Motivasi Belajar Online Untuk Menciptakan Suasana Belajar Di Sekolah -

Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Motivasi Belajar Online Untuk Menciptakan Suasana Belajar Di Sekolah

Motivasi belajar online dalam covid-19

Pijar sekolah – Dalam zaman pandemi ini kegiatan belajar sudah pastinya dijalankan dirumah hingga saat ini dan masih belum ada pemberitahuan untuk melangsungkan kegiatan belajar di sekolah. Tentunya, proses belajar menjadi terhambat karena timbul dari sifat malas belajar. Untuk itu sangat diperlukan motivasi belajar online karena covid 19.

Pengertian motivasi merupakan acuan untuk membangkitkan semangat diri seseorang dalam melakukan kegiatan untuk mencapai suatu tujuan. Pengertian motivasi diartikan sebagai segala sesuatu yang mendorong atau mengilhami  untuk melakukan sesuatu.  Dengan kata lain etimologis, motivasi merupakan asal kata dari bahasa Inggris. Dengan kata lain, “motivasi” berarti “kekuatan batin” atau dorongan”. Oleh karena itu, konsep motivasi adalah menggerakkan orang untuk melakukan sesuatu untuk tujuan tertentu. 

Jenis motivasi 

untuk memotivasi orang melakukan apa yang dilakukan dalam hidup mereka. Namun, pada dasarnya ada 2 jenis motivasi: 

  1. Motivasi penting motivasi esensial adalah keyakinan seseorang untuk melakukan kegiatan sesuatu yang dipicu oleh faktor pendorong internal, tidak terpengaruh oleh orang lain, dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu. 

 Misalnya, seseorang akan dapat bekerja untuk mendapatkan penghasilan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

  1. Motivasi eksternal Pengertian motivasi eksternal adalah keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu yang dipicu oleh beberapa faktor pendorong dari luar guna mencapai keuntungan untuk dirinya.

Banyak anak sekolah di beberapa daerah yang naik turun untuk  mendapatkan jaringan sinyal internet. Sistem pembelajaran  tatap muka, umumnya dikenal sebagai “garlings” atau guru perjalanan, diterapkan dengan  mematuhi protokol kesehatan, tetapi tidak bekerja secara efektif. Karena pandemi COVID-19, itu meningkat di beberapa daerah. Selain itu, saat ini sudah ada pedoman pembatasan sosial. Semangat belajar mereka semakin berkurang dari hari ke hari sejak pedoman proses  belajar mengajar online untuk semua siswa dari SD hingga SMA disahkan setahun yang lalu. Nyatanya, banyak siswa yang mengeluhkan banyaknya tantangan yang ditawarkan guru. Di sisi lain, dalam hal bahan ajar, siswa seringkali tidak  memahaminya dan hanya mengandalkan bahan ajar dari internet. 

Ditambah lagi dengan adanya biaya tambahan bagi orang tua untuk memberikan kredit atau kuota belajar kepada anaknya. Anggaran pemerintah  sebesar Rp 8,9 triliun, yang bertujuan untuk mempromosikan kacang-kacangan dan alokasi internet untuk siswa, guru, siswa dan guru. Namun, tidak semua orang tua mengetahui promosi rating internet. Terkadang mereka tidak tahu cara mengakses dan menggunakan program peluang internet gratis. Banyak orang tua takut bahwa anak-anak yang tampak termotivasi dan antusias dapat mengembangkan penyakit mental yang menyebabkan kebosanan dan acuh tak acuh terhadap kewajiban siswa mereka. Orang tua juga bingung karena tidak hanya menjadi guru sukarela untuk anak-anaknya, tetapi juga harus berbagi peran  dengan merawat keluarga dan mengubah peran  guru. Tetapi untuk orang tua yang memiliki lebih banyak peluang finansial. Mereka rela merogoh kocek lebih dalam  untuk memberikan les tambahan kepada anaknya agar lebih memahami materi. Memang, peran orang tua di rumah merupakan salah satu bentuk motivasi selama belajar online sebagai peran guru di sekolah

Disinilah peran penting orang tua dalam memotivasi anaknya dalam segala hal. Meski memiliki peran ganda, orang tua dituntut untuk menjadikan anaknya sebagai panutan dengan memberikan pendidikan, membimbing dan memotivasi mereka untuk menjadi lebih aktif. Anda juga perlu mengubah dan memperbarui aktivitas Anda agar dapat bekerja di rumah tanpa merasa bosan. motivasi belajar online saat pandemi Salah satunya adalah orang tua  memberikan  makanan kesukaan anaknya, mengajaknya jalan-jalan di akhir pekan, memberikan hadiah saat ingin belajar, dan memberikan kebebasan dalam berbagai hal. dorongan. Untuk bermain ketika semua kewajiban mereka terpenuhi. Itu dilakukan untuk membuat Anda merasa lebih baik. Ingatlah bahwa semua ini tetap dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan. Kita harus terus membesarkan anak-anak kita sehingga kita dapat menumbuhkan generasi dengan semangat  belajar  dan pendidikan yang lebih tinggi. Meski masih banyak kendala yang  dihadapi  orang tua selama masa pandemi ini.

Baca Selengkapnya :Suka Duka Belajar Online, E-learning, Belajar Online,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *