cms yang digunakan untuk membuat aplikasi manajemen perpustakaan

Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

cms yang digunakan untuk membuat aplikasi manajemen perpustakaan

cms yang digunakan untuk membuat aplikasi manajemen perpustakaan - ada beberapa CMS yang dipergunakan untuk membuat perpustakaan seperti pijarsekolah.id, drupal

cms yang digunakan untuk membuat aplikasi manajemen perpustakaan – Pada saat ini ada beberapa CMS yang dipergunakan untuk membuat perpustakaan digital:

cms yang digunakan untuk membuat aplikasi manajemen perpustakaan : Pijarsekolah.id

cms yang digunakan untuk membuat aplikasi manajemen perpustakaan salah satunya adalah Pijar sekolah, pijar sekolah adalah platform pendidikan terpadu untuk kebutuhan sekolah, Pijar sekolah memiliki modul buku digital yang dapat membuat perpustakaan digital untuk sekolah tanpa harus memiliki dan merawat buku fisik yang dapat cepat rusak dan terbatas dalam pengaksesannya oleh siswa, selain itu pada Pijar Sekolah sudah terdapat video pembelajaran dan buku digital yang siap digunakan oleh siswa sehingga sangat mempermudah siswa dalam belajar, Untuk mengimplementasi buku digital menggunakan pijar sekolah tidak dibutuhkan tim IT khusus karena aplikasi pijar sangat mudah untuk digunakan sehingga karyawan ataupun guru sekolah dapat membangun perpustakaan digital sekolah secara mandiri maupun dapat dipandu oleh tim support pijar sekolah. 

Slims

SLiMS (Senayan Library Management System) adalah CMS open source berbasis web yang dibuat oleh kemendikbud dan digunakan untuk mengelola koleksi cetak yang ada di perpustakaan kemendikbud.

WordPress

WordPress adalah CMS multifungsi yang juga bersifat open source dan ditulis dalam Bahasa PHP dan menggunakan My SQl database, cms ini dapat dipergunakan untuk membuat company profile, online shop hingga perpustakaan digital.

dapat di buka pada wordpress official site

Joomla

Joomla sama seperti dengan wordpress yang memiliki multifungsi yang dapat dipergunakan sebagai perpustakaan digital.

dapat di download di joomla offcial site

Drupal 

Drupal adalah sistem manajemen konten yang memiliki fitur yang sama seperti wordpress dan joomla, selain itu dapat juga dipergunakan sebagai CMS untuk perpustakaan digital.

dapat di download di drupal official site

untuk mengimplementasi CMS slims, wordpress, joomla dan drupal sebagai cms perpustakaan ini membutuhkan:

  1. Tim IT yang mengerti akan teknis penginstalan dan konfigurasi dari domain dan server karena hal ini cukup kompleks bagi sebagian orang.
  2. Server yang dapat dipergunakan untuk menginstall system 
  3. Perlu memiliki tim IT yang dapat melakukan kustomisasi dari cms yang dipergunakan, karena cms ini bersifat multifungsi maka tampilan dan fitur yang dipergunakan harus dibangun dari awal selain itu tim IT perlu memiliki pengetahuan cara melakukan kustomisasi agar CMS dapat bekerja sebagai mestinya.
  4. Tim IT yang melakukan maintenance secara berkala untuk memastikan operasional dari aplikasi manajemen perpustakaan berjalan dengan lancar.
  5. Mengerti cyber security untuk menghindari pencurian ataupun pengrusakan file file penting perpustakaan ataupun sekolah seperti karya ilmiah akibat virus dan juga mencegah terjadinya hacking ataupun defacing website yang akan berpengaruh terhadap citra sekolah.
  6. Pada sebagian cms berkemungkinan akan tidak mendapatkan update akibat perusahaan pembuat cms tersebut mati, maka dari itu aplikasi manajemen perpustakaan yang telah dibuat harus melakukan migrasi ke cms lain dari awal untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *