untuk membantu guru menemukan metode pengajaran yang tepat. Selain itu, seri ini juga membantu guru memberikan pengarahan agar siswa dapat melakukan pembelajaran secara mandiri.

4. Seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Guru Belajar seri AKM adalah sebuah program pembelajaran yang dirancang untuk guru dan kepala sekolah. Sehingga sekolah dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan kompetensi yang dimilikinya. Khususnya untuk kompetensi yang berdasarkan literasi dan numerasi.

5. Seri Belajar Mandiri untuk Calon ASN PPPK Baru

Seri terakhir adalah salah satu seri yang banyak diminati oleh para guru. Khususnya bagi guru yang berniat untuk menjadi ASN dengan mengikuti seleksi PPPK guru.

Melalui program ini, guru akan mendapatkan berbagai fasilitas untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Sehingga, kompetensi pedagogik dan profesionalisme guru diharapkan akan meningkat. Selain itu, ada banyak contoh soal yang dapat dikerjakan untuk latihan.

 

Seri Program Ayo Guru Berbagi pada Guru Belajar

Selain belajar, guru yang menjadi peserta program ini juga dapat saling berbagi dan bertukar pikiran. Salah satunya melalui program Ayo Guru Berbagi. Program ini juga menjadi wadah kolaborasi antara guru, penggerak pendidikan, komunitas, hingga pemerintah.

Ada beberapa sarana dan bentuk yang bisa dilakukan dalam program ini, di antaranya:

1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Menyusun RPP mungkin bisa cukup membingungkan bagi sebagian guru. Padahal, RPP merupakan salah satu sarana penting yang mendukung proses pembelajaran agar lebih terarah. Namun, ada juga guru yang bisa membuat RPP dengan mudah dan lancar.

Dengan adanya program Guru Berbagi, guru bisa berbagi RPP buatannya atau mendapatkan inspirasi dari RPP guru lainnya. Hal ini juga dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa ke arah yang lebih baik.

2. Artikel

Selain berbagi RPP, guru juga dapat berbagi artikel inspiratif seperti pengalaman mengajar. Anda juga dapat membaca pengalaman dan gagasan dari guru lainnya. Dengan saling berbagi artikel, guru bisa saja mendapatkan ide segar atau gagasan baru yang bisa diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar.

3. Video Pembelajaran

Platform Guru Belajar juga memuat berbagai video pembelajaran yang bermanfaat. Dengan begitu, guru bisa terus mengikuti berita terbaru dalam dunia pendidikan. Video pembelajaran ini juga bisa menjadi sarana guru belajar mandiri.

4. Webinar

Selain saling berbagi RPP dan artikel, guru juga dapat mengikuti Webinar seputar dunia pendidikan. Ada banyak tema dan materi webinar pendidikan yang menarik untuk diikuti. Selain itu, sebagian besar webinar ini dapat diikuti secara gratis.

 

Syarat Peserta Guru Belajar dan Berbagi

Dengan banyaknya manfaat dari program ini, tentu saja program ini jadi terlihat menarik. Khususnya jika Anda adalah seorang guru atau tenaga pendidik. Rasanya sayang jika melewatkan kesempatan ini begitu saja.

Lalu, siapa saja yang bisa mengikuti program ini? Apakah semua guru dapat bergabung atau terdapat persyaratan khusus yang harus dipenuhi? Setidaknya, ada 7 jenis peserta yang dapat mengikuti program ini, yaitu:

1. Guru Sekolah

Seluruh guru sekolah di berbagai jenjang pendidikan memiliki kesempatan yang sama untuk bergabung sebagai peserta program ini Baik guru sekolah jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, atau SMK.

2. Kepala Sekolah

Seluruh kepala sekolah di berbagai jenjang pendidikan. Baik kepala sekolah jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, atau SMK.

3. Guru Sekolah Luar Biasa

Seluruh guru Sekolah Luar Biasa di berbagai jenjang pendidikan. Baik guru jenjang SDLB, SMPLB, SMALB.

4. Kepala Sekolah Luar Biasa

Seluruh kepala Sekolah Luar Biasa di berbagai jenjang pendidikan. Baik kepala sekolah jenjang SDLB, SMPLB, SMALB.

5. Tenaga Administrasi Sekolah

Seluruh tenaga administrasi sekolah di berbagai jenjang sekolah atau instansi pendidikan.

6. Tenaga Kependidikan lain yang sederajat

Seluruh tenaga kependidikan lain di berbagai jenjang sekolah atau instansi pendidikan yang sederajat.

7. Telah memiliki Akun SIMPKB

Seluruh guru, kepala sekolah, guru dan kepala Sekolah Luar Biasa, tenaga administrasi sekolah, atau tenaga kependidikan lain yang sederajat yang telah memiliki akun SIMPKB.

 

Bagaimana Cara Mendaftar Guru Belajar?

Jika Anda telah memenuhi syarat peserta, Anda telah siap untuk melakukan pendaftaran. Proses pendaftaran program sangat mudah. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Portal Guru Belajar

Buka halaman website https://gurubelajar.kemdikbud.go.id/ atau portal Guru Belajar Kemendikbud. Kemudian klik tombol “Mulai Belajar” yang ada di bagian atas. Kemudian akan muncul tampilan halaman log in.

Pastikan Anda membuka halaman website yang tepat. Situs Guru Belajar merupakan bagian dari situs milik Kemdikbud. Sehingga alamat website yang tepat adalah gurubelajar.kemdikbud.go.id atau gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id. Situs guru belajar id atau guru belajar.org akan mengarahkan Anda ke situs lain yang bukan milik Kemdikbud.

2. Log In Menggunakan Akun SIMPKB

Masukkan akun Guru Belajar SIMPKB dalam kolom halaman surel. Pastikan format sesuai dengan format yang diminta, yaitu nomorukg@guruku.id. Contoh: 123400702413@guruku.id.

Jangan lupa juga untuk memasukkan password di kolom kata sandi. Kemudian klik tombol “Masuk”.

3. Pilih Program yang Akan Diikuti

Kemudian, masuk ke halaman Beranda dan pilih seri program yang akan Anda ikuti. Jika Anda telah memenuhi syarat peserta, maka kartu untuk mendaftar akan aktif. Lalu klik “Daftar”.

Kemudian pilih angkatan atau jadwal sesuai waktu yang Anda inginkan. Jika Anda sudah yakin, klik “Daftar”. Dan proses pendaftaran selesai.

 

Apa yang dimaksud Guru Belajar pada Merdeka Belajar?

Sebagai guru, tentu saja ada banyak persoalan yang dirasakan dan dihadapi. Belum lagi tanggung jawab guru dalam menjalankan tugasnya. Baik tanggung jawab terkait kegiatan belajar mengajar atau pun tanggung jawab administrasi.

Berbagai persoalan dan tanggung jawab yang besar sering kali membuat guru menjadi lelah. Baik secara fisik maupun mental. Sehingga, banyak guru yang merasa kesulitan untuk mengembangkan diri dan karirnya.

Sarana Pendukung Profesi Guru

Saat ini, memang ada banyak pelatihan yang diikuti oleh guru. Sayangnya, pelatihan tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan guru di lapangan. Karena itu, program Seri Semangat Guru hadir sebagai sarana pendukung bagi guru untuk menjalankan profesinya.

Melalui program ini, diharapkan guru dapat menemukan jawaban atas persoalan yang dihadapinya. Selain itu, program ini juga bertujuan mendukung karir seorang guru. Misalnya dengan mengadakan program guru belajar AKM untuk guru yang ingin menjadi ASN.

Wadah Kolaborasi Antar Guru

Bukan hanya itu saja, program ini juga dapat menjadi wadah bagi para guru untuk saling bertukar pikiran, berbagi gagasan, mencari inspirasi, dan berkolaborasi. Sehingga, praktik pendidikan di Indonesia dapat terus berkembang ke arah yang lebih baik.

Pada dasarnya, program ini berangkat dari 4 kunci pengembangan diri. Yaitu kemerdekaan, kompetensi, kolaborasi, dan karir.

 

Apa yang Dimaksud dengan Merdeka Belajar?

Program Guru Belajar Merdeka Belajar merupakan program pengembangan diri yang ditujukan untuk profesi guru. Melalui program ini, guru diharapkan dapat berperan aktif dalam dunia pendidikan. Baik secara pribadi maupun komunitas.

Selain itu, program ini juga dilakukan sebagai sarana mengenali miskonsepsi pendidikan yang ada. Sehingga nantinya, guru dapat menjadi bagian dari penggerak perubahan pembelajaran ke arah yang lebih baik.

Keunggulan Program Guru Merdeka Belajar

Program ini dikemas dengan lebih fleksibel, lebih mudah, dan lebih kolaboratif. Guru yang mengikuti program ini dapat memilih waktu pembelajaran sesuai dengan waktu luang yang dimilikinya. Selain itu, peserta juga dapat mengakses program ini melalui aplikasi yang dapat diunduh di Play Store.

Bukan hanya itu saja, program ini juga mendukung peran kolaboratif yang lebih baik. Peserta guru bukan hanya belajar dari penyelenggara saja. Tapi juga dapat saling berbagi dan belajar dari rekan guru lainnya. Sehingga program menjadi lebih kolaboratif dan gotong royong.

Tahapan Program Guru Merdeka Belajar

Program Guru Merdeka Belajar diadakan dalam dua tahapan. Yaitu tahap orientasi dan tahap bimtek.

Tahap Orientasi (Tahap 0)

Pada tahap orientasi, peserta guru akan mendapatkan pembekalan mengenai program Merdeka Belajar. Termasuk latar belakang, tujuan, serta pengantar program ini.

Tahap Bimtek (Tahap 1)

Setelah tahap orientasi selesai, maka peserta memasuki tahap Bimtek. Di tahap ini, peserta guru akan mempelajari tentang konsep pengembangan diri. Khususnya dalam ruang lingkup kemerdekaan, kompetensi, kolaborasi, dan karier.

 

 

Cara Meningkatkan Pengembangan Diri dengan Seri Merdeka Belajar

Program seri Guru Merdeka Belajar bertujuan untuk meningkatkan pengembangan diri guru. Khususnya dalam bidang pendidikan dan kemampuan mengajar. Ada berbagai cara yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan diri, misalnya:

1. Menemukan Kekuatan dan Kelemahan Diri

Sebagai pengajar, tentu saja setiap guru memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Memahami hal tersebut adalah langkah awal yang baik untuk meningkatkan kemampuan diri.

Sejalan dengan hal ini, guru juga belajar untuk bereksplorasi dengan berbagai cara dan metode pengajaran baru. Sehingga, nantinya guru dapat menemukan metode yang paling cocok untuknya dan siswanya.

2. Melakukan Adaptasi

Praktik pembelajaran dan pendidikan sering kali tidak bersifat mutlak. Ada banyak faktor eksternal maupun internal yang membuat satu metode tidak dapat diterapkan di dua tempat atau kondisi yang berbeda.

Karena itu, seorang guru perlu belajar untuk beradaptasi dengan baik. Kemampuan adaptasi tidak hanya membantu guru lebih berkembang secara pribadi. Tapi juga mendukung proses pembelajaran menjadi lebih baik dan efektif.

3. Memiliki Rencana dan Tujuan yang Jelas

Rencana dan tujuan yang jelas membantu guru lebih fokus dalam menjalankan kewajiban dan tanggung jawabnya. Baik secara karier, administratif, atau pun proses belajar yang dijalankan.

Di samping itu, adanya rencana dan tujuan yang jelas membuat kegiatan belajar jadi lebih terarah. Sehingga, pengalaman belajar siswa juga menjadi lebih menyenangkan.

 

Nah, itulah beberapa hal mengenai program Guru Belajar dan Berbagi dari Kemdikbud. Termasuk syarat peserta, cara pendaftaran, dan seri program yang ada di dalamnya. Semoga bermanfaat!

pijar

Recent Posts

4 Tantangan Mengajar Siswa Berkebutuhan Khusus

Dilansir Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (KPPA), anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami…

7 days ago

Guru Wajib Tahu! 5 Pilihan Pekerjaan Sampingan Untuk Guru

Pekerjaan sampingan pada dasarnya tidak hanya bisa didapatkan oleh karyawan yang bekerja di kantor saja lho,…

2 weeks ago

7 Tips Sukses Mengadakan Study Tour

Study tour adalah suatu kegiatan diluar proses belajar mengajar yang dilakukan untuk menambah ilmu para…

4 weeks ago

Guru Wajib Tahu, 6 Cara Mengembangkan Growth Mindset

Tidak hanya siswa, pada dasarnya growth mindset juga harus dimiliki oleh seorang guru lho. Nah,…

1 month ago

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Pengumuman Kelulusan Online

Kalau dulu saat lulus ujian diumumkan dengan cara ditempel di dinding dan siswa harus melihatnya…

1 month ago

Rekomendasi Aplikasi E-Learning untuk Sekolah Terbaik

Sistem e-learning semakin populer karena fleksibilitasnya. Beberapa institusi pendidikan bahkan memberi ruang siswanya untuk mengatur…

1 month ago