Pijar Sekolah Telkom Unggulkan Lab Maya - Pijar Sekolah

Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Pijar Sekolah Telkom Unggulkan Lab Maya

Lab Maya di aplikasi Pijar Sekolah dibuat untuk sekolah agar bisa melakukan kegiatan eksperimen atau percobaan yang memadai. Kualitas maupun kuantitasnya yang sesuai dengan jumlah siswa di sekolah. 

Tidak semua eksperimen dapat dilakukan secara nyata di laboratorium. Selain karena terbatasnya peralatan, juga terkait karakteristik eksperimen itu sendiri yang melibatkan proses dan konsep abstrak sehingga dibutuhkan suatu alternatif agar kegiatan eksperimen pada konsep-konsep abstrak tersebut dapat dilakukan. 

Dalam pembelajaran sains, laboratorium memang memegang peranan yang sangat penting. Di antaranya, sebagai wahana untuk mengembangkan keterampilan dasar mengamati atau mengukur dan keterampilan proses lainnya, seperti mencatat, membuat tabel, membuat grafik, menganalisis data, menarik kesimpulan, berkomunikasi dan bekerja sama dengan kelompok. 

Keterbatasan pengadaan laboratorium di sekolah juga masih menjadi masalah utama terutama pada sekolah-sekolah di daerah 3T (Terdepan, Terpencil, Tertinggal). 

 

DigiSchool berusaha mewujudkan alternatif tersebut dengan menghadirkan laboratorium virtual atau Lab Maya. 

Laboratorium Maya adalah pengalaman belajar yang melibatkan proses dimana siswa berinteraksi dengan bahan dan peralatan virtual secara terampil seperti bahan dan peralatan nyata.

Lab Maya memungkinkan siswa untuk menghubungkan antara aspek teoritis dan yang praktis, tanpa kertas dan pena. Hal ini secara elektronik di program dalam komputer untuk mensimulasikan percobaan nyata di dalam laboratorium nyata.

Dibuat dengan program multimedia interaktif agar siswa dan guru dapat menggunakan Lab Maya untuk berinteraksi dengan materi yang digunakan. 

Begitu efektif dan efisiennya Lab Maya ini karena tidak perlu menggunakan gedung khusus dan alat-alat laboratorium yang harganya juga cukup mahal serta sulit didapat. 

Siswa juga dapat mengulang kembali praktikum jika belum mengerti. Selain itu, pengadaan laboratorium maya lebih murah dari pada sebuah laboratorium nyata . Ya, penggunaan laboratorium maya DigiSchool adalah solusi yang baik.

Pelajaran sains merupakan pembelajaran yang menuntut siswa memiliki sikap ilmiah dalam menemukan konsep dan prinsip pada pembelajarannya. 

Pada hakikatnya, pembelajaran sains memang melibatkan dimensi produk dan berorientasi pada keterampilan proses. 

Keterampilan proses yang dikembangkan dalam pembelajaran sains antara lain: mengamati, mengklasifikasi, mengukur, mengkomunikasikan, menyimpulkan, dan merencanakan eksperimen.

 

Apa Itu Pijar Sekolah?

Pijar Sekolah adalah sebuah platform  pendidikan dibawah naungan Telkom Indonesia yang dapat membantu sistem pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. 

Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. 

Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (USBA), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

USBA sendiri serupa dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kesamaan dari kedua pelaksanaan ujian tersebut adalah dapat memperlihatkan hasil ujian secara langsung.

Namun, terdapat kelebihan pada fitur Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi kepunyaan Pijar Sekolah dibandingkan dengan UNBK, yakni terdapat pembahasan atas jawaban dari soal-soal ujian tersebut yang dapat dilihat langsung pada akhir ujian atau ketika ujian telah dinilai oleh guru.

Bukan hanya nilai hasil ujiannya saja. Konten soal ujian pun dapat dibuat sendiri oleh guru dan dapat disimpan pada CBT Pijar Sekolah. Sehingga, konten soal tersebut dapat digunakan kembali di kemudian hari. 

Misalnya, untuk simulasi UNBK, CBT tes, latihan ujian CBT, simulasi UBK (Ujian Berbasis Komputer), dan sebagainya.

Dengan fitur USBA milik Pijar Sekolah, selain siswa yang dapat mengakses soal secara lewat gawai dan tanpa kertas, guru juga dimudahkan saat memeriksa hasil ujian yang dikerjakan siswa tersebut. 

Proses penilaian dapat dilakukan secara otomatis tanpa perlu mengecek jawaban siswa satu per satu.

 

Kenapa Harus Pijar Sekolah?

Bisa Digunakan Siapa Saja. Pijar Sekolah bisa digunakan untuk semua sekolah di Indonesia, mulai dari sekolah di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) hingga sekolah Urban. Sehingga Pendidikan di Indonesia akan lebih merata!

Reporting yang Mudah. Platform pendidikan yang memudahkan pihak sekolah, khususnya guru dalam membuat laporan mengenai kegiatan mengajar di sekolah. Report Nilai, Report Absensi, dan berbagai kebutuhan reporting lainnya bisa dengan mudah diolah disini!

Modul yang Menarik. Berbagai macam modul yang seru dan menarik untuk mendukung siswa hingga pihak sekolah dalam proses belajar mengajar. Mulai dari fitur USBA, Konten Digital, hingga Reporting ada di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *