Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username : sekolahdemopijar@gmail.com
Password : sekolahdemo

GURU
Username : guru1@gmail.com
Password : gurudemo

SISWA
Username : 30170521
Password : siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

6 Keunggulan Fitur Pembayaran Online di Sekolah

Fitur Pembayaran Online

Sehari-hari, orang tua mungkin sudah terbiasa dengan fitur pembayaran online untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari membayar tagihan setiap bulan, belanja kebutuhan rumah tangga, membayar tarif transportasi, dan masih banyak lagi. Jadi kenapa tidak menerapkannya di sekolah? 

Hampir semua sektor perekonomian sekarang sudah memanfaatkan sistem pembayaran online, termasuk sektor pendidikan. Penggunaan software manajemen sekolah yang sudah dilengkapi dengan fitur ini menghadirkan berbagai manfaat bagi pihak sekolah, orang tua, dan siswa. Mari kita bahas keunggulannya di bawah ini. 

Keunggulan Fitur Pembayaran Online Bagi Sekolah

Berikut ini beberapa keunggulan fitur pembayaran online yang ada di software manajemen sekolah:

1. Proses Lebih Cepat

Software manajemen sekolah dengan fitur pembayaran online mampu mengotomatisasikan proses pembayaran biaya sekolah sehingga staf akuntansi dapat bekerja lebih cepat. Staf akan memantau arus kas dengan mudah, sehingga pembukuan pun jadi lebih efektif. Mengirim faktur ke orang tua bisa dilakukan via email atau platform lain, sehingga prosesnya lebih cepat dan tepat waktu. 

Dari sisi orang tua pun bisa diingatkan saat waktu pembayaran tiba dan mereka dapat memproses pembayaran via online dengan lebih cepat dan tanpa stres. Selama ada koneksi internet, biaya sekolah bisa langsung dilunasi dari mana pun dan kapan pun. 

2. Metode Pembayaran Lebih Fleksibel

Kalau dulu siswa atau orang tua harus mengantre di loket pembayaran sekolah, karena itu hanya satu-satunya metode yang ada. Sekarang, metode pembayaran online bisa tersedia dalam beberapa cara. Misalnya pihak sekolah dapat menyediakan pilihan pembayaran via Virtual Account atau lewat dompet elektronik. 

Orang tua pun tinggal memilih metode yang paling nyaman bagi mereka sehingga lebih fleksibel. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing, tidak harus melakukan metode yang sama setiap bulannya. 

3. Transaksi Tanpa Kertas

Pembayaran biaya sekolah tradisional biasanya membutuhkan kertas, baik untuk catatan bagi pihak sekolah, maupun bukti pembayaran bagi siswa. Tentu ada biaya untuk membeli dan mencetak kertas atau kartu khusus biaya sekolah. 

Dengan fitur pembayaran online, tingkat transaksi berbasis kertas dapat berkurang secara signifikan. Tentu saja, ini akan sangat berdampak bagi lingkungan. Semakin sedikit kertas yang digunakan, semakin sedikit pohon yang ditebang. Semakin banyak sekolah yang menerapkan sistem ini, maka akan sangat membantu menjaga kelestarian lingkungan. 

4. Sistemnya Aman & Terjamin

Transaksi pembayaran online tentu lebih aman dan terjamin karena siswa tidak perlu membawa uang tunai ke sekolah. Tidak perlu khawatir ada masalah uang terselip atau dicuri. Pembayaran dapat dilakukan via online kapanpun dan dari mana pun, misalnya dari rumah atau dari kantor. 

Selain itu, berbagai software manajemen sekolah sudah dilengkapi dengan alat perlindungan data. Dengan begitu, data pengguna dapat dilindungi dari peretas online. Baik data sekolah maupun siswa dan orang tua akan terlindungi dengan baik, sehingga transaksi pun terjamin keamanannya. 

5. Lebih Mudah Dilacak

Proses pembayaran online otomatis, karena itu melacaknya pun jadi lebih mudah. Pihak administrasi sekolah dapat mengirimkan invoice ke orang tua via email, yang akan disimpan di cloud. berkat metode ini, orang tua dan murid tidak akan melakukan kesalahan seperti invoice hilang, dan lain sebagainya. 

Begitu tagihan sudah dilunasi, sekolah akan mengirimkan tanda terima ke pihak orang tua agar ada dokumentasi yang tepat setiap bulannya. Sekolah juga punya salinannya, yang disimpan di cloud. Tidak perlu ada kertas yang harus disimpan dan dibawa-bawa sebagai bukti. 

6. Fiturnya dapat Disesuaikan 

Setiap sekolah mungkin membutuhkan fitur yang berbeda-beda karena kultur kerja yang berbeda pula. Software manajemen sekolah pada umumnya menawarkan fitur yang dapat disesuaikan, untuk menyelaraskan dengan kebutuhan tiap sekolah. 

Misalnya, sekolah dapat membuat pembayaran berdasarkan beberapa kategori yang digunakan di instansi mereka. Seperti Biaya Akademik, Biaya Ujian, Biaya Olah Raga, Biaya Transportasi, dan lain sebagainya. Beberapa sekolah juga mungkin memberikan potongan berdasarkan prestasi, atau ada pungutan denda karena telat selama beberapa kali. Semua dapat diatur dan diedit dengan mudah!

Gunakan Fitur Pembayaran Online Terbaik di Sekolah!

Ada banyak pilihan software manajemen sekolah yang sudah dilengkapi dengan fitur pembayaran online. Pastikan pilih yang tepat, agar fitur pembayaran online yang tersedia dapat diandalkan dan mampu bekerja dengan akurat. 

Pijar Sekolah dari PT Telkom Indonesia hadir sebagai platform pembelajaran digital yang dapat diandalkan. Bukan hanya fitur untuk siswa, Pijar Sekolah juga menyediakan manajemen administrasi dan operasional sekolah. Jadi, langsung saja kunjungi websitenya untuk info lebih lanjut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *