Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Pengumuman Kelulusan Online

Aplikasi pengumuman kelulusan

Kalau dulu saat lulus ujian diumumkan dengan cara ditempel di dinding dan siswa harus melihatnya secara langsung, sekarang sudah ada cara yang jauh lebih canggih dan praktis. Ada aplikasi pengumuman kelulusan yang cukup diakses via online. Sebenarnya apa kelebihan menggunakan aplikasi ini? Sebelumnya simak dulu pengertian aplikasi pengumuman kelulusan di bawah ini. 

Apa Itu Aplikasi Pengumuman Kelulusan?

Aplikasi pengumuman kelulusan merupakan aplikasi yang bisa diunduh di perangkat seluler seperti HP dan tab, fungsinya khusus untuk mengumumkan kelulusan siswa setelah menjalani ujian. Dengan aplikasi ini, siswa dan orang tua cukup mengecek status kelulusan di aplikasi yang terhubung dengan koneksi internet saja. Anti ribet, praktis, dan cepat! 

Di aplikasi pengumuman kelulusan, pihak sekolah bukan hanya bisa menggunakannya untuk mengunggah data kelulusan saja. Melainkan, pihak sekolah bisa memasukkan data siswa lengkap dengan nilainya. Selain itu, jika ada yang salah, maka data bisa dihapus maupun diperbaiki. Terakhir, baru dibuat pengumuman kelulusan. 

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Pengumuman Kelulusan

Kenapa institusi pendidikan harus menggunakan aplikasi pengumuman kelulusan? Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa didapatkan pihak sekolah maupun siswa

1. Cocok untuk Sekolah Online

Sekarang ada banyak kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara online. Ada juga yang menggunakan metode hybrid learning, di mana aktivitasnya ada yang dilakukan secara langsung dan via online. Nah, khusus untuk sekolah online, tentu saja aplikasi pengumuman kelulusan sangat tepat dipilih setelah pelaksanaan ujian. 

Peserta sekolah online bisa jadi berasal dari lokasi yang berbeda-beda. Kalau diadakan upacara kelulusan secara fisik, di mana siswa harus hadir langsung, kemungkinan besar akan menyulitkan sebagian siswa. Karena itu, aplikasi pengumuman kelulusan merupakan solusi yang paling tepat dan sangat membantu. 

2. Memiliki Fitur yang Memudahkan Proses Penilaian

Setiap aplikasi pengumuman kelulusan online hadir dengan fitur yang berbeda-beda. Pada umumnya, fitur yang tersedia untuk administrator atau tenaga pengajar adalah menambah maupun menghapus data, menambahkan tanggal pengumuman kelulusan, menambah atau menghapus nilai siswa, dan menambah maupun menghapus data siswa. Selain itu, pesan dari siswa dan data siswa juga bisa dicek. 

Selain itu, ada juga fitur di aplikasi pengumuman kelulusan yang bisa digunakan oleh siswa. Pada umumnya, aplikasi semacam ini dirancang agar mudah digunakan. Siswa cukup memasukkan NIK saja dan status kelulusan sudah dapat dilihat. Selain itu, siswa juga dapat meninggalkan pesan di fitur chat atau pesan yang tersedia. 

3. Bisa Dicek Kapan Saja

Di aplikasi pengumuman kelulusan online, pihak sekolah dapat mengumumkan kapan tanggal tepatnya akan diumumkan status kelulusan siswa. Setelah tanggal yang ditentukan, maka siswa maupun orang tua bisa mengeceknya kapan saja sesuai waktu yang mereka miliki. 

4. Ramah Lingkungan

Adanya aplikasi pengumuman kelulusan juga menjadi angin segar bagi pecinta lingkungan. Alasannya tentu saja karena aplikasi semacam ini cukup mengumumkan status kelulusan siswa via online. Tidak diperlukan lagi sertifikat atau ijazah kelulusan yang dicetak menggunakan kertas. Dengan menggunakan aplikasi ini, otomatis kita juga turut serta dalam usaha menjaga keberlangsungan lingkungan. 

Tentu saja sertifikat atau ijazah kelulusan tetap disediakan. Setiap siswa yang sudah lulus bisa mengunduhnya lalu dicetak sendiri-sendiri, jika perlu. Mengingat sekarang sistem pendaftaran juga menggunakan metode digital, seringkali ijazah dalam bentuk cetak sudah tidak diperlukan lagi. Tapi setiap siswa tetap harus mengunduh dan menyimpannya secara digital. 

5. Hemat Biaya

Kelebihan berikutnya dalam menggunakan aplikasi pengumuman kelulusan adalah hemat biaya. Pihak sekolah tidak perlu mencetak sertifikat dan ijazah secara fisik yang membutuhkan biaya, terutama untuk sekolah yang jumlah siswanya banyak. Bagi siswa dan orang tuanya, cara ini juga sangat menghemat biaya karena tidak perlu keluar biaya tambahan untuk acara kelulusan. 

6. Bisa Custom dengan Nama Sekolah

Menariknya lagi, di aplikasi pengumuman kelulusan, pihak sekolah bisa membuat aplikasi sendiri yang menggunakan nama dan logo sekolah. Isi aplikasi pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Jadi setelah jadi, siswa atau orang tua tidak akan salah membuka aplikasi, karena sudah menggunakan nama sekolah tersebut. Pada umumnya, aplikasi kelulusan online juga bisa diintegrasikan dengan situs web. 

Contoh Aplikasi Pengumuman Kelulusan Online

Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi pengumuman kelulusan yang bisa dimanfaatkan institusi pendidikan:

1. Lulus Bareng

Pertama ada Lulus Bareng yang berbasis web. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi PHP dan Mysql, selain itu menggunakan Framework Codeigniter 3. Di Lulus Bareng, berbagai institusi pendidikan dapat memanfaatkannya, mulai dari SD, SMP, hingga SMA. 

Kelebihan utamanya adalah untuk mengunggah data sudah menggunakan Excel yang memudahkan pengguna karena tidak perlu memasukkan data satu demi satu. Selain itu, fiturnya terbilang sudah sangat lengkap, selain impor data dan nilai siswa dengan Excel. Ada penambahan identitas sekolah, mengatur Surat Keterangan Lulus, mengatur jadwal pengumuman, dan masih banyak lagi. 

2. MySCH.id

Berikutnya ada MySCH.id yang juga berbasis situs web. MySCH.id merupakan layanan pembuatan aplikasi kelulusan di Indonesia yang bertujuan untuk menghindari kegaduhan di lalu lintas saat hari kelulusan tiba. Dengan begitu, keamanan dan kesejahteraan warga tetap terjaga. Selain itu, cara ini juga dapat menjaga nama baik sekolah. 

Kelebihan menggunakan layanan dari MySCH.id adalah aplikasi kelulusan online dapat dengan mudah diintegrasikan dengan situs web resmi sekolah. Jadi siswa dan orang tua dapat mengakses ke situs daja untuk mengetahui tautan ke pengumuman kelulusan mereka. Aksesnya pun mudah bagi guru, siswa, dan orang tua, bisa lewat perangkat seluler, PC, maupun laptop. 

Privasi setiap siswa bisa tetap terjaga dengan baik, karena pengumuman hanya bisa dilihat oleh siswa yang bersangkutan. Pengumuman bisa diakses menggunakan NIK masing-masing, sehingga pihak lain tidak bisa mengecek hasilnya tanpa seizin pemilik NIK. Layanannya sudah digunakan banyak sekolah di seluruh Indonesia, sehingga kualitasnya dapat dipercaya. 

Dapat menyederhanakan proses pengumuman ujian dan status kelulusan siswa, aplikasi pengumuman kelulusan sangat sejalan dengan tren belajar mengajar saat ini yang mendukung belajar online. Pastikan memilih aplikasi yang dapat diandalkan dengan reputasi yang baik. Salah satunya adalah Pijar Sekolah, aplikasi yang sangat mendukung sistem pembelajaran digital. 

Pijar Sekolah tak hanya menyediakan sistem penilaian yang bisa diakses secara digital saja, tapi tentunya siswa dan guru bisa belajar dari satu aplikasi saja. Selain itu, ujian berbasis komputer pun bisa dilakukan di sini. Dengan visi dan misi untuk mewujudkan pendidikan yang merata di seluruh Indonesia, ada banyak fitur yang sangat menguntungkan. Temukan semua fiturnya di situs Pijar Sekolah sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *