Melanjutkan Studi Ke Luar Negeri Dengan Beasiswa? Simak Tipsnya!

Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Melanjutkan Studi Ke Luar Negeri Dengan Beasiswa? Simak Tipsnya!

Beasiswa Luar Negeri

Pijar Sekolah – Kamu bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan S1 atau S2 kamu di luar negeri dengan beasiswa? Artikel ini sangat cocok untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Beasiswa untuk kuliah di luar negeri sangat banyak mulai dari beasiswa fully funded maupun beasiswa partial.  Kebanyakan semua orang ingin melanjutkan pendidikannya di luar negeri  hal ini akan dirangkum sebagai suatu pengalaman yang sangat berarti untuk sepanjang sejarah hidup kamu. Akan tetapi, untuk menggapai itu semua tidak dilakukan dengan instan tapi diperlukan suatu usaha yang keras dan sikap pantang menyerah.

Ada banyak jalur kuliah di luar negeri  yang bisa kamu jalani untuk menggapai impianmu untuk kuliah di luar negeri. Hal utama yang harus kamu lakukan adalah cari informasi yang banyak tentang kuliah di luar negeri beasiswa, dan belajarlah jadi orang yang percaya diri akan kemampuan kamu. Kamu harus punya suatu mimpi karena mimpi  membuat hidupmu menjadi lebih terarah dan jelas tujuannya.dalam artikel ini akan dibahas cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri untuk kamu. Yuk simak juga beberapa tips kuliah di luar negeri beasiswa.

4 Jalur Kuliah di Luar Negeri dengan Beasiswa

Kemungkinan tidak banyak orang yang mengetahui, bahwa pada umunya ada banyak sekali jalur kuliah di luar negeri dengan beasiswa yang dapat kamu ikuti. Mengingat bahwa banyak masyarakat Indonesia sangat tertarik untuk mencoba beasiswa kuliah di luar negeri untuk lulusan sma. Berikut jalur kuliah di luar negeri dengan beasiswa :

1. Jalur Beasiswa dengan prestasi

Sesuai dengan jalurnya, beasiswa ini diberikan untuk kamu pelajar yang pastinya harus memenuhi persyaratan akademik tertentu. Dengan jalur ini dapat diproses siswa sesuai dengan studi sebelumnya kamu dan persyaratan lainnya seperti banyaknya universitas luar negeri untuk mempertimbangkan keterampilan dari calon siswa mulai dari keterampilan ekstrakurikuler yang diikuti selama sekolah, skill kepemimpinan atau prestasi dari cabang olahraga.

2. Jalur Beasiswa dengan  Program Studi

Perlu kalian ketahui saat ini  telah banyak universitas, perusahaan, atau institusi lain yang menawarkan berbagai macam beasiswa untuk program gelar tertentu. Fakultas yang berbeda ini ditentukan sesuai dengan pedoman universitas masing-masing.

Oleh sebab itu, beasiswa ini diberikan untuk melakukan pendaftaran di program gelar. Ekonomi, ilmu sosial, teknik dan  banyak contoh lainnya. Tentu saja, pergi ke beasiswa semacam ini tidak menyusahkan.

3. Jalur Beasiswa dengan Kebutuhan

Jalur beasiswa ini ditujukan untuk membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan keuangan. Dengan begitu, semua calon mahasiswa bisa kuliah di luar negeri dengan beasiswa yang satu ini. Beasiswa mencakup biaya kuliah dan banyak lagi. Namun, kedua beasiswa dapat diberikan kepada calon siswa yang sama.

4. Jalur Beasiswa dengan Tujuan tertentu

Pernahkah kalian mendengar tentang beasiswa ini? Saat ini, beberapa pemerintah negara bagian dan universitas di luar negeri memberikan subsidi untuk biaya hidup. Artinya, bagi calon mahasiswa internasional yang diharapkan memenuhi persyaratan.  Tentu saja, tidak ada keberatan untuk belajar di luar negeri  dengan beasiswa. Dengan cara ini, kalian tidak perlu membayar universitas atau universitas tempat kalianbelajar.

Jenis Jenis Beasiswa yang Bisa Kamu Dapatkan

Beasiswa adalah cara yang lebih murah atau gratis untuk  melanjutkan pendidikan kalian. Saat ini  banyak sekali beasiswa kuliah di luar negeri yang ditawarkan dari berbagai sumber. Nilai nominal bukan satu-satunya informasi beasiswa, yang terpenting kamu perlu mengetahui. Ada banyak informasi  yang perlu diketahui, seperti kriteria, lokasi, durasi, dan syarat mendaftar program beasiswa. Informasi ini sangat penting untuk membantu kalian memilih beasiswa yang sesuai dengan permintaan dan keterampilan kalian. Nah, berikut informasi dari Pijar sekolah tentang berbagai  jenis beasiswa yang harus kalian ketahui:

1.Penuh Beasiswa tidak hanya mencakup biaya pelatihan

tetapi juga mendanai kebutuhan dukungan lain yang sedang dipelajari oleh pemegang beasiswa, seperti tempat tinggal, perjalanan, akomodasi, asuransi, fasilitas pendukung belajar, dan infrastruktur. Bahkan, ada beasiswa penuh yang mencakup kehidupan keluarga penerima.

2. Beasiswa Parsial

Dari namanya dapat disimpulkan bahwa beasiswa parsial hanya mencakup sebagian dari total biaya yang diperlukan selama pendidikan dengan syarat ketentuan yang berlaku. Penyedia beasiswa (juga dikenal sebagai sponsor) menanggung biaya penelitian prioritas yang tidak mampu kalian tanggung. Sebagai aturan umum, beasiswa parsial dari sponsor hanya dapat ditawarkan dalam bentuk uang sekolah atau akomodasi, atau dalam bentuk kursus jangka pendek.

3. Beasiswa Pemerintah

seringkali menawarkan beberapa jenis beasiswa yang dapat mereka lakukan. Kementerian yang berbeda menawarkan beasiswa yang berbeda tidak hanya dapat diikuti oleh pegawai departemen tetapi juga peserta. Contoh  beasiswa  populer pemerintah adalah  beasiswa  Kementerian Keuangan (LPDP), beasiswa Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan  beasiswa LIPI.

4. Beasiswa  Swasta perorangan

diberikan oleh korporasi atau lembaga besar yang berbentuk korporasi. Sebagian besar  diberikan dalam bentuk program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Jenis beasiswa didasarkan pada bidang studi yang mengacu pada industri kalian  sendiri.

5. Beasiswa Program Internasional

berasal negara maju merupakan bentuk kerjasama eksklusif antara negara maju dan berkembang di bidang pendidikan dan kemasyarakatan. Beasiswa ini bertujuan tidak hanya untuk membuat siswa lebih mudah mengakses institusi dan infrastruktur pendidikan yang lebih baik, tetapi juga  untuk memperkuat pusat-pusat penelitian di negara-negara berkembang yang potensial.

6. Program beasiswa yang ditawarkan umumnya sesuai dengan nilai-nilai organisasi/komunitas/yayasan.

Misalnya, beasiswa  Hasri Ainun Habibie Orbit Foundation merupakan komitmen  Ainun untuk menjadikan anak-anak Indonesia berprestasi, namun terkendala biaya untuk memperoleh ilmu setinggi-tingginya.

7. Beasiswa Universitas

Sebagai salah satu lembaga pendidikan berkelanjutan, universitas juga menawarkan berbagai hibah ilmiah. Selain mahasiswa itu sendiri, ada juga beasiswa untuk mahasiswa di luar universitas bahkan di luar negeri sendiri. Bentuk ini dapat berkisar dari hibah penelitian, hibah olahraga hingga program pertukaran pelajar.

8. Pemberian Beasiswa  diberikan kepada kalian yang memiliki prestasi atau prestasi akademik yang sangat baik.

Metrik adalah metrik kumulatif  nilai  bagi mereka yang masih bersekolah, atau kinerja akademik rata-rata. Selain prestasi akademik, mahasiswa dan mahasiswa yang terlibat dalam berbagai kegiatan non-akademik menjadi salah satu prasyarat untuk menerima beasiswa jenis  ini.

9. Beasiswa dikhususkan

diberikan kepada siswa yang tidak mampu secara finansial tetapi memiliki prestasi akademik yang sangat baik yang layak untuk menerima pendidikan  lebih lanjut.

10.Beasiswa Penelitian

memberikan kesempatan kepada pemegang beasiswa untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan bidang studinya. Asalnya bisa dari universitas kalian masing masing ataupun perusahaan, atau instansi pemerintah yang mempunyai proyek penelitian dan membutuhkan ilmuwan yang berkualitas.

11. Beasiswa Non-Akademik

Banyak institusi atau universitas tertentu saat ini menawarkan Beasiswa pendidikan kepada mereka yang berprestasi di luar dunia akademik. Dalam contoh beasiswa olahraga, jika kalian berhasil bergabung dengan unit olahraga dan dapat  mengharumkan nama universitas, kalian akan dibebaskan dari biaya studi di universitas tersebut.

12. Beasiswa ikatan dinas

mengharuskan pemilik beasiswa untuk “mengikat” sponsor sebagai interaksi yang saling menguntungkan. Jika kalian setuju untuk menerbitkan obligasi, kalianbiasanya harus bekerja dengan agen untuk kuliah di luar negeri atau perusahaan sponsor untuk jangka waktu tertentu. Poin positifnya adalah satu dayung, dua atau tiga pulau berpotongan.

Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri

Bagaimana cara mendapatkan beasiswa di luar negeri? Berikut cara mendapatkan beasiswa di luar negeri yang bisa kamu persiapkan dari sekarang :

  1. Pilihlah bidang studi atau keterampilan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu
  2. Siapkan dokumen penting seperti esai, CV, surat rekomendasi dari tempat pendidikan kamu sebelumnya, ijazah dan rapot sediakan dalam bentuk bahasa inggris juga ya
  3. Kamu harus lolos dalam tahap interview, kamu harus pelajari tips agar lolos seleksi wawancara saat interview beasiswa nanti.
  4. Tingkatkan nilai tes kamu, biasanya beasiswa luar negeri membutuhkan lisensi sertifikat berbahasa inggris seperti TOEFL, TOEIC, dan IELTS dengan skor minimal 500 untuk TOEFL. Jika kamu mengambil beasiswa luar negeri korea maka kamu harus mempunyai sertifikat TOPIK minal mengikuti level 4 . Kuliah di luar negeri tanpa bahasa inggris bisa jika kamu memilih beasiswa dari negara arab, rusia, dll. 

Bagaimana dengan cara kuliah di luar negeri yang telah diberikan? Cukup mudah tapi butuh kesabaran dan usaha yang besar. Jadi mulailah untuk mencicil persiapannya dari sekarang. Semangat para Hunter Scholarship! Selalu yakin kan dirimu dan tanam rasa percaya diri atas kemampuan kamu kemudian berdoalah agar usaha kamu tidak sia-sia. Untuk Tips mendapatkan beasiswa luar negeri akan dibahas di artikel selanjutnya – Panduan Lengkap Serta Tips dan Trik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *