Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username : sekolahdemopijar@gmail.com
Password : sekolahdemo

GURU
Username : guru1@gmail.com
Password : gurudemo

SISWA
Username : 30170521
Password : siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

7 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja untuk Guru

Tips meningkatkan produktivitas kerja

Menurunnya produktivitas bekerja untuk seorang guru memang sangat normal terjadi, namun jangan biarkan hal ini terjadi berlarut-larut ya. Karena jika dibiarkan berlarut-larut, menurunnya produktivitas kerja bisa menyebabkan guru tidak bisa menyampaikan materi pelajaran dengan baik kepada siswa.

Guru ingin tahu cara meningkatkan produktivitas kerja sehingga bisa selalu menyampaikan materi pelajaran dengan baik kepada siswa? Kalau iya, yuk simak ragam tips meningkatkan produktivitas kerja untuk guru di bawah ini.

Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja untuk Guru

Ragam cara meningkatkan produktivitas kerja untuk guru bisa dilakukan di kelas ketika mengajar ataupun di luar kelas. Nah, kalau guru ingin tahu informasi lebih lengkap tentang cara meningkatkan produktivitas saat mengajar, simak informasi di bawah ini:

1. Kenali diri sendiri

Hal pertama yang perlu guru lakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja adalah dengan mengenali diri sendiri. Untuk bisa lebih mengenal diri sendiri, ada baiknya guru bertanya kepada diri sendiri mengenai beberapa hal di bawah ini:

·         Jam berapa biasanya otak sedang sangat fokus untuk bekerja?

·         Apa bisa dilakukan untuk meningkatkan semangat kerja?

·         Bagaimana cara membuat suasana hati (mood) selalu baik (misalnya dengan selalu menjaga kebersihan kelas atau menggunakan parfum dengan aroma favorit)?

Setelah itu tulis semua jawaban tersebut di buku catatan, buka kembali buku tersebut jika merasa produktivitas kerja sedang menurun, dan terapkan beberapa hal tersebut. 

2. Susun jadwal mengajar dan kegiatan lain satu minggu kedepan

Meskipun terlihat sederhana, faktanya menyusun jadwal mengajar dan kegiatan lain untuk satu minggu kedepan ternyata bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja guru lho. Hal ini karena dengan menyusun jadwal, setiap harinya guru cukup menjalankan jadwal yang sudah dibuat, tanpa perlu membuang waktu untuk memikirkan kegiatan apa yang perlu dilakukan. 

Saat menyusun jadwal, jangan lupa untuk menyisihkan waktu kosong dengan durasi satu sampai dua jam setiap harinya ya. Waktu kosong ini bisa guru isi dengan mengerjakan pekerjaan tambahan atau sekedar istirahat. 

3. Ciptakan suasana kerja senyaman mungkin

Hal lain yang bisa guru lakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja adalah dengan menciptakan suasana kerja yang kondusif dan senyaman mungkin. Cara menciptakan suasana yang nyaman untuk kerja bagi setiap guru bisa berbeda.

Namun, umumnya suasana kerja yang nyaman bisa diciptakan dengan membersihkan meja mengajar dari semua barang yang tidak akan menunjang proses belajar mengajar. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu membersihkan lingkungan yang ada di sekitar meja kerja ya. Karena selain bermanfaat untuk meningkatkan fokus belajar siswa, hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja guru.

4. Berikan tugas kepada siswa 

Untuk tetap bisa menjaga produktivitas kerja, tidak ada salahnya jika guru memberikan tugas yang harus dikerjakan siswa saat proses belajar mengajar sedang berlangsung. Saat siswa mengerjakan tugas, guru bisa mengerjakan pekerjaan lain atau sekedar istirahat singkat. Karena hal ini juga telah terbukti bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja guru.

5. Kategorikan pekerjaan menjadi dua jenis (pekerjaan yang sulit dan mudah untuk dilakukan)

Mengategorikan pekerjaan menjadi dua, pekerjaan yang sulit dan mudah untuk dilakukan juga merupakan salah satu cara ampuh yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Karena hal ini bermanfaat untuk membuat guru bisa selalu bekerja dengan maksimal dalam satu pekerjaan saja.

Beberapa contoh pekerjaan yang termasuk dalam kategori sulit yaitu menyusun silabus dan melakukan persiapan untuk rapat orang tua-guru, sedangkan pekerjaan dengan keterlibatan rendah adalah menyalin ulang soal ulangan dan merapikan lembar soal ujian yang akan diberikan kepada siswa.

Saat guru merasa sangat bertenaga atau berenergi, ada baiknya guru mengerjakan pekerjaan yang sulit terlebih dahulu. Namun, jika guru sedang tidak berenergi dan semangat untuk bekerja, ada baiknya guru mengerjakan pekerjaan yang mudah.

6. Terapkan work life balance

Seorang guru juga wajib menerapkan work life balance lho. Work-life balance adalah suatu istilah yang ditujukan untuk menggambarkan hubungan yang seimbang antara bekerja dan istirahat. 

Menerapkan work life balance untuk seorang guru telah terbukti bermanfaat untuk membuat pikiran lebih segar dan tubuh lebih berenergi, sehingga secara tidak langsung bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Beberapa cara mudah yang bisa guru lakukan untuk menerapkan work life balance adalah dengan rajin olahraga, selalu menyempatkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga atau keluarga, dan istirahat yang cukup. Kalau guru ingin tahu informasi detail tentang cara menerapkan work life balance, baca artikel ini ya 8 Cara Menerapkan Work Life Balance dengan Baik

7. Mengobrol atau bertukar pikiran dengan rekan kerja yang lain

Jika biasanya guru terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mengajar dan menyiapkan materi pelajaran sendiri, sesekali tidak ada salahnya jika guru mengobrol atau bertukar pikiran dengan guru atau rekan kerja yang lain. Karena kadang saat mengobrol dengan rekan kerja, guru bisa mendapatkan mendapatkan informasi mengenai metode mengajar atau informasi lain yang terkait dengan mengajar, sehingga secara tidak langsung memicu guru untuk bisa semakin produktif saat bekerja atau mengajar.

Ternyata ada cukup banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas  kerja ya. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan lupa untuk menerapkan beberapa tips meningkatkan produktivitas kerja seperti di atas, jika merasa produktivitas kerja sedang menurun ya. Nah, untuk semakin memudahkan guru dalam mengajar dan menjaga produktivitas kerja tetap terjaga, yuk gunakan Pijar Sekolah.

Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

Referensi

https://www.teachervision.com/blog/morning-announcements/9-tips-for-increasing-your-teaching-productivity-and-efficiency
https://illumine.app/blog/how-to-improve-teaching-productivity-and-efficiency/
https://www.classcraft.com/blog/how-to-boost-teacher-productivity/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *