Perpustakaan Online - Membantu Siswa Belajar dari Rumah

Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Perpustakaan Online – Membantu Siswa Belajar dari Rumah

Membahas semua mengenai perpustakaan online dari cara implementasi, aplikasi serta list untuk seluruh link perpustakaan online

Perpustakaan online harus dikembangkan lebih luas kembali dan sudah tidak dipungkiri bahwa kemajuan teknologi sudah sangat berkembang di Indonesia. Semenjak covid-19 mewabah masyarakat Indonesia semua aktivitas belajar mengharuskan melakukan pembelajaran dari rumah. Sehingga banyak sekolah dituntut untuk menggunakan fasilitas yang berbasis aplikasi dan website untuk mengakses materi pembelajaran secara online. Terkadang banyak pihak sekolah yang mempunyai keterbatasan atau belum memiliki aplikasi atau website untuk belajar online. Sehingga pihak sekolah kebingungan dengan sistem manajemen sekolah online. Solusinya adalah sekarang ini sudah banyak platform yang menyediakan pembelajaran materi dengan K-13 seperti pijar sekolah dapat diakses oleh guru dan siswa sekolah. Pijar sekolah memiliki berbagai fitur yang dapat membantu siswa belajar dari rumah seperti fitur buku interaktif, lab maya, video materi pembelajaran, mengolah sistem manajemen sekolah untuk evaluasi guru dan ujian sekolah dapat berbasis aplikasi dan yang paling utama dari fitur yang disediakan oleh pijar sekolah adalah atau Buku Digital yang bisa dapat kamu manfaatkan untuk membantu kamu dalam belajar.

 

Pengertian Perpustakaan Online : Pengertian, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Perpustakaan Online

Pengertian perpustakaan online 

Perpustakaan Online adalah perpustakaan yang menyediakan semua jenis, kategori atau kelompok buku, artikel atau jurnal yang dapat diakses melalui perangkat elektronik seperti laptop, handphone, tab yang hanya dapat kamu baca atau pinjam secara online sehingga tidak bisa dipegang secara langsung. Dengan adanya dapat membantu kamu mengakses materi. 

Manfaat adanya Perpustakaan berbasis Online 

Buku merupakan jendela untuk melihat besarnya dunia dan kegiatan membaca merupakan bentuk kunci. Berbagai jenis portal berita kini dapat diakses online secara gratis sehingga sangat memudahkan semua orang di dalam maupun diluar negeri  mendapatkan informasi dengan segera. Saat ini, pemerintah Indonesia telah membuat situs web. Untungnya, perpustakaan ini berisi ribuan buku dan bisa di akses menggunakan alat scan-scanner dan manuskrip asli. Sepintas mungkin terlihat seperti aplikasi Google Books, tetapi memiliki perbedaan dengan perpustakaan online adalah konten yang diperbarui telah disetujui secara resmi oleh pemerintah. Kemudian,  buku asli yang tidak diterbitkan di Google Buku juga akan diterbitkan di sini. Lantas apa saja manfaat bagi seorang pelajar dari perpustakaan virtual ini?

1. Terdapat buku-buku dari Semua Perpustakaan di Indonesia 

 Manajemen adalah resmi langsung dari pemerintah, sehingga masyarakat umum dapat memuat buku-buku tentang informasi umum dan informasi yang sebenarnya tidak kamu ketahui. Akses gratis kedua buku sejarah tersebut. Selain itu, buku-buku yang diterbitkan juga dikumpulkan dari seluruh Indonesia, dan tentu saja jumlah informasinya melimpah. Di perpustakaan ini, kamu bisa membaca buku-buku yang hanya tersedia di perpustakaan-perpustakaan di wilayah Papua, bahkan jika kamu tinggal di ibukota Jakarta.

2. Kamu dapat mendisiplin waktu

Bayangkan jika diganggu  pekerjaan rumah atau pekerjaan kuliah yang menghabiskan waktu dan tenggat waktu pekerjaan sekolah yang sangat terbatas. Tidak ada waktu untuk bolak-balik antara perpustakaan dan  jumlah buku yang dapat dipinjam terbatas. Tentu saja, ini membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan pekerjaan. Tetapi,  perpustakaan online ini menjawab permasalahan semuanya. Sebelum dan sesudah, tidak ada lagi batasan kredit. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mempersiapkan diri di depan laptop atau perangkat lain. Kemudian buka web perpustakaan online kamu dan cari buku referensi yang berguna di sana.

  1. Kegunaan lain yang menghemat  jam
  2. Keunggulan agar bisa membaca dengan cepat
  3. Keunggulan kehadiran sidik jari
  4. Keunggulan abstraksi terhadap karya ilmiah.

3. Memungkinkan pencarian judul buku lebih cepat 

Apakah kamu pernah merasakan sibuk untuk mencari referensi di perpustakaan di tempat?  Menyebalkan bukan jika kamu tidak bisa menemukan buku yang kamu butuhkan. Pada situs ini melancarkan untuk mencari buku di perpustakaan digital. Kamu hanya cukup mengisi kata kunci yang terkait dengan informasi yang mereka cari dan semua buku  diperbarui agar sesuai dengan informasi yang mereka cari. Lebih mudah daripada mencari buku dan naik turun tangga

4.Referensi yang Dapat Diandalkan

 Hampir semua siswa  mencari referensi tugas di Google dan web serta blog lainnya. Pastinya  kamu pernah referensi yang dipunya bisa digunakan untuk dasar ilmiah sehingga menyelesaikan sesuatu? dapat digunakan sebagai sumber referensi online terpercaya dan terkuat. Tentu saja, buku dan informasi yang disediakan sama dengan  perpustakaan offline.

5. Tingkatkan minat baca

 Hayo, siapa yang  malas ketika harus pergi ke perpustakaan untuk mencari buku? Apakah kamu bisa pergi ke perpustakaan sambil berbaring di tempat tidur, bermain dengan teman, atau makan siang itu berbeda. Hal ini tentunya akan meningkatkan minat baca bagi masyarakat. Informasi yang mereka miliki tidak hanya sederhana dan praktis, tetapi juga ampuh, berwawasan luas, dan cerdas.

Minat bacaan ini juga dapat diperoleh di:

  1. membaca buku dongeng  untuk anak anak
  2.  Dari manfaat belajar
  3.  Dari manfaat membaca buku komik

    6. Pembentukan masyarakat agar lebih cerdas

Setelah minat membaca masyarakat meningkat. Oleh karena itu, perpustakaan ini dapat disejajarkan dengan media sosial  di benak masyarakat. Tujuan yang paling penting dari perpustakaan ini adalah “membentuk negara maju  melalui masyarakat yang memiliki otak cerdas”.

Keuntungan Perpustakaan  Online 

Itulah beberapa keuntungan menggunakan perpustakaan digital atau online. Jika dibandingkan dengan Google Books,  memiliki beberapa keunggulan, antara lain: 

  1.  Data yang bersifat Kuat dan Asli (original )
  2.  Pastinya Resmi
  3.  Sepenuhnya Gratis diakses secara online 
  4. Memiliki aplikasi perpustakaan virtual berbasis android untuk kamu yang pengguna ponsel android dan juga terdapat pada apple store atau kamu bisa langsung mengunjungi situs perpustakaan online gratis yaitu google scholar untuk mencari referensi jurnal

Kekurangan Perpustakaan Online 

Akan tetapi, di antara semua manfaat dan keunggulan dari perpustakaan  ini, penciptaan tidak dapat dihindari.  ada kekurangan perpustakaan online juga pastinya. Kamu mungkin mengalami beberapa masalah dengan perpustakaan digital ini, termasuk: 

  1.  Kesalahan basis data (file buku tidak dapat diakses atau hilang) 
  2. Serangan yang dilakukan oleh seorang peretas  
  3.  Dapat digunakan sebagai target penyadapan negara lain. 
  4.  Ada beberapa bug yang mempengaruhi kinerja aplikasi perpustakaan online berbasis web
  5.  Ada banyak pengguna ponsel cerdas, tetapi tidak dapat digunakan sebagai aplikasi. Akan tetapi pijar sekolah memiliki buku digital untuk pembelajaran siswa
  6. Data yang mudah dimodifikasi (mungkin akibat serangan peretas yang memodifikasi beberapa item dan konten buku di perpustakaan online, sehingga menyebarkan informasi palsu).
  7.  Tidak semua lapisan masyarakat mengetahuinya karena tidak ada publikasi. 
  8. Terkadang terganggunya dalam mengunduh atau download aplikasi perpustakaan online 

Fungsi Perpustakaan Berbasis Online

  1. Tanpa biaya karena dapat diakses secara online 
  2. Dapat membuka semua informasi secara luas yang sudah diterbitkan
  3. Jenis judul, kategori dan kelompok buku pastinya diperbaharui setiap harinya
  4. Tidak harus repot untuk bolak balik perpustakaan untuk mengembalikan buku dan tidak perlu membayar denda jika lewat tanggal pengembalian bukunya.

Bagaimanakah Sistem Perpustakaan Online di Jalankan?

Perpustakaan yang diakses secara online pastinya memiliki sistem perpustakaan online yang dapat digunakan untuk menjalankan sistemnya seperti terdapat menu pengelolaan halaman admin, halaman anggota, halaman pengunjung. Tergantung dari web perpustakaan online atau aplikasi perpustakaan online yang kamu gunakan, secara umum dapat digambarkan sistem informasi perpustakaan sebagai berikut : 

  1. Dalam Halaman khusus Admin memiliki tugas 

  1. Data anggota dikelola oleh admin
  2. Data Buku dapat dikelola admin
  3.  Database perpustakaan online File ebook dapat dikelola admin
  4. Kategori dapat dikelola oleh admin
  5. Data peminjaman, mengelola laporan, mengelola data kontak pesan, data profil, data dari perpustakaan bahkan data admin sendiri dapat dikelolah oleh admin
  6. Mengoperasikan menu halaman utama, sub menu dan menu setting pada halaman situs perpustakaan online

 

  1.   Dalam halaman anggota perpustakaan, anggota dapat melakukan

  1. Melakukan registrasi kemudian login, mengedit serta memasukan data pribadi dan dapat melihat data kategori
  2. Member bisa melihat daftar data buku dalam bentuk ebook kemudian mendownloadnya serta dapat membuat pinjaman buku secara langsung dan harus ke perpustakaan untuk mendapat bukunya langsung
  3. Anggota perpustakaan bisa melihat daftar pinjaman jika buku yang kamu ingin pinjam ternyata sedang dipinjam oleh orang sehingga kamu dapat mengetahui berapa lama, kapan orang tersebut mengembalikannya di perpustakaan.

 

  1.   Dalam halaman utama tamu, hanya dapat melihat menu utama atau dashboard  website dari perpustakaan , melihat berbagai jenis kategori dan koleksi dari buku atau e-book, melihat jurnal sistem informasi perpustakaan.

Buku Perpustakaan Online Mudah Dalam Pencarian

Buku perpustakaan online biasanya disusun rapi sesuai dengan abjad dan biasanya kamu hanya mengetikan judul buku, penulis, pengarang, penerbit di kolom pencarian. Klasifikasi buku perpustakaan online disusun dalam halaman kategori jenis buku dan pastinya akan dikelompokkan kembali menjadi beberapa sub judul buku yang berkaitan dengan judul utama, contohnya seperti ini :

  1. Agama -> Pendidikan Agama islam untuk umum, SD, SMP dan SMA
  2. Antropologi
  3. Arsitektur
  4. Biologi
  5. Biografi 
  6. Buku Anak -> biasanya yang disajikan dongeng, cerita rakyat, kisah nabi dan rasul.
  7. Fisika
  8. Matematika
  9. Komik
  10. Sastra
  11. Sosiologi
  12. Dll,

Selain buku buku yang disediakan, buku perpustakaan online juga menyediakan jurnal perpustakaan online bagi mahasiswa yang sedang melakukan penelitian untuk tugas akhir dapat menjadi referensi karena sudah terpercaya dan terjamin keasliannya sehingga tidak perlu khawatir untuk dijadikan acuan dalam jurnal penelitian atau dalam diklat perpustakaan online.Selain itu menyediakan juga perpustakaan novel online bagi kamu yang menyukai membaca fiction, romance dan komedi.

Daftar perpustakaan online gratis yang bisa kamu gunakan

Daftar perpustakaan online gratis yang dapat digunakan sebagai sumber atau acuan mendukung pembelajaran kamu saat dirumah :  

  1. http://www.gutenberg.org/
  2. https://openlibrary.org/
  3. http://www.oapen.org/home
  4. http://www.acehbooks.org/
  5. http://literature.org/
  6. http://www.feedbooks.com/publicdomain
  7. https://archive.org/details/texts
  8. perpustakaan online internasional
  9. perpustakaan  online uny
  10. perpustakaan  online uns
  11. perpustakaan online bsi
  12. perpustakaan  online telkom
  13. perpustakaan  online sanata dharma
  14. perpustakaan online unikom
  15. perpustakaan online ugm
  16. perpustakaan  online itb
  17. perpustakaan online um
  18. perpustakaan  online unnes
  19. perpustakaan online umy
  20. perpustakaan online nasional indonesia

Diatas merupakan situs perpustakaan online lengkap yang dapat diakses dan memiliki berbagai macam e-book dan tentunya sudah legal  beserta contoh perpustakaan online.

  1. Google Scholar

Google Scholar atau disebut Google Cendekia di indonesia. Google Scholar ini adalah web pencarian yang  menyediakan berbagai file atau materi pembelajaran bersifat akademis dalam format publikasi. Google Cendekia dapat memperkenalkan kamu pada esai, disertasi, buku, artikel, ringkasan, universitas, penerbit ilmiah, dan masih banyak lagi.

  1. Microsoft Academic

Situs web perpustakaan online gratis berikut adalah Microsoft Academic. Halaman ini sangat cocok untuk siapa saja yang  sedang mencari suatu proyek kelulusan atau sumber  penelitian. Microsoft Academic Search adalah suatu pencarian berfokus pada disiplin dengan banyaknya lebih dari 38 juta data sumber. Web ini sedikit berbeda dengan Google Scholar, yang fokus pada makalah dan publikasi akademik.  Microsoft Academic Search menawarkan layanan yang lebih komprehensif.  Ini termasuk mengumpulkan artikel dari banyak konferensi / seminar terkenal, grafik kutipan, grafik yang ditulis bersama, dan daftar jurnal sistem informasi perpustakaan online berkualitas tinggi. Dengan  layanan yang komprehensif tersebut, web ini layak digunakan untuk portal utama sumber akademik atau ilmiah.

  1. Perpustakaan Nasional Indonesia

 layanan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Dengan berkembangnya teknologi digital, perpustakaan online nasional ini akan sangat bermanfaat untuk mereka yang ingin dengan mudah mencari sumber tanpa mencari buku. Apalagi jumlah referensinya tentu sangat banyak dibandingkan perpustakaan offline . perpustakaan online indonesia ada beberapa jenis jurnal ilmiah di halaman ini  yang bisa kamu unduh gratis. Prosedur pendaftaran lengkap tersedia  di situs web dan merupakan terlengkap

  1. Academia

 website Academia.edu. web ini adalah salah satu jejaring sosial  untuk sarjana, peneliti dan mahasiswa. Jejaring sosial akademik ini dibentuk  tahun 2008 dan saat ini memiliki lebih dari 2 juta orang  terdaftar. Jaringan pengetahuan ini memungkinkan kamu untuk bertukar dokumen dan secara terbuka mencari penelitian di bidang tertentu. Situs perpustakaan online gratis  dan terlengkap ini sangat bermanfaat untuk menimba ilmu dan membagikan ilmu dengan masyarakat luas.

 

Baca juga selengkapnya mengenai : e library dan perpustakaan digital 

2 Comments

  1. Pingback:Perpustakaan Digital - Mengapa Harus Memilih Perpustakaan Digital?

  2. Pingback:E-Library - Perpustakaan yang Menyediakan Buku Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *