Media Interaktif Dalam Pembelajaran - Pijar Sekolah

Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Media Interaktif Dalam Pembelajaran

media-interaktif-pijarsekolah.id.jpg

Media Interaktif – media interaktif adalah Layanan digital ini memungkinkan pengguna untuk meresponnya dengan konten seperti gambar bergerak, teks, video, animasi serta video game. Media interaktif ditujukan untuk mendukung partisipasi pengguna. Tujuannya sendiri masih sama dengan jenis media lainnya, tapi dalam jenis media ini pengguna akan menambahkan interaksi dan menghadirkan fitur menarik ke dalam sistem, sehingga akan memberikan efek atau dampak yang lebih baik. Media yang satu ini menggunakan media berbasis mikroprosesor, misalnya instruksi bantuan komputer, game pada komputer, sistem bimbingan cerdas, hipermedia, serta CD atau compact disk. 

Pengembangan Media Interaktif 

Cakram video analog dikemukakan oleh NV Philips. NV Philips adalah pionir teknologi dalam media interaktif. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong berkembangnya media interaktif, antara lain: 

  1. Teknologi media komputer ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1958 yang memberikan pengguna akses ke gambar analog berkualitas tinggi di layar komputer mereka. Hal ini pun meningkatkan interaktivitas sistem video. 
  2. Dikembangkan pada tahun 1970-an, konsep antarmuka pengguna grafis (GUI) dipopulerkan oleh Apple Computer, Inc. Pada dasarnya, tujuannya adalah untuk meningkatkan metafora visual, sensasi intuitif dan berbagi informasi di desktop virtual. Hal yang perlu Anda lakukan untuk pindah ke multimedia adalah tenaga ekstra. 
  3. Penurunan grafis dalam biaya perangkat keras dan peningkatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam komputasi, kecepatan media dan memori telah membuat komputer pribadi menjadi perangkat terjangkau yang dapat menggabungkan audio dan video berwarna dengan cara yang canggih.
  4. Faktor lain adalah bahwa pada tahun 1990  Microsoft merilis Windows 3.0 ke dunia mainstream klon IBM. Teknologi di Windows 3.0 ini telah mempercepat penerimaan GUI sebagai mekanisme standar untuk berkomunikasi dengan sistem komputer. 
  5. Perkembangan teknologi optik digital oleh NV Philips atau compact disc (CD) dikembangkan sekitar pada tahun 1979. Selain itu NV Philips juga mengangkat isu pengembangan media interaksi dan merupakan salah satu elemen utama dari pengembangan media interaksi

Semua faktor ini berkontribusi pada pengembangan sistem perangkat keras dan perangkat lunak domain yang dipakai dalam interaktif media.

Manfaat Media Interaktif Sebagai Pembelajaran

Manfaat media interaktif pembelajaran atau fungsi media interaktif sebagai berikut : 

  1. Materi pembelajaran yang disampaikan sangat menarik dan tidak membosankan
  2. Lebih interaktif dibandingkan dengan metode pembelajaran lainnya
  3. Hemat waktu dalam mengajar
  4. Proses belajar dan mengajar dapat dilakukan kapan dan dimana saja
  5. Fokus siswa dalam belajar bisa ditingkatkan 

Jenis Media Interaktif Sebagai Pembelajaran

jenis media interaktif dapat digunakan untuk proses belajar adalah : 

  1. Jenis Media Interaktif Sebagai E- Learning

Berikut contoh media interaktif dalam e-learning : 

  1. Moodle

Moodle adalah salah satu platform elearning berbasis php dan mysql yang paling populer. Bisa dikatakan jenis media yang satu ini dapat membantu Anda membuat jadwal  atau materi pembelajaran. Bentuknya bisa dalam bentuk program kuis atau presentasi. Moodle juga bisa digunakan guru dalam bentuk interaksi dengan siswa melalui chat forum, workshop atau survei. 

  1. Pijar Mahir

Pijar Mahir merupakan platform pendidikan dibawah naungan Telkom Indonesia hadir sebagai platform pembelajaran dan sertifikasi secara online yang memberikan kemudahan akses bagi masyarakat dalam meningkatkan keahlian dan kompetensinya sesuai dengan kebutuhan industri pada saat ini maupun mendatang.

platform ini mempunyai banyak sekali kategori seperti marketing, teknologi, self development, bahasa serta video-video untuk membangun bisnis dan umkm. 

  1. IlmuKomputer

Ilmukomputer adalah E-learning berbasis masyarakat. Web ini sendiri dibuat sebagai acara khusus untuk matematika dan subjek ilmiah. Manfaat dari situs web ini adalah menyediakan sejumlah bahan dengan foto animasi, sehingga mudah dan menarik dalam proses belajar. 

  1. FisikaNet

Fisikanet LIPI Output adalah situs khusus bertema fisika. Fitur yang ada adalah belajar dari sudut pandang pelajaran fisika, praktek dengan berbagai alat dan bahan, pertanyaan tentang fisika hingga ruang diskusi. 

.

  1. Jenis Media Interaktif Berbasis Web

Jenis situs media interaktif berbasis web adalah : 

  1. Wikipedia

Wikipedia adalah situs pendidikan terbesar di dunia yang memberikan gambaran umum tentang berbagai jenis materi tentang arti kata, penjelasan ilmiah, sejarah, biografi, profil negara dan banyak lagi. Wikipedia termasuk contoh media interaktif berbasis web

  1. Kelas Kita

Kelas Kita adalah situs web yang menawarkan kursus berbeda kepada pengunjung. Berbagai materi pembelajaran tersedia di halaman ini, termasuk materi tentang pengetahuan umum. 

  1. Wolfram Alpha

Wolfram Alpha adalah portal sumber belajar lengkap untuk matematika, statistik, astronomi, seni, kerajinan dan lainnya.

  1. Music Theory

Situs Music Theory menyediakan materi yang berhubungan dengan musik seperti pengenalan musik dasar, ritme, nada, akord dan tangga nada diatonis. 

  1. Wikihow

Dari situs ini, Anda akan mendapatkan banyak informasi terkait berbagai cara dalam melakukan berbagai hal seperti cara memasak, membersihkan rumah bahkan perawatan hewan peliharaan.

  1. Google Map dan Bing Map

Situs ini digunakan sebagai siswa dapat melihat peta secara nyata dan langsung

  1. Google Translate

Situs ini digunakan untuk menerjemahkan bahasa asing dari seluruh negara ke bahasa yang Anda pakai. Misalnya dari Inggris ke Indonesia atau sebaliknya. Seperti sebuah kamus, tapi Anda tidak perlu mencari per halaman, cukup mengetikkan saja kata atau kalimatnya. 

  1. Jenis Media Interaktif Berbasis Software

Berikut model media interaktif berbasis software : 

  1. Rekentest

Rekentest adalah software pendidikan gratis untuk melatih daya komputasi dengan konsep kuis. 

  1. Software Kalkulator Ilmiah Sicyon Lite 

Software Kalkulator Ilmiah Sicyon Lite adalah sebuah software kalkulator ilmiah  yang sederhana dan sangat lengkap. 

  1. Chinese Toolbox 

Dari namanya mungkin Anda sudah tahu bahwa software dengan bahasa Mandarin ini berfungsi sebagai alat untuk belajar bahasa Mandarin dari tingkat dasar. 

  1. ChemDigit 

Sedangkan software ini adalah perangkat yang membantu dalam perhitungan di pelajaran kimia 

  1. Balabolka Portable

perangkat lunak Text-To-Speech yang menggunakan komputer untuk mengubah bahasa tertulis menjadi bahasa lisan secara digital. 

  1. TinyPiano 

Software yang satu ini akan membantu Anda untuk belajar piano berbasis komputer gratis. 

  1.  Celestia Portable 

Software ini akan membantu Anda dalam memahami tentang tata surya menggunakan fitur audio visual secara terperinci. 

  1. Software  Holy Quran 

Software ini untuk media pembelajaran dalam pendidikan agama Islam dan Al-Quran.

  1. Illustrator Anatomi 

Anatomy Illustrator adalah perangkat lunak untuk mempelajari anatomi tubuh manusia melalui ilustrasi  detail. 

  1. BoneLab 

perangkat lunak untuk mempelajari kerangka manusia menggunakan gambar dan penjelasan yang sangat detail. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *