Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username : sekolahdemopijar@gmail.com
Password : sekolahdemo

GURU
Username : guru1@gmail.com
Password : gurudemo

SISWA
Username : 30170521
Password : siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

7 Hal yang Perlu Guru Lakukan Pada Hari Pertama Sekolah

Hari pertama sekolah

Hari pertama sekolah tidak hanya penting untuk siswa lho, tetapi juga untuk guru. Karena hari pertama sekolah bisa memberikan kesan yang berarti untuk siswa. Sehingga secara tidak langsung akan menentukan suasana hati siswa. Nah, agar guru bisa memberikan kesan yang baik pada hari pertama sekolah untuk siswa, yuk simak informasinya di bawah ini.

Hal yang Perlu Guru Lakukan Pada Hari Pertama Sekolah 

Beberapa hal yang perlu lakukan menjelang hari pertama sekolah, yaitu: 

1.Siapkan perencanaan pembelajaran 

Hal pertama yang perlu guru lakukan menjelang hari pertama sekolah adalah menyiapkan rencana perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran atau yang biasa juga dikenal dengan istilah teaching plan adalah proses perencanaan belajar mengajar yang akan guru lakukan untuk suatu jangka waktu tertentu (misalnya satu semester atau satu tahun). Pada dasarnya perencanaan pembelajaran akan membuat proses belajar mengajar bisa berjalan dengan sangat efektif, Selain itu, ketika guru memiliki perencanaan pembelajaran yang jelas, kemungkinan besar siswa juga bisa memahami materi pelajaran yang disampaikan guru dengan baik.

Karena ketika memiliki teaching plan, guru sudah mengetahui secara detail semua tujuan pembelajaran, kegiatan yang akan dilakukan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran, dan bahkan mungkin berbagai cara mengatasi gangguan saat mengajar. Jadi, proses belajar mengajar bisa berjalan dengan sebaik mungkin.

2. Siapkan barang-barang yang akan digunakan

Selain menyiapkan perencanaan pembelajaran, jangan lupa juga untuk menyiapkan barang-barang yang akan digunakan pada hari pertama mengajar. Seperti buku pelajaran, spidol papan tulis interaktif, atau perangkat digital untuk presentasi multimedia.  Karena hal ini akan membuat hari pertama sekolah menjadi sangat bermakna untuk semua siswa. 

3. Jangan datang terlambat

Apapun sistem kerja yang diterapkan sekolah tempat guru bekerja, baik sekolah tatap muka langsung atau sekolah dari rumah atau secara online, pastikan \guru tidak datang terlambat pada hari pertama kerja ya. 

Jika guru diharuskan bekerja secara online dari jarak jauh, pastikan kamu telah standby di Zoom, Google Hangout, atau aplikasi lain minimal 30 menit sebelum jadwal yang ditentukan. Karena hal ini bisa membuatmu memberikan kesan pertama yang baik kepada user serta rekan-rekan kerja.

Namun, jika kamu harus bekerja langsung di kantor, jangan lupa untuk datang minimal 30 menit lebih awal dari jadwal yang ditentukan ya. Bila perlu, agar kamu tidak terlambat dan terhindar dari kemacetan, kamu bisa berangkat 2-3 jam lebih awal dari jadwal yang ditentukan.

4. Gunakan pakaian yang tepat

Meskipun terlihat sederhana, faktanya menggunakan pakaian yang tepat dan sesuai dengan budaya atau kebiasaan sekolah di hari pertama mengajar ternyata juga bisa bermanfaat untuk membantumu memberikan kesan pertama yang baik kepada siswa dan guru-guru yang lain lho.  

5. Beri salam dan kenalkan dirimu 

Sering memberi salam dan mengenalkan diri kepada rekan kerja dan siswa juga merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan dilakukan pada hari pertama kerja. Karena hal ini juga bermanfaat untuk memberikan kesan pertama yang sangat baik dan memberikan kesan bahwa guru merupakan orang yang ramah.  Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu tersenyum pada setiap orang yang kamu temui ya.

6. Hafalkan semua nama rekan kerja dan siswa 

Di hari pertama mengajar, guru mungkin akan menemui banyak guru atau staf baru. Oleh karena itu, untuk memberikan kesan yang baik, jangan lupa untuk menghafalkan nama semua orang yang berkenalan denganmu ya.  Namun, jangan khawatir jika kamu tidak bisa menghafal semuanya di hari pertama mengajar, hal paling penting yang perlu guru lakukan adalah menghafalkan semua nama guru yang sekiranya akan sering diajak bekerja sama. 

7. Kenali karakter siswa

Dilansir dari The Owl Teacher, tidak ada salahnya juga jika guru mulai mengenali karakter siswa di hari pertama sekolah. Karena hal ini sangat memudahkan guru untuk menentukan cara mengajar yang tepat. Selain itu, mencoba mengenali karakter siswa juga bisa memudahkan guru untuk menjalin kedekatan dengan siswa sesuai dengan karakter siswa. 

Selain itu, usahakan untuk langsung menghafal semua nama siswa di kelas yang guru ajarkan. Jika, guru termasuk sulit untuk menghafalkan nama siswa, beri tahu pada siswa bahwa guru memang agak sulit menghafal. Jadi, minta siswa untuk memaklumi jika dalam waktu beberapa hari atau minggu guru baru bisa menghafal semua nama siswa. 

Selain beberapa hal di atas, ada satu hal yang perlu guru perhatikan, yaitu ketika masuk kelas hilangkan semua perasaan ragu, sedih, atau perasaan negatif apapun itu. Jadi, guru bisa mengajar dan memberikan performa yang terbaik kepada siswa. Sehingga siswa juga bisa memahami materi pelajaran dengan baik. 

Kalau guru ingin tahu cara lebih jauh untuk meningkatkan produktivitas dalam dalam mengajar, yuk gunakan platform Pijar sekolah.

Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

Referensi

https://www.suraasa.com/blog/first-day-of-teaching?var=as2
https://theowlteacher.com/1st-day-of-school/
https://m.busyteacher.org/10778-first-day-what-every-new-teacher-should-know.html 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *