Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username : sekolahdemopijar@gmail.com
Password : sekolahdemo

GURU
Username : guru1@gmail.com
Password : gurudemo

SISWA
Username : 30170521
Password : siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

5 Tips Belajar Menjelang UKKJ

UKKJ

Guru ingin tahu cara yang tepat untuk belajar menjelang UKKJ tanpa mengganggu pekerjaan utama untuk mengajar siswa dengan baik? Kalau iya, simak tips belajar menjelang UKKJ berikut ini ya.

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang tips belajar menjelang UKKJ, cari tahu dulu yuk pengertian UKKJ itu sendiri. 

Dilansir dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, UKKJ atau Uji Kompetensi Kenaikan Jabatan merupakan proses pengukuran dan penilaian terhadap kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural dari pegawai aparatur sipil negara pada JF Guru, JF Pamong Belajar, JF Pengawas Sekolah dan JF Penilik.

Ruang Lingkup Uji Kompetensi 

Ruang Lingkup Uji Kompetensi meliputi: 

  • Uji Kompetensi perpindahan dari jabatan lain dan uji kompetensi pengangkatan kembali ke dalam JF Guru, JF Pamong Belajar, JF Pengawas Sekolah, atau JF Penilik.
  • Uji Kompetensi kenaikan jenjang jabatan bagi JF Guru, JF Pamong Belajar, JF Pengawas Sekolah, atau JF Penilik;

Ruang Lingkup Uji Kompetensi

Tujuan Uji Kompetensi

Penyelenggaraan Uji Kompetensi JF Guru, JF Pamong Belajar, JF Pengawas Sekolah, dan JF Penilik bertujuan untuk:

  • Mengukur dan menilai kesesuaian kompetensi PNS yang akan diangkat ke dalam JF Guru, JF Pamong Belajar, JF Pengawas Sekolah, atau JF Penilik melalui perpindahan jabatan lain dan pengangkatan kembali terhadap standar kompetensi masing-masing JF yang dituju.
  • Mengukur dan menilai kompetensi yang dimiliki oleh JF Guru, JF Pamong Belajar, JF Pengawas Sekolah, atau JF Penilik guna menentukan kelayakan yang bersangkutan untuk naik ke jenjang satu tingkat lebih tinggi.

Tips Belajar Menjelang UKKJ 

Beberapa tips belajar menjelang UKKJ yang bisa guru terapkan, taitu: 

1.Cari tahu detail UKKJ 

Saat melamar pekerjaan baru, penting untuk mengetahui detail tentang peran dan yang guru incar. Hal Ini juga berlaku jika guru ingin mendapatkan promosi jabatan. Karena jika melamar posisi lebih senior, guru perlu memahami persyaratan dan harapan untuk peran tersebut. Dengan meneliti peran yang lebih senior dan mempersiapkannya dengan baik, guru bisa meningkatkan peluang untuk dipanggil wawancara dan mendapatkan pekerjaan itu. Untuk mengetahui informasi lengkap tentang UKKJ, guru bisa klik link berikut https://ujikompetensi.kemdikbud.go.id/ .

2. Pertimbangkan untuk membantu guru lain

Bila perlu guru juga bisa membantu guru atau mengerjakan pekerjaan lain di luar pekerjaan utama. Karena hal ini bisa menunjukkan kepada atasan bahwa guru berusaha menjadi guru yang lebih baik dan siap mengembangkan keterampilan.

Misalnya, guru bisa menjadi sukarelawan untuk mengelola klub setelah sekolah atau mengatur perjalanan pendidikan. Selain itu, guru juga bisa memulai program baru atau mencari cara untuk membuat sekolah lebih efisien. Menunjukkan kesediaan untuk terlibat dalam berbagai aspek sekolah adalah cara bagus untuk mengesankan atasan dan mendekatkan diri pada promosi.

3. Catat semua prestasi yang telah guru raih

Karena atasan guru mungkin sangat sibuk, penting bagi guru untuk mencatat dan mendokumentasikan pencapaian sepanjang tahun. Catat peningkatan nilai siswa, dukungan kepada siswa, dan jumlah siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan yang guru inisiasi. Hal ini akan sangat berguna saat evaluasi kinerja atau saat memperbarui CV guru. Dengan data konkret, guru bisa menunjukkan kontribusi guru kepada atasan atau pemberi kerja.

4. Teruslah belajar

Guru tidak hanya berperan untuk meningkatkan kemampuan dan menambah pengetahuan siswa, tapi juga meningkatkan kemampuan untuk diri sendiri. Oleh karena itu, teruslah belajar. Untuk mempersiapkan diri dalam peran yang lebih senior, teruslah mengembangkan diri dan memperdalam pengetahuan. 

Baca berita industri dan ikuti perkembangan terbaru di sektor pendidikan. Ambil kualifikasi baru atau kursus online, seperti tentang kesehatan mental siswa atau cara mengajar online secara efektif di era digital ini. Pengetahuan dan keterampilan baru akan memperkaya CV Anda dan meningkatkan peluang guru mendapatkan promosi. Selain itu, hal ini tentunya bisa membantu guru untuk lulus UKKJ. 

5. Simpan Semua Dokumen Penting

Simpan setiap silabus, tugas, presentasi, rekaman kuliah, aktivitas kelas, dan ujian. Karena dokumen penting ini nantinya bisa menjadi bukti nyata atas pekerjaan yang selama ini telah guru lakukan, sehingga memudahkan guru untuk bisa lulus UKKJ.

Beberapa hal yang bisa disimpan, yaitu:

– Evaluasi pengajaran siswa, termasuk data kuantitatif dan tanggapan terbuka.

– Hasil evaluasi informal seperti Teknik Penilaian Kelas atau evaluasi tengah semester.

– Email dari siswa yang memberikan umpan balik tentang kursus Anda atau meminta surat rekomendasi.

– Contoh pekerjaan siswa (dengan izin dan dibuat anonim) untuk menunjukkan pencapaian mereka terhadap tujuan pembelajaran.

Simpan semua dokumen di tempat yang mudah ditemukan.

Untuk beberapa guru UKKJ mungkin merupakan salah satu tahapan dalam karier sebagai guru yang harus dilalui dengan sebaik mungkin. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menerap tips belajar menjelang UKKJ seperti di atas ya. 

Kalau guru ingin tahu cara lebih jauh untuk meningkatkan produktivitas dalam dalam mengajar, yuk gunakan platform Pijar sekolah.

Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

Referensi

https://www.eteach.com/blog/5-top-tips-to-secure-a-teaching-promotion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *