Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username : sekolahdemopijar@gmail.com
Password : sekolahdemo

GURU
Username : guru1@gmail.com
Password : gurudemo

SISWA
Username : 30170521
Password : siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Kenali Aspek- Aspek Penentu Pagu Sekolah

Pagu sekolah

Dalam proses penerimaan siswa baru, ada berbagai kebijakan yang diterapkan untuk memastikan distribusi pendidikan yang merata dan berkualitas. Salah satu kebijakan yang sering menjadi perhatian adalah pagu sekolah. Pagu sekolah mengacu pada jumlah maksimum siswa yang dapat diterima di suatu sekolah dalam satu tahun ajaran. Setiap sekolah, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), memiliki kuota maksimum yang berbeda-beda, tergantung pada kapasitas dan sumber daya yang dimiliki oleh sekolah tersebut. 

Apa itu Pagu Sekolah 

Dalam masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), ada beberapa hal yang mesti dipahami oleh guru, calon peserta didik, dan orang tua atau wali siswa. salah satunya, yaitu Pagu sekolah dalam PPDB. 

Menurut KBBI, Pagu memiliki arti batas tertinggi. Dalam konteks PPDB, pagu sekolah merupakan batasan maksimal jumlah siswa yang dapat ditampung oleh sebuah sekolah melalui proses PPDB. Ketentuan jumlah batasan ini dapat berbeda-beda di tiap sekolah, tergantung kondisi masing-masing sekolah. 

Aspek yang Mempengaruhi Pagu Sekolah 

Pagu sekolah ditentukan oleh pemerintah daerah dan juga pihak sekolah. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi faktor penentuan batasan maksimal jumlah siswa yang diterima:

  • Kapasitas Ruang Kelas di Sekolah

Setiap ruang kelas memiliki batas maksimum jumlah siswa yang dapat ditampung agar proses belajar mengajar berjalan dengan efektif. Jumlah ruang kelas yang tersedia di sekolah juga mempengaruhi total kapasitas siswa yang dapat diterima.

  • Kondisi Sekolah

Kondisi infrastruktur sekolah, termasuk sarana dan prasarana akan mempengaruhi pagu sekolah. Sekolah dengan fasilitas yang memadai dan kondisi bangunan yang baik dapat menampung lebih banyak siswa dibandingkan sekolah yang fasilitasnya terbatas atau kondisinya kurang baik.

  • Jumlah Guru

Rasio guru terhadap siswa harus diperhatikan untuk menjamin proses belajar-mengajar dapat berjalan dengan efektif. Kekurangan guru dapat membatasi pagu sekolah karena tidak memungkinkan untuk menampung jumlah siswa yang banyak.

  • Kebijakan Pendidikan yang Berlaku 

Kebijakan pemerintah daerah atau pusat mengenai pendidikan, seperti standar nasional pendidikan atau kebijakan zonasi, juga mempengaruhi pagu sekolah.

  • Pertumbuhan Penduduk di Wilayah Sekitar 

Pertumbuhan populasi di area sekitar sekolah dapat memengaruhi jumlah siswa yang mendaftar. Apabila dikaitkan dengan sistem zonasi, daerah dengan populasi yang tinggi mungkin memerlukan pagu yang lebih tinggi pula untuk memenuhi kebutuhan pendidikan yang merata. 

Kuota sekolah biasanya diumumkan beberapa bulan sebelum dimulainya proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Calon siswa dapat mengecek kuota siswa baru melalui situs web sekolah atau situs resmi Dinas Pendidikan.

Hal yang Harus Diperhatikan 

Dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan peluang diterima di sekolah yang diinginkan, yaitu sebagai berikut. 

  • Pagu siswa baru berbeda-beda untuk setiap sekolah. Sekolah yang memiliki lebih banyak ruang kelas dan tenaga pengajar cenderung memiliki kuota yang lebih besar dibandingkan dengan sekolah yang fasilitasnya terbatas.
  • Pagu siswa baru dapat berubah setiap tahun.Kuota siswa baru tidak tetap dan bisa berubah setiap tahunnya. Perubahan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kapasitas ruang kelas, jumlah guru, kondisi fisik sekolah, dan kebijakan pendidikan yang berlaku saat itu.
  • Perhatikan peluang diterima. Sekolah dengan kuota yang sedikit biasanya memiliki persaingan yang lebih ketat. Oleh karena itu, calon siswa yang ingin diterima di sekolah tersebut harus memiliki prestasi akademis yang baik agar memiliki peluang lebih besar untuk diterima.

Adanya penentuan pagu sekolah bertujuan untuk memastikan distribusi pendidikan yang merata dan berkualitas. Hal itu sangat penting bagi sekolah untuk terus berinovasi dalam menciptakan pembelajaran yang efektif bagi siswa. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan memanfaatkan platform pembelajaran digital seperti Pijar Sekolah. 

Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang menawarkan ribuan konten edukatif menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya. Semua ini dirancang untuk mendukung proses belajar-mengajar di sekolah dan memastikan setiap siswa mendapatkan akses ke sumber belajar yang berkualitas.

Tidak hanya itu, Pijar Sekolah juga memudahkan pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), sehingga guru dapat dengan mudah membuat soal, menjadwalkan ujian, mengawasi pelaksanaannya, serta memeriksa hasil ujian. Fitur Sistem Informasi Manajemen (SIM) Sekolah yang disediakan oleh Pijar Sekolah juga membantu pengelolaan administrasi dan operasional sekolah, termasuk pendataan absensi dan nilai siswa. Semua fitur tersebut dirancang untuk meringankan beban administrasi guru dan memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada pengajaran.

Jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan pengalaman belajar-mengajar dengan bergabung bersama Pijar Sekolah. Kamu bisa memulai dengan uji coba berlangganan secara gratis dan nikmati berbagai keunggulan dan fitur yang tersedia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *