Blog

3 Tantangan Mengajar Online yang Wajib Guru Tahu

Mengajar Online Lebih Mudah dengan Pijar Sekolah

Apa kendala terbesar yang Anda alami saat mengajar online? Pertanyaan yang jawabannya mungkin seragam karena dialami hampir semua guru. Situasi kelas yang kurang kondusif dan tidak interaktif mungkin salah satunya. Hal ini seharusnya menjadi perhatian banyak pihak agar tujuan pembelajaran tetap tercapai secara optimal. Guru, murid, dan orangtua perlu bekerjasama untuk beradaptasi dengan sistem belajar yang baru di tengah berbagai kendala dan tantangan yang harus dihadapi bersama.

Ragam Tantangan Mengajar Online

Berikut ini beberapa tantangan mengajar online yang mungkin Anda sedang alami.

1. Proses pembelajaran kurang efisien

Kendala utama dalam proses belajar online adalah kurangnya interaksi antara guru dan murid sehingga pembelajaran menjadi kurang efisien. Guru harus membuat materi kelas, memastikan semua murid hadir, serta memantau dan mengevaluasi proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Tak jarang guru harus membuat materi kelas dengan format baru dan mengirimkannya kepada para murid. Guru juga perlu memastikan semua jadwal yang telah disusun dapat berjalan semestinya.

Banyak hal yang harus disiapkan para guru saat belajar online dan semua akan lebih mudah dengan Pijar Sekolah. Fitur yang dihadirkan bertujuan untuk membuat proses belajar mengajar online menjadi lebih interaktif melalui fitur Buku Digital, Video Pembelajaran, dan Laboratorium Maya

2. Kurangnya pengawasan guru kepada murid

Saat belajar online, guru cenderung kesulitan untuk menilai apakah murid benar-benar hadir saat kelas berlangsung. Sebagai solusinya, beberapa sekolah mengecek kehadiran siswa dengan cara memanggil nama satu per satu. Pijar Sekolah memahami situasi ini dan membuat fitur absensi yang memudahkan para guru mengecek kehadiran dan partisipasi siswa di kelas. Melalui fitur ini guru dapat mengetahui apakah siswa hadir, izin, sakit, atau alpha saat kelas.

3. Pengumpulan dan evaluasi tugas masih dilakukan secara manual

Selama belajar daring, semua tugas dan ujian diberikan dan dikumpulkan secara online. Pijar Sekolah menghadirkan fitur Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi untuk memudahkan guru membuat jadwal ujian, menyiapkan soal-soal, dan memberikan nilai ujian secara terotomatisasi sehingga siswa dapat mengetahui hasilnya secara cepat. Fitur ini juga memudahkan para guru untuk membuat dan menambahkan paket soal tanpa melalui proses manual sehingga Bank Soal menjadi lebih terorganisir.

 

Nah, itu tadi beberapa tantangan mengajar online dan cara mengatasinya. 

Kalau guru ingin proses belajar mengajar terasa lebih mudah untuk dilakukan, yuk gunakan platform Pijar Sekolah.

Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi, dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

pijar

Recent Posts

Anti Gagal! 5 Tips Menjadi Guru Favorit yang Disukai Banyak Siswa

Menjadi guru favorit tentu merupakan keinginan semua guru. Karena menjadi guru favorit akan membuat guru…

1 day ago

4 Tantangan Mengajar Siswa Berkebutuhan Khusus

Dilansir Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (KPPA), anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami…

1 week ago

Guru Wajib Tahu! 5 Pilihan Pekerjaan Sampingan Untuk Guru

Pekerjaan sampingan pada dasarnya tidak hanya bisa didapatkan oleh karyawan yang bekerja di kantor saja lho,…

2 weeks ago

7 Tips Sukses Mengadakan Study Tour

Study tour adalah suatu kegiatan diluar proses belajar mengajar yang dilakukan untuk menambah ilmu para…

4 weeks ago

Guru Wajib Tahu, 6 Cara Mengembangkan Growth Mindset

Tidak hanya siswa, pada dasarnya growth mindset juga harus dimiliki oleh seorang guru lho. Nah,…

1 month ago

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Pengumuman Kelulusan Online

Kalau dulu saat lulus ujian diumumkan dengan cara ditempel di dinding dan siswa harus melihatnya…

1 month ago