Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username : sekolahdemopijar@gmail.com
Password : sekolahdemo

GURU
Username : guru1@gmail.com
Password : gurudemo

SISWA
Username : 30170521
Password : siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

4 Hal yang Harus Dilakukan untuk Persiapan Akreditasi Sekolah

Akreditasi sekolah

Akreditasi sekolah merupakan proses evaluasi yang penting dilakukan untuk memastikan kualitas pendidikan yang diberikan oleh sebuah lembaga pendidikan. Menurut KBBI, akreditasi adalah pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga tersebut memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu. Proses akreditasi ini tidak hanya sekadar formalitas, tetapi dapat menjadi tolak ukur yang dapat meningkatkan mutu dan daya saing antar sekolah. 

Bagi para guru atau pihak sekolah, penting sekali untuk memahami dan mempersiapkan akreditasi dengan baik sebagai kunci sukses meraih nilai yang baik. Artikel ini akan membahas 4 hal penting yang perlu dipersiapkan untuk akreditasi sekolah sehingga sekolah dapat mencapai hasil yang optimal. 

Namun, sebelum masuk pada inti pembahasan, perlu diketahui bahwa pada tahun 2024 ini, Kemendikbud Ristek telah mengeluarkan keputusan instrumen akreditasi bagi PAUD, Pendidikan Dasar, hingga Pendidikan Menengah. 

Instrumen akreditasi bagi Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah terdiri dari 4 komponen utama, yaitu:

  1. Kemampuan Kerja Pendidik dalam Pengelolaan Proses Pembelajaran yang Berfokus pada Peserta Didik.
  2. Kepemimpinan Kepala Satuan Pendidikan dalam Pengelolaan Satuan Pendidikan.
  3. Lingkungan Kegiatan Belajar-Mengajar. 
  4. Kompetensi Hasil Pembelajaran Lulusan dan/ atau Para Siswa (diperhitungkan berdasar penilaian nasional).

Maka dari itu, penting bagi pihak sekolah ataupun para guru untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam proses akreditasi. 

Hal yang Harus Dilakukan untuk Persiapan Akreditasi Sekolah

Beberapa hal yang harus dilakukan untuk persiapan akreditasi sekolah, yaitu: 

1.Melengkapi Dokumen Sekolah

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melengkapi dokumen sebagai persyaratan akreditasi. Lengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan dengan lengkap. Sesuaikan dengan Sispena (Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu Pendidikan) yang merupakan aplikasi penilaian akreditasi berbasis web. 

Ketika segala dokumentasi telah lengkap, maka pihak sekolah akan lebih siap menerima kedatangan tim asesor. Selain itu, dokumen yang lengkap dan terorganisir dengan baik mencerminkan akuntabilitas sekolah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Maka hal itu berkemungkinan dapat mempercepat proses penilaian dan meminimalisir adanya penundaan karena permintaan tambahan dokumen yang kurang lengkap. 

2. Sesuaikan Data Dapodik dengan Keadaan Sekolah

Hal yang perlu dilakukan adalah menyesuaikan data Dapodik dengan keadaan sekolah yang sebenarnya, seperti jumlah sarana dan prasarana, banyaknya peserta didik, dan sebagainya. Memastikan data yang tercatat di Dapodik akurat dan up to date sangat penting karena data tersebut akan menjadi acuan dalam proses akreditasi.

Lebih lagi, data yang sesuai akan meningkatkan kepercayaan tim asesor ketika melakukan penilaian. Ketepatan data Dapodik menunjukkan bahwa sekolah melakukan pengelolaan data yang baik dan transparan.

3. Mempersiapkan Tahap Wawancara 

Hal yang penting selanjutnya adalah mempersiapkan warga sekolah yang akan diwawancarai oleh tim asesor saat visitasi akreditasi. Adapun pihak yang akan diwawancarai meliputi peserta didik, orang tua atau wali murid, alumni sekolah, komite sekolah, kepala sekolah, para guru dan juga staf. 

Beberapa topik yang akan ditanyakan oleh asesor meliputi visi dan misi sekolah, program penguatan karakter, penanganan bullying, serta program-program sekolah lainnya yang sedang dilaksanakan.

4. Persiapan Observasi Kelas

Langkah selanjutnya adalah persiapan observasi kelas. Selama visitasi, akan ada guru yang diamati dan dievaluasi kinerja mengajarnya oleh tim asesor. Biasanya, asesor akan masuk ke kelas bersamaan dengan waktu belajar siswa sehingga mereka dapat melihat langsung bagaimana guru tersebut mengajar.

Untuk itu, persiapkan guru-guru agar dapat menunjukkan kinerja mengajar yang baik saat diobservasi oleh asesor. Siapkan segala media pembelajaran, sumber belajar, dan hal lain yang diperlukan untuk memastikan penampilan mengajar yang optimal. Jangan lupa untuk mengkomunikasikannya dengan para siswa agar dapat belajar dengan kondusif. 

Pentingnya Akreditasi bagi Sekolah 

  • Sebagai informasi akurat bagi semua pihak tentang kelayakan sekolah berdasarkan berbagai unsur yang mengacu pada standar nasional pendidikan. 
  • Sebagai bentuk pertanggungjawaban sekolah kepada publik dan memastikan bahwa pengajaran yang diberikan oleh pihak sekolah telah memenuhi harapan dan keinginan masyarakat.
  • Sebagai motivasi bagi pihak sekolah untuk terus berusaha mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

Dalam upaya mempersiapkan akreditasi sekolah, platform Pijar Sekolah dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menambah penilaian positif dari tim asesor. Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang edukatif dan tidak membosankan. Pijar Sekolah menyediakan berbagai konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya. Platform ini dapat dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah juga membantu pihak sekolah atau guru dalam penyelenggaraan ujian. Para guru dan pihak sekolah dapat memanfaatkan fitur Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK) yang dapat membantu mereka dalam menyelenggarakan ujian. Melalui fitur ini, para guru juga dapat terbantu dalam pembuatan soal, penjadwalan, pengawasan, hingga pemeriksaan hasil ujian. 

Masih ada banyak sekali keunggulan fitur lain yang ditawarkan oleh Pijar Sekolah. Ayo lakukan uji coba berlangganan secara gratis bersama Pijar Sekolah dengan durasi selama 30 hari. Selengkapnya bisa kamu lihat pada pranala berikut ini https://pijarsekolah.id/gratis/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *