Blog

Keunggulan CMS Sistem Informasi Sekolah dan 4 Rekomendasinya

CMS atau Content Management System adalah alat yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan mengunggah konten dan mengelola aset secara digital. Saat ini, sekolah pun dapat memanfaatkan CMS sistem informasi sekolah untuk berbagai aktivitas yang langsung terintegrasi dengan jaringan sekolah. Apa saja keunggulan CMS untuk sekolah? Simak infonya di bawah ini, lengkap dengan rekomendasinya!

Keunggulan Aplikasi CMS Sistem Informasi Sekolah

Setiap CMS tentu berbeda. Satu platform menawarkan kelebihan di satu sisi, sementara platform lainnya menawarkan kelebihan yang lain. Di bawah ini ada beberapa keunggulan dari CSM sistem informasi sekolah yang dapat diharapkan oleh penggunanya:

1. Antarmuka yang Mudah Digunakan

CMS sekolah pada umumnya didesain agar tidak rumit dan membuat penggunanya lebih mudah beradaptasi. Alat yang rumit biasanya akan ditinggalkan karena butuh waktu lama untuk dipahami. Karena itu, developer CMS pada umumnya akan membuat antarmuka yang sesederhana mungkin. 

Banyak sistem software CMS yang akan menyediakan simulasi website dengan template dan desain yang serupa. Dengan begitu, penggunanya akan lebih mudah menemukan beragam fitur dan opsi. CMS dirancang berdasarkan navigasi yang intuitif, tidak berdasarkan pengetahuan teknis tingkat tinggi. Dengan pelatihan yang tepat, memperbarui konten website akan jadi sangat mudah dan simpel. 

2. Menawarkan Kemampuan Kustomisasi

Setiap bisnis memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda-beda, sama halnya dengan sekolah. Apa yang dibutuhkan sekolah A mungkin berbeda dengan sekolah B. Misalnya, sekolah A lebih mengedepankan kemudahan komunikasi antara guru dan murid, sementara sekolah B lebih memprioritaskan pada materi pendidikan yang berkualitas tinggi. Karena itu, CMS dirancang untuk dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan setiap penggunanya. 

CMS menawarkan banyak opsi penyesuaian. Misalnya desain yang dipersonalisasi, tata letak, dan organisasi konten. Kita dapat memasang tema baru, mengubah tampilan warna, hingga menyesuaikan dasbor, menu utama dan navigasi. Jika butuh lebih banyak lagi fitur yang ingin dihadirkan di CMS, ada berbagai pilihan plugin. 

3. Meningkatkan Kerja Tim dan Kolaborasi

Mengelola konten web pada umumnya membutuhkan banyak waktu. Ditambah lagi, dibutuhkan orang-orang dengan keahlian tertentu, dedikasi, dan kemauan untuk merancang dan mengembangkan laman web serta mengembangkannya. Tapi dengan CMS, justru semua kegiatan di atas dapat dilakukan dengan cara yang lebih mudah dan simpel.

Rekomendasi CMS Sistem Informasi Sekolah

Tertarik untuk mulai menggunakan CMS sistem informasi sekolah? Berikut ini beberapa rekomendasi terbaiknya:

1. MySCH.id

Platform CMS yang pertama adalah MySCH.id yang memang didesain khusus untuk digunakan di sekolah. MySCH.id sangat memudahkan pengguna untuk mengelola web dan CMS, bahkan bagi pemula sekalipun. MySCH.id tidak membutuhkan penggunanya untuk mengatur ulang CMS ataupun menambahkan plugin, karena memang sudah diatur untuk kepentingan sekolah. 

Pengelola web yang menggunakan MySCH.id dapat langsung fokus pada konten web sehingga banyak waktu yang akan dihemat. Pekerjaan mengatur administrasi dan kegiatan operasional sekolah pun tidak akan terlalu terganggu. 

2. CMS WordPress

WordPress dapat digunakan sebagai CMS, terutama jika sekolah menggunakannya sebagai website. Memang pengelola webnya harus menambahkan sendiri plugin untuk fitur-fiturnya, sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Misalnya untuk sekolah, maka dibutuhkan plugin yang menampilkan info tentang jadwal mata pelajaran, nilai siswa, materi belajar, hingga soal try out

Pengelola web sekolah bertanggung jawab dalam memilih tampilan CMS sekolah dan juga memasukkan database. Untuk menggunakan platform ini, sangat disarankan memilih pengelola web yang berpengalaman dalam mengatur WordPress. 

3. CMS Joomla

Sekilas, CMS Joomla hampir sama dengan WordPress, karena tidak didesain untuk memenuhi kebutuhan sekolah saja. Dengan begitu, pengelolanya harus menyesuaikan pengaturan dan menambahkan ekstra plugin sendiri sesuai dengan apa yang dibutuhkan sekolah. Tapi tak perlu khawatir, karena Joomla menawarkan kemudahan penggunaan. 

CMS Joomla juga menghadirkan fitur multi bahasa dan juga integrasi dengan platform jaringan sosial. Hanya saja, Joomla memang tidak terlalu populer, sehingga banyak pengguna yang mungkin butuh adaptasi terlebih dulu sebelum menggunakannya. Tutorial penggunaannya pun belum terlalu tersedia banyak di internet. 

4. Pijar Sekolah

Merupakan platform pembelajaran digital terpadu yang berkomitmen agar dapat diakses di berbagai wilayah di Indonesia, ternyata Pijar Sekolah juga menyediakan fitur untuk mengelola kegiatan administrasi dan operasional sekolah. Dengan begitu, para staf dan guru dapat memanfaatkan platform ini dengan optimal untuk beragam aktivitas di sekolah. Sebagai bagian dari PT Telkom Indonesia, Pijar Sekolah dapat dijadikan CMS sistem informasi sekolah andalan. Ada fitur Sistem Informasi Manajemen (SIM), yang dapat digunakan untuk memasukkan data yang diperlukan. Misalnya laporan absensi, nilai siswa, dan berbagai data lainnya. Untuk info lebih lanjut, pastikan untuk berkunjung ke website Pijar Sekolah sekarang!

pijar

Recent Posts

Mengenal Tips Menerapkan Micro Teaching dan Penjelasan Lainnya

Micro teaching banyak disebut dan diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mengasah kemampuan guru dalam bidang…

2 days ago

Sistem Informasi Manajemen Sekolah: Pengertian, Kelebihan dan Kendalanya

Sistem informasi manajemen sekolah menjadi hal yang krusial dan membutuhkan penataan lebih bagus dan terstruktur…

6 days ago

Metode Mengajar Peer Teaching: Pengertian, Tujuan dan Contoh Penerapannya

Sudah banyak jenis metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk memberikan pemahaman maksimal pada siswa yang…

7 days ago

Metode Mengajar Kolaboratif: Pengertian dan Keuntungan yang Diberikan

Metode mengajar kolaboratif memang sudah sejak lama ada bahkan penerapannya juga tidak mengalami masalah saat…

1 week ago

Ini Dia Penjelasan Pentingnya Literasi Digital Bagi Guru

Tidak hanya siswa namun nyatanya guru juga dituntut untuk bisa mendapatkan pemahaman literasi digital yang…

1 week ago

12 Tantangan Guru SD dalam Mengajar

Dalam mengajar, ada beberapa tantangan guru SD yang mungkin akan dihadapi. Karena guru SD tidak…

1 week ago