e-library - Perpustakaan yang Menyediakan Buku Online - Pijar Sekolah

Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

E-Library – Perpustakaan yang Menyediakan Buku Online

e library untuk sekolah

Pijar SekolahE-library  dengan meningkatnya tantangan perpustakaan tradisional di era digital, penting untuk memilikinya untuk setiap perpustakaan sekolah maupun kampus  saat ini. Perpustakaan tidak lagi bangga memiliki banyak koleksi di rak mereka. Hal ini dikarenakan pencarian informasi dari pengguna yang memberikan layanan telah berubah dengan adanya kemajuan teknologi informasi. perpustakaan dapat bertahan sejalan yang diharapkan kemajuan teknologi, maka  digital library mampu mengembangkan dirinya lebih jauh. Contohnya seperti membentuk perpustakaan digital atau digital library. Menggunakan perpustakaan digital dengan perpustakaan sekolah kamu akan membuat kamu terlihat lebih profesional.Dengan meningkatnya tantangan perpustakaan tradisional di era digital, penting untuk memilikinya untuk setiap perpustakaan sekolah maupun kampus untuk saat ini.

Konsep e-library dengan berbagi inovasi tidak hanya perlu mencari informasi di lingkungan akademik, tetapi juga merambah setiap aspek kehidupan masyarakat karena merambah semua pengetahuan masyarakat. Perpustakaan mengikuti kemajuan  diadopsi pada tahun 2007 UU Perpustakaan No. 43. Dikatakan pada Bab V, Pasal 114 (3) menyatakan semua perpustakaan harus dikembangan peayanannya dalam menanggapi kemajuan dari teknologi komunikasi dan informasi. Beragamnya kegampangan, kecepatan, ketepatan, dan informasi membawa tuntutan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga perpustakaan intelijen mendemokratisasikan peran, tugas, dan fungsi utama perpustakaan.

Harus didefinisikan sebagai badan intelijen. Tugas perpustakaan profesional harus cepat dan mudah, dan informasi tersedia untuk umum dalam format teks, audio, dan video serta bisa diakses online. Perpustakaan sebagai badan intelijen publik yang mengumpulkan, menyediakan, mengatur, mendistribusikan, dan menggunakan informasi tidak memiliki pilihan selain bekerja sebagai perpustakaan profesional untuk menerapkan digital library

Apa itu E-library? Pengertian, Tujuan , Manfaat Serta Kelebihan dan Kekurangan dari Perpustakaan Elektronik

Pengertian e library definisi diberikan oleh ahli perpustakaan, namun pada kenyataannya digital library seperti perpustakaan biasa dengan prosedur yang terkomputerisasi.Tidak diragukan lagi, digital library adalah perpustakaan digital memiliki sebagian besar buku koleksinya dapat diakses baik secara offline maupun online melalui internet komputer. Selanjutnya, dalam artikel ini mengumpulkan lima pengertian digital library untuk melengkapi pengertian dari diatas sebagai berikut:

1. Definisi E – library / digital library menurut ahli

  1. Pengertian dari Arms  Sulistyo Basuki (2003)

    “Informasi, kumpulan informasi layanan yang dikelola disimpan dalam format digital dan dapat diakses melalui jaringan, terhubung dengan kami. Bagian penting dari ini definisi adalah manajemen informasi. Selain itu, sesuai elemen yang dibutuhkan oleh perpustakaan digital/elektronik, teknologi komunikasi  informasi dari  yang tersebar di seluruh lokasi, perkembangan digital library transparan kepada pengguna yang mencari hingga universal akses ke layanan digital

  2. Pengertian Federasi Perpustakaan Digital

    e library indonesia didefinisikan sebagai berikut. “digital library adalah sekumpulan kelompok yang mempersiapkan SDA, seperti staf profesional tujuanya memilih dan menyusun serta menyajikan intelektual, memelihara integritas, dan daya tahan yang langgeng. Komunitas tertentu atau kumpulan wadah digital untuk membuat kelompok komunitas ramah dan tersedia ekonomis

  3. Pengertian Griffin (1999: 29)

    data  besar yang diorganisir oleh alat manajemen informasi. Suatu cara di mana file dapat disajikan menjadi informasi dan kecerdasan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam  organisasi dan sosial masyarakat . Ini berarti bahwa digital library membutuhkan varian terbaru dari akses informasi dan arti luas penggunaan pengguna.

  4. Pengertian Konferensi Internasional  2004,

    perpustakaan terbaru di mana informasi diperoleh, disimpan dan diakses dalam format digital. e library adalah sekelompok workstation yang saling berhubungan yang dihubungkan oleh internet yang memiliki kecepatan tinggi.

  5. Pengertian Romi dan Satria Wahono (1998)

    seperti buku (tulisan), gambar, audio dalam format file terbaru melalui jaringan komputer dengan menggunakan protokol terbaru. digunakan. Dari kelima pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa digital library atau “digital library” adalah “perpustakaan yang sebagian atau seluruh koleksinya  dalam format digital dan bisa diakses secara online melalui internet komputer (network)”. lakukan. Di luar pertimbangan di atas pada prinsipnya,e library tidak jauh beda dengan perpustakaan biasanya dengan berbagai bentuk media: koleksinya, pengembangan katalognya,anggota organisasi dan layanan koleksinya, dan penyimpanannya.

Untuk mengetahui lanjut hal ini, Mengklasifikasikan  beberapa elemen perpustakaan  menjadi tiga kelas: data, metadata, dan proses. Data merupakan bahan pustaka, metadata merupakan informasi yang berkaitan dengan perpustakaan dan bahan pustaka, dan proses merupakan suatu fungsi aktif yang dilaksanakan oleh semua elemen perpustakaan.

2.Tujuan dari e library atau perpustakaan elektronik

Tujuan e library pada umumnya sama seperti tujuan perpustakaan biasanya akan tetapi hanya dalam bentuk modernisasi untuk mengikuti perkembangan zaman teknologi yang sudah sangat maju.

Pada umunya, Tujuan digital library adalah:

  1. Mempercepat sistematis perkembangan, pengumpulan, penyimpanan, dan pengorganisasian dalam membentuk digital library
  2.  Informasi yang disajikan beserta  pengetahuan  tentang digital, untuk meningkatkan efisiensi dan distribusi informasi yang  ekonomis terhadap berbagai sektor  dan faktor masyarakat
  3. Melakukan upaya bersama untuk berinvestasi dalam  sumber daya informasi, penelitian, komputerisasi dan  telekomunikasi.
  4.  Komunikasi menjadi sangat kuat dan kerjasama antara penelitian, bisnis, pemerintah dan  pendidikan. Ambil peran menjadi generasi yang bisa pemimpin dunia dan perantara pengetahuan di bidang-bidang yang strategis. Membantu memberikan kesempatan belajar sepanjang akhir hidup.

3. Manfaat digital library

Manfaat dari  Selanjutnya seperti dikutip Arms dalam Achmad (2006), digital library adalah:

  1. digital library menyediakan perpustakaan untuk pengguna. kamu dapat menggunakan komputer untuk mengakses dan menjelajah.
  2. informasi dapat dibagikan (co-owner),
  3. informasi mudah diperbarui (diperbarui) sepanjang hari, setiap saat, seumur hidup memungkinkan untuk mendapatkan informasi terbaru.

Manfaat dari digital library Selanjutnya menurut Wahyu Supriyanto (2008) adalah:

Sebagai sumber pengetahuan Media untuk mengkomunikasikan pengetahuan, Dalam hal penyimpanan (repositori) Untuk perawatan / pelestarian Memperkenalkan kegiatan media promosi/sivitas akademika dan menghindari duplikasi dan pencurian.

4. Kelebihan dan Kekurangan dari perpustakaan elektronik

Kelebihan digital library saat ini semuanya dapat diproses secara komputerisasi, sehingga sangat penting untuk diimplementasikan di  perpustakaan kampus yang berbeda. Kelebihan penerapan di kampus maupun sekolah adalah:

  1. Pengguna dapat mengakses Layanan Perpustakaan Digital kapan saja, di mana saja melalui Internet atau komputer.
  2.  Itu tidak membutuhkan biaya yang banyak
  3. akses mudah
  4.  Penyimpanan koleksi buku lebih aman daripada penyimpanan perpustakaan biasa 9
  5. Peminjam dan orang yang kembali tidak perlu menunggu lama untuk pinjaman / pembayaran kembali.
  6.  Pustakawan dapat memantau ketersediaan buku dari  daftar buku baru setiap saat
  7. Perpustakaan digital juga dapat melihat kinerja aktivitas pengunjung perpustakaan.
  8.  Pustakawan tidak  kesulitan melapor ke kepala pustakawan.

Kekurangan digital library  adalah:

  1. Akses Internet Jika jaringan Anda gagal, akan sulit untuk bekerja dengannya.
  2. Contoh penipuan, plagiarisme, dan kemungkinan mencuri  karya orang lain tanpa izin
  3. Mempengaruhi orang dengan produktivitas rendah terbiasa menjadi paham teknologi.
  4. Pengurangan staf perpustakaan di perpustakaan tradisional.

Contoh e library

bagi mahasiswa maupun untuk pelajar dapat kamu akses secara gratis dan sangat mudah untuk mengaksesnya atau bisa kamu download aplikasi e library :

  1. e library erlangga untuk umum
  2. e library lspr untuk mahasiswa
  3. e library fifgroup
  4. e library ugm untuk mahasiswa
  5. e library bsi untuk mahasiswa
  6. e library upgris untuk mahasiswa
  7. ais e library
  8. btpn e library
  9. e library polije
  10.  library unikom untuk mahasiswa

Baca juga artikel selengkapnya mengenai : Perpustakaan Online dan Perpustakaan Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *