Blog

Pentingnya Sambutan Hari Pertama Sekolah dan Contohnya

Kamu semua mungkin pernah mengalami malas-malasan masuk sekolah, terutama di tahun ajaran baru, apalagi kalau kamu adalah siswa baru yang belum punya teman dan harus beradaptasi. Kepala sekolah dan wali kelas biasanya memberikan sambutan pada siswa. Yuk, simak contoh sambutan hari pertama sekolah di bawah ini, lengkap dengan tips membuatnya!

Pentingnya Sambutan Hari Pertama Sekolah

Perasaan setiap siswa mungkin berbeda di hari pertama sekolah, tapi kebanyakan merasa gugup. agak malas, yang bercampur dengan perasaan senang. Sudah menjadi tugas tenaga pendidik untuk membantu siswa merasa mereka disambut di hari pertama sekolah supaya mereka bisa merasa nyaman dan lebih semangat belajar dan beraktivitas kembali. Salah satu caranya adalah dengan memberi kata-kata sambutan yang positif. 

Berikut ini beberapa alasan kenapa sambutan sangat penting di hari pertama sekolah:

1. Menciptakan Suasana Hangat di Sekolah

Bagi siswa yang sudah menjalani pendidikan di sekolah, tentu sudah familier dengan suasana keseharian sekolah tersebut. Tapi bagi siswa baru, hari pertama sekolah bisa jadi merupakan momen yang sangat asing dan membuat mereka kurang nyaman. Karena itu, kata sambutan dari guru dan kepala sekolah di hari pertama sekolah bisa menjadi penghangat suasana. 

Jika guru dan kepala sekolah membuka hari pertama dengan suasana yang ramah, maka siswa lainnya juga akan mengikuti dan mengimbangi suasana awal tersebut. Siswa baru pun jadi lebih terbuka dengan satu sama lain dan lebih mudah mendapat teman baru. Siswa baru juga akan merasa para guru lebih mudah diajak berkomunikasi. 

2. Waktu yang Tepat untuk Memberi Brief

Selain sebagai penanda awal tahun ajaran baru, sambutan di hari pertama sekolah juga merupakan saat yang tepat untuk sekaligus memberi brief kepada seluruh siswa. Kanya saja, pastikan brief yang diberikan di sambutan tidak terlalu panjang, karena siswa akan kehilangan konsentrasi. 

Berikan poin-poin penting akan apa yang akan dihadapi dan dilakukan siswa di hari pertama atau selama mereka menempuh pendidikan di sekolah tersebut. Tak perlu menyertakan detail, serahkan tugas ini kepada wali kelas masing-masing. 

3. Menciptakan Rasa Persatuan di Antara Siswa

Sambutan di hari pertama sekolah dengan kata-kata yang positif intinya adalah menyambut siswa baru dan siswa lama yang kembali belajar di sekolah. Berada di tempat yang sama, karena itu dari sambutan akan menciptakan rasa persatuan di antara para siswa maupun guru. Kebanyakan memiliki tujuan yang sama dan bisa bekerja sama untuk mencapainya. 

4. Memberi Contoh pada Staf dan Guru untuk Bersikap Ramah

Saat kepala sekolah memberi sambutan pada siswa, sebenarnya ini juga menjadi contoh untuk para guru bagaimana menciptakan suasana yang positif. Para guru pun akan berusaha menjaga suasana tersebut sampai di ruang kelas. 

Tips Membuat Sambutan Hari Pertama Sekolah

Sedikit sekali siswa yang suka mendengarkan pidato sambutan, apa pun acaranya, yang membosankan. Karena itu, beberapa tips membuat sambutan untuk hari pertama sekolah adalah:

  • Buat sambutan yang tidak terlalu panjang agar siswa tertarik mendengarkan dan tidak bosan
  • Buatlah sambutan yang terdiri dari pembukaan, isi, dan penutup
  • Berikan kalimat-kalimat yang memberi semangat
  • Gunakan kata-kata dan intonasi yang positif agar para siswa semangat memulai tahun ajaran baru
  • Sampaikan sambutan hari pertama sekolah dengan wajah tersenyum, sehingga selaras dengan kalimat di sambutan dan semangatnya terpancar.

Contoh Kalimat Sambutan Hari Pertama Sekolah

Berikut ini beberapa contoh kalimat sambutan yang bisa digunakan di hari pertama sekolah:

  1. Selamat datang, para siswa baru! Mari kita jadikan tahun ajaran baru ini istimewa dengan rasa haus yang tiada henti untuk menimba ilmu. Semoga kita semua sukses!
  2. Selamat datang kembali! Semoga kalian menghabiskan masa liburan dengan menyenangkan. Sekarang, saatnya menjalani tahun ajaran baru yang lebih baik lagi ke depan.
  3. Kami semua senang melihat wajah-wajah siswa baru di sini. Para guru memiliki misi untuk membantu setiap siswa untuk mengembangkan proses berpikir. Hal apa pun yang kamu butuhkan, tanyakan saja pada guru karena kami selalu ada!
  4. Semoga kalian semua menghabiskan waktu liburan dengan menyenangkan sehingga semangat lagi untuk menjalani tahun ajaran baru dan belajar kembali. Selamat datang!
  5. Selamat datang siswa tahun terakhir! Bersikaplah saling menghormati, penuh kasih sayang, dan saling memberi perhatian saat memulai perjalanan akhir kalian di sekolah ini. Begitu keluar dari sini, kalian akan memasuki dunia baru dengan menyimpan kenangan indah di sekolah ini  dan rasa bangga!
  6. Selamat datang di hari pertama sekolah! Kami, para guru, sangat bersemangat untuk menjalani tahun ajaran baru ini bersama para siswa baru dan siswa kelas ___ dan ___. Semoga tahun ajaran kalian kali ini sukses dan menyenangkan!
  7. Liburan kalian menyenangkan? Nah, sekarang saatnya kembali lagi ke aktivitas sekolah untuk menyambut kesuksesan kalian di akhir tahun ajaran. Selamat datang!
  8. Sudah siap menjalani tahun ajaran baru? Karena kami semua, para guru, sudah siap! Mari kita mulai bermitra di kelas, laboratorium, dan lapangan untuk melewati setiap pelajaran dengan baik. Mari nikmati perjalanan tahun ajaran ini bersama!
  9. Senang sekali melihat para siswa yang segar setelah liburan! Sudah siapkan memulai tahun ajaran baru? Mari kita sama-sama belajar dengan semangat agar sukses kedepannya dan mendapat nilai yang memuaskan.
  10. Para guru senang melihat sekolah kembali ramai dengan senyuman dan suara ramai para siswa. Kami harap, para siswa juga sama semangatnya di kelas untuk kembali belajar. Selamat datang di tahun ajaran baru dan semoga sukses!
  11. Selamat datang, para siswa baru! Para guru percaya kalian akan mampu menjalani hari-hari di sekolah dengan menyenangkan. Mari capai banyak hal di tahun ajaran kali ini. Yuk, kita mulai tahun ajaran baru ini!
  12. Selamat datang para siswa! Tahun ajaran baru kali ini akan menjadi pengalaman yang berharga untuk kalian semua. Jangan disia-siakan, selamat belajar dan bersenang-senang!
  13. Kami, para guru, ikut bersemangat melihat wajah bersemangat kalian di hari pertama sekolah. Ini adalah awal yang baik untuk memulai perjalanan baru kalian!
  14. Kami ucapkan semoga sukses pada kalian semua di tahun ajaran baru ini. Para guru siap untuk membantu kalian mewujudkan impian!

Itu dia berbagai contoh sambutan hari pertama sekolah yang dapat berdampak positif untuk menyemangati para siswa memulai tahun ajaran baru. Dapatkan berbagai info menarik tentang pendidikan di Pijar Sekolah, platform pembelajaran digital yang kekinian dari PT Telkom Indonesia. Simak info lengkap Pijar Sekolah di webnya, yuk!

pijar

Recent Posts

Mengenal Tips Menerapkan Micro Teaching dan Penjelasan Lainnya

Micro teaching banyak disebut dan diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mengasah kemampuan guru dalam bidang…

3 days ago

Sistem Informasi Manajemen Sekolah: Pengertian, Kelebihan dan Kendalanya

Sistem informasi manajemen sekolah menjadi hal yang krusial dan membutuhkan penataan lebih bagus dan terstruktur…

7 days ago

Metode Mengajar Peer Teaching: Pengertian, Tujuan dan Contoh Penerapannya

Sudah banyak jenis metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk memberikan pemahaman maksimal pada siswa yang…

1 week ago

Metode Mengajar Kolaboratif: Pengertian dan Keuntungan yang Diberikan

Metode mengajar kolaboratif memang sudah sejak lama ada bahkan penerapannya juga tidak mengalami masalah saat…

1 week ago

Ini Dia Penjelasan Pentingnya Literasi Digital Bagi Guru

Tidak hanya siswa namun nyatanya guru juga dituntut untuk bisa mendapatkan pemahaman literasi digital yang…

1 week ago

12 Tantangan Guru SD dalam Mengajar

Dalam mengajar, ada beberapa tantangan guru SD yang mungkin akan dihadapi. Karena guru SD tidak…

2 weeks ago