Siswa Mudah Bosan Saat Belajar Online? Coba 4 Teknik Belajar Ini - Pijar Sekolah

Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Siswa Mudah Bosan Saat Belajar Online? Coba 4 Teknik Belajar Ini

Pijar Sekolah – Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sudah diterapkan sejak awal pandemi COVID-19. Artinya sudah lebih dari satu tahun para siswa belajar online dari rumah tanpa kehadiran guru secara langsung. Mereka dipaksa untuk beradaptasi dengan sistem baru dan belajar secara mandiri. Alhasil, banyak siswa yang merasa kurang menyukai pembelajaran jarak jauh karena sulit fokus dan memahami pelajaran tanpa pendampingan guru.

Sebenarnya, apa saja faktor yang membuat para siswa merasa jenuh dan bosan saat belajar online? Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) telah melakukan survey evaluasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Hasilnya diketahui bahwa sebagian besar siswa (79.9%) melaporkan tidak adanya interaksi antara siswa dan guru saat belajar online. Mereka hanya mendapatkan tugas dan mengumpulkannya tanpa ada sesi tanya jawab atau aktivitas guru dalam menjelaskan materi. Maka itu, para siswa mengharapkan adanya metode belajar online yang lebih kreatif dan inovatif.

Teknik Agar Siswa Tidak Bosan Saat Belajar Online

Kunci agar siswa tidak mudah bosan adalah dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Jika Anda sedang mencari inspirasi teknik belajar untuk membantu para siswa lebih fokus dan semangat saat belajar online, berikut beberapa di antaranya untuk Anda coba terapkan:

1. Project-Based Learning

Belajar online membuat para siswa kesulitan untuk berinteraksi dengan teman-temannya secara langsung. Untuk membangkitkan semangat belajarnya, sekaligus mengembalikan sukacitanya bertemu teman meskipun secara online, Anda bisa memberikan tugas kelompok dengan konsep project-based learning. Metode ini memungkinkan para siswa untuk memperdalam suatu topik pembelajaran dengan cara yang lebih menyenangkan.

Dengan bekerja secara berkelompok, mereka bisa berdiskusi dan melatih kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah (problem solving), komunikasi, dan kerjasama (teamwork) yang baik. Itu mengapa teknik belajar ini juga direkomendasikan oleh Kemendikbud.

2. Gamification

Ingin bermain sambil belajar dengan para siswa? Gunakan metode gamifikasi, yaitu cara belajar yang menerapkan prinsip-prinsip dan elemen permainan pada berbagai aktivitas. Cara ini dapat membantu para siswa untuk memahami suatu konsep pembelajaran dengan cara menyenangkan karena mereka mempelajarinya sambil bermain dan bersenang-senang.

Saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan layanan gamifikasi untuk belajar, tetapi Anda juga bisa menciptakannya sendiri dengan menyelipkan unsur permainan, mendongeng (story telling), dan kompetisi. Termasuk ketika harus menjelaskan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Anda bisa menggunakan animasi sehingga dapat menarik perhatian para siswa dalam belajar. 

Contoh penerapan gamifikasi dalam belajar adalah fitur Lab Maya Pijar Sekolah yang menghadirkan simulasi praktikum lab berkonsep interaktif menggunakan animasi yang menarik. Saat ini sudah tersedia 46 konten Lab Maya yang bisa digunakan secara gratis melalui Pijar Sekolah.

3. Video Pembelajaran

Para siswa mengeluh karena sulit memahami pelajaran saat belajar online? Anda bisa membantunya dengan membuat Video Pembelajaran. Metode ini merupakan salah satu media belajar interaktif yang memberikan kemudahan untuk Anda dalam menyampaikan materi, sekaligus membantu para siswa memahami pelajaran yang disampaikan dengan lebih mudah dan menyenangkan. Jika belum paham, mereka dapat melihat ulang video yang Anda unggah di Pijar Sekolah kapan saja.

4. Blended Learning

Blended learning dapat menjadi alternatif Anda dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh, terlebih ketika sekolah tatap muka mulai diterapkan kembali. Metode ini memungkinkan Anda untuk menggabungkan antara sekolah offline dengan online. Kombinasi ini diharapkan dapat mengurangi kejenuhan yang dialami oleh para guru dan siswa selama belajar online dari rumah.

Keuntungan teknik blended learning adalah waktu yang fleksibel karena siswa tidak harus selalu datang ke sekolah. Materi belajar online juga lebih interaktif menggunakan Video Pembelajaran, Buku Digital, live session, online chat, atau podcast yang dapat diakses siswa kapan saja.

Mudah bukan? Anda bisa menerapkannya langsung kepada para siswa. Apabila kesulitan untuk menyiapkan materi dan kebutuhan lain, Anda bisa menggunakan aplikasi belajar online seperti Pijar Sekolah.

Pijar Sekolah adalah platform digital berbasis aplikasi yang menyediakan banyak fitur menarik (seperti Buku Digital, Video Pembelajaran, dan Lab Maya) untuk memudahkan kegiatan pembelajaran jarak jauh. Fitur-fitur yang tersedia dibuat interaktif dan menarik sehingga para siswa bisa belajar dengan cara baru yang menyenangkan.

Tertarik untuk menggunakan Pijar Sekolah? Daftar Sekarang atau Uji Coba Gratis di sini. Informasi lebih lanjut tentang Pijar Sekolah kunjungi pijarsekolah.id atau Instagram @pijarsekolah

Yuk, jadikan sekolah Anda #SemakinUnggul dengan Pijar Sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *