Blog

Kelebihan Menggunakan Platform Pembelajaran Jarak Jauh dan Rekomendasinya

Belajar online atau belajar dari jarak jauh sudah bukan hal yang aneh saat ini. Karena saat ini tersedia berbagai platform pembelajaran jarak jauh berkualitas yang dapat mempermudah proses belajar mengajar. Sebenarnya, apa saja kelebihan menggunakan platform ini? Kalau kamu ingin tahu kelebihan platform pembelajaran jarak jauh dan rekomendasinya, simak informasi lengkapnya di bawah ini ya. 

Kelebihan Menggunakan Platform Pembelajaran Jarak Jauh

Ini dia beberapa kelebihan penggunaan platform pembelajaran jarak jauh:

1. Pembelajaran Mandiri Memungkinkan Fleksibilitas

Khusus untuk platform belajar jarak jauh untuk kursus, biasanya tidak diperlukan kehadiran di kelas online pada waktu tertentu. Hal inilah yang dinamakan dengan self paced learning atau pembelajaran mandiri. Karena dengan platform pembelajaran jarak jauh, siswa dapat mengakses materi kapanpun mereka punya waktu luang, sehingga lebih fleksibel. 

Dalam mengerjakan tugas atau pengujian, biasanya tetap ada jadwal dan tenggat waktu. Tapi jika dibandingkan dengan kursus dan sekolah pada umumnya, waktu belajar yang fleksibel sangat menguntungkan banyak orang. Misalnya mereka yang sudah memiliki pekerjaan dan aktivitas lainnya. 

2. Mengajarkan Kemampuan Mengelola Waktu

Bagaimanapun juga, belajar menuntut siswa agar dapat mengelola waktu dengan baik. Meskipun waktunya tidak terlalu ketat seperti sekolah biasa, tapi pasti akan ada tenggat waktu untuk hal-hal tertentu. Jika ingin berhasil, siswa harus bisa mengelola waktu mereka dengan baik. 

3. Meningkatkan Motivasi Diri

Kedisiplinan adalah kunci utama agar berhasil dalam platform pembelajaran jarak jauh. Tanpa guru yang ada di dekat kamu setiap saat, motivasi akan sangat mudah menurun. Karena itu, setiap siswa harus mampu memotivasi dirinya sendiri agar berhasil menyelesaikan kelas dengan nilai yang gemilang. 

4. Komunikasi dan Kerja Sama Tetap Berjalan Baik

Berbagai platform pembelajaran jarak jauh sudah dilengkapi dengan fitur komunikasi yang sangat baik. Dengan begitu, komunikasi antara siswa dengan pengajar dapat disampaikan dengan jelas dan lancar. Jika ada tugas kelompok pun, dapat dikerjakan dengan memanfaatkan fitur ini. 

5. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Belajar dari jarak jauh mampu membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Kamu dapat memahami tujuan dan motivasi jika terbiasa berpikir kritis. Saat belajar online, siswa cenderung terlibat aktif dalam materi, sehingga kemampuan ini akan terasah. 

Rekomendasi Platform Pembelajaran Jarak Jauh

Banyak manfaat yang bisa didapat penggunanya, berikut ini beberapa rekomendasi platform pembelajaran jarak jauh yang dapat diandalkan:

1. Blackboard

Dikenal sebagai aplikasi tugas dan penilaian di antara komunitas perguruan tinggi dan pengajar, Blackboard menghadirkan fitur yang kerap berkembang. Sesuai dengan tuntutan teknologi dan tren pendidikan terkini, sehingga Blackboard selalu dapat diandalkan. 

Beberapa fiturnya antara lain adalah Learn, SafeAssign, Collaborate, dan Ally. Menariknya, setiap materi dapat disampaikan dengan efisien. Blackboard tersedia versi uji cobanya yang berlangsung selama 30 hari.

2. Edmondo

Sedang mencari platform pembelajaran jarak jauh yang antarmukanya simpel dan mudah digunakan? Edmondo mungkin menjadi jawaban yang tepat. Para guru dapat memanfaatkannya untuk membagikan tugas, memberi dan melacak nilai, mengirim pesan ke siswa, dan membuat soal ujian yang kemudian dikerjakan secara online

Bagi para siswa, antarmukanya juga sangat mudah. Menariknya lagi, orang tua juga dapat masuk ke platform ini. Mereka dapat memantau performa anak dan mengetahui apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan mereka. Platform ini dapat digunakan secara gratis!

3. Coursera

Cocok digunakan untuk siswa yang duduk di kelas menengah hingga yang sedang mempersiapkan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, Coursera adalah Massive Open Online Courses (MOOC) yang beberapa kelasnya menawarkan sertifikat dan beberapa bahkan menawarkan gelar. Temukan berbagai materi yang seru dan menantang, sesuai dengan kebutuhan dan minat masing-masing di Coursera!

4. Google Classroom

Berikutnya ada aplikasi yang sudah sangat dikenal dan banyak digunakan untuk keperluan sekolah online, Google Classroom. Platform ini dibuat berdasarkan teknologi yang ditawarkan Google untuk kerja perkantoran. Karena banyak yang familier dengan antarmuka Google, platform ini pun jadi lebih mudah diakses dan digunakan. 

Berbagi dokumen antara guru dan siswa jadi lebih mudah lewat Drive, Google Documents, maupun Gmail. Selain itu, masih banyak aplikasi lain yang dapat diintegrasikan dengan Google Classroom. Guru juga dapat mengundang siswa masuk ke kelas dengan kode unik. 

5. Pijar Sekolah

Menghadirkan pembelajaran digital yang menyenangkan, Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang dapat diakses oleh para siswa. Misinya adalah agar platform ini dapat diakses oleh siswa dari berbagai pelosok di seluruh Indonesia. Selain sebagai platform pembelajaran jarak jauh, Pijar Sekolah juga menyediakan fitur manajemen berbagai kegiatan sekolah, seperti kegiatan administrasi maupun operasional. Ingin tahu lebih lanjut? Langsung saja meluncur ke website Pijar Sekolah sekarang juga!

pijar

Recent Posts

Ini 7 Rekomendasi Film Bertema Pendidikan

Dalam dunia perfilman, tema pendidikan sering kali diangkat untuk memberikan inspirasi, motivasi, dan pelajaran kepada…

2 days ago

Mengenal Tips Menerapkan Micro Teaching dan Penjelasan Lainnya

Micro teaching banyak disebut dan diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mengasah kemampuan guru dalam bidang…

4 days ago

Sistem Informasi Manajemen Sekolah: Pengertian, Kelebihan dan Kendalanya

Sistem informasi manajemen sekolah menjadi hal yang krusial dan membutuhkan penataan lebih bagus dan terstruktur…

1 week ago

Metode Mengajar Peer Teaching: Pengertian, Tujuan dan Contoh Penerapannya

Sudah banyak jenis metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk memberikan pemahaman maksimal pada siswa yang…

1 week ago

Metode Mengajar Kolaboratif: Pengertian dan Keuntungan yang Diberikan

Metode mengajar kolaboratif memang sudah sejak lama ada bahkan penerapannya juga tidak mengalami masalah saat…

1 week ago

Ini Dia Penjelasan Pentingnya Literasi Digital Bagi Guru

Tidak hanya siswa namun nyatanya guru juga dituntut untuk bisa mendapatkan pemahaman literasi digital yang…

2 weeks ago