Bantu Siswa Belajar di Rumah dengan Teknik Pomodoro - Pijar Sekolah

Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Bantu Siswa Belajar di Rumah dengan Teknik Pomodoro

Salah satu kunci agar siswa berhasil menyerap materi pelajaran adalah dengan memiliki tingkat fokus yang tinggi. Sayangnya, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bulan Mei 2020 lalu, banyak siswa yang merasa kurang fokus saat sekolah online.

Salah satu alasannya adalah karena banyaknya distraksi akibat kemudahan mengakses media sosial, hiburan, dan beragam games di gadget. Untuk hal ini, ada satu teknik belajar yang bisa Anda coba ajarkan ke mereka, yaitu Teknik Pomodoro.

Apa itu Teknik Pomodoro?

Pada dasarnya, Teknik Pomodoro mengajarkan tentang cara manajemen waktu secara efektif, sehingga para siswa bisa belajar secara maksimal dalam jangka waktu yang tersedia. Mereka hanya diminta untuk tetap fokus selama waktu tersebut.

Teknik Pomodoro ditemukan oleh Francesco Cirillo pada awal tahun 90-an saat ia masih menjadi mahasiswa. Dinamakan Teknik Pomodoro karena teknik ini terinspirasi dari buah tomat, yang mana dalam bahasa Italia, “Pomodoro” berarti “tomat”.

Dengan menggunakan tomat sebagai timer dapur, Francesco Cirillo menemukan cara belajar efektif dengan “jendela kerja” selama 25 menit, yang diselingi waktu beristirahat agar proses belajar tetap maksimal dan tidak melelahkan.

Teknik Pomodoro sangat cocok untuk membantu meningkatkan fokus para siswa yang mudah hilang saat sekolah online. Cara ini akan membantu mereka lebih produktif selama belajar di rumah dengan cara berikut:

  • Menjauhkan dari gangguan (distraksi).
  • Meningkatkan fokus dan motivasi untuk belajar secara optimal.
  • Mengubah proses belajar menjadi lebih efektif dan efisien.
  • Menargetkan waktu secara konstan dan mengurangi kebiasaan menunda-nunda.

Bagaimana Cara Melakukan Teknik Pomodoro?

Banyaknya distraksi yang mungkin muncul saat sekolah online membuat para siswa harus benar-benar fokus agar bisa memahami materi pelajaran dan menyelesaikan tugas secara optimal. Jika Anda ingin mencoba Teknik Pomodoro untuk meningkatkan fokus para siswa saat sekolah online dan mengerjakan tugas, berikut caranya:

  • Bantu mereka untuk memilih tugas yang ingin diselesaikan.
  • Minta mereka untuk mengerjakan satu tugas dalam waktu 25 menit, pasang alarm sebagai penanda waktu.
  • Mereka bisa tetap belajar atau mengerjakan tugas sampai alarm berbunyi. Setelahnya, mereka bisa mengambil jeda dan beristirahat selama 5 menit setelah alarm berbunyi agar tidak bosan. 
  • Setelah beristirahat, mereka bisa kembali belajar atau mengerjakan tugas. Ulangi sampai 4 kali dengan sistem belajar 25 menit dan istirahat 5 menit. Mereka bisa beristirahat lebih lama setelah total waktu belajar mencapai 100 menit.

Tentunya Teknik Pomodoro bukan hal yang mudah dilakukan, terutama untuk para siswa yang pertama kali melakukannya dan tidak terbiasa belajar dengan waktu. Mereka mungkin merasa tertekan saat mencobanya, tetapi saat mulai terbiasa, mereka akan merasakan sekolah online lebih fokus dengan Teknik Pomodoro.

Selain Teknik Pomodoro, cara lain yang bisa Anda terapkan agar membantu para siswa fokus selama sekolah online adalah dengan meminta mereka untuk:

  • Belajar di tempat yang tenang dan nyaman.
  • Siapkan semua keperluan belajar sejak awal.
  • Atur meja belajar, usahakan rapi agar bisa belajar dengan nyaman.
  • Jauhkan handphone dan gadget lain dari jangkauan selama belajar.

Pijar Sekolah Bantu Siswa Lebih Fokus Saat Sekolah Online

Selain dengan Teknik Podomoro, Anda juga bisa membantu para siswa agar lebih fokus sekolah online di rumah dengan Pijar Sekolah. Semua fitur yang tersedia dapat mendukung Anda dan para guru lain dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar daring secara lebih efektif, sekaligus membuat siswa sekolah online dengan fokus dan menyenangkan meskipun dilakukan dari jarak jauh.

Salah satu fitur unggulan Pijar Sekolah yang bisa membantu para siswa fokus belajar di rumah adalah Pembelajaran Digital yang terdiri dari Buku Digital dan Kelas Virtual. Para siswa bisa mengakses buku pelajaran secara digital kapan saja dan dimana saja. Mereka juga bisa berinteraksi dengan Anda saat pembelajaran berlangsung atau melihat rekaman video yang diunggah, sehingga mereka bisa melihatnya kapan saja untuk mengulang pembelajaran.

Ingin sekolah Anda #SemakinUnggul? Daftarkan sekolah Anda sekarang atau Uji Coba Gratis 1 bulan di sini. Informasi lebih lanjut tentang fitur unggulan Pijar Sekolah kunjungi pijarsekolah.id atau Instagram @pijarsekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *