Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username : sekolahdemopijar@gmail.com
Password : sekolahdemo

GURU
Username : guru1@gmail.com
Password : gurudemo

SISWA
Username : 30170521
Password : siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Masih Relevan, Simak Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan

Ki Hadjar Dewantara

Memiliki latar belakang sebagai bangsawan, keluarganya berasal dari Pakualaman, Yogyakarta. Berkat statusnya sebagai cuci Pangeran Paku Alam III, Ki Hadjar Dewantara dapat menempuh pendidikan tinggi, sesuatu yang sangat mewah di era kolonial. Ia kemudian mengalami pergolakan antara status bangsawannya dan rekan sesama pribumi yang tidak bisa menikmati pendidikan sepertinya. 

Ki Hadjar Dewantara
Sumber foto: https://indonesianembassy.de/news/lima-fakta-unik-ki-hadjar-dewantara-yang-perlu-kamu-ketahui/

Seperti apa pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan? Artikel kali ini akan membahas pemikiran Bapak Pendidikan Indonesia yang dirumuskan sebelum Indonesia merdeka. Masih relevankah dengan dunia pendidikan saat ini?

Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Berdasarkan Pancadarma Taman Siswa

Menurut Ki Hadjar Dewantara, pendidikan dapat diartikan sebagai upaya pengembangan budi pekerti (spiritualitas), pikiran (intelektual), dan fisik siswa berdasarkan sifat dan masyarakatnya. Pendidikan harus dibina secara budi pekerti (afektif), budi (kognitif), dan fisik (psikomotor). Ketiganya harus dikembangkan agar selaras dengan sifat masyarakat di tempat siswa tinggal. 

Konsep tersebut dirumuskan beliau dalam Pancadarma Perguruan Taman Siswa yang disusun pada tahun 1947. Konsep ini juga dikenal sebagai “Prinsip-prinsip 1922.” Berikut ini kelima prinsipnya:

1. Prinsip Kemandirian

Dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara, hakikat kemandirian bukan sekedar kebebasan individu dari aturan dan kekuatan lainnya semata. Melainkan, kemandirian merupakan kemampuan seorang individu untuk mandiri dan tidak bergantung pada bantuan dari orang lain. 

2. Prinsip Sifat Alami

Menurut Ki Hadjar Dewantara, seorang yang tinggi pendidikan dan pengajarannya terletak pada kodrat manusia. Untuk memahami sifatnya, manusia harus memiliki ‘wijsheid’ (kebijaksanaan) atau kebersihan pikiran yang mendasarinya dalam berpikir, memiliki akal yang baik, kekuatan kemauan, dan kesempurnaan kreativitas, perasaan, dan karsa. 

Tujuan pendidikan adalah mencapai kesempurnaan hidup sehingga manusia mampu memenuhi kebutuhannya secara jasmani maupun rohani yang diperoleh dari alam dan masyarakat di sekitar tiap individu tersebut. 

3. Prinsip Kebudayaan

Ki Hadjar Dewantara berpendapat bahwa kebudayaan merupakan hasil keluhuran manusia dalam perjuangannya melawan alam dan waktu. Oleh karena itu, peran pendidikan adalah memberikan pengaruh batin kepada masyarakat yang berbudaya agar dapat memelihara, memajukan, dan mengembangkan kebudayaan menuju nilai-nilai budaya secara universal. 

Lebih lanjut, Ki Hadjar Dewantara menjelaskan bahwa kemajuan kebudayaan tidak mungkin terjadi jika dipisahkan dari prinsip “trikon,” yaitu Kontinuitas, Konvergensi, dan Konsentrisitas. Kebudayaan itu seharusnya dikembangkan berdasarkan budaya lokal, bukan dari budaya bangsa lain. Arah pembangunannya terarah, menuju ke konvergensi dunia. Dalam perkembangannya, kebudayaan terus mengalami hal tersebut dan harus tetap memegang karakter di tengah dunia secara global.

4. Prinsip Kebangsaan

Fungsi asas kebangsaan menurut Ki Hadjar Dewantara adalah menyatukan keberagaman budaya menjadi bangsa yang “Tunggal Ika.” Kebangsaan menjadi faktor yang merekatkan masyarakat majemuk untuk bersatu sehingga berbagai masalah yang bersifat primordial (menjunjung tinggi ikatan sosial berupa nilai dan norma yang berlaku) dapat dikesampingkan. 

Pendidikan menanamkan rasa nasionalisme pada anak untuk dapat mencintai bangsa, merasakan hal yang sama dengan rekan sebangsanya, dan memperkuat solidaritas dan integritas nasional. Dengan begitu, anak-anak akan tumbuh dengan tidak memiliki pikiran untuk menjadi penjajah. 

Ki Hadjar Dewantara mengatakan bahwa prinsip nasionalisme harus didukung dengan kesatuan bahasa dan dihapuskannya sistem pendidikan kolonial kala itu. Sistem pendidikan kolonial sangat merugikan bagi pribumi karena hanya bisa diikuti oleh para bangsawan pribumi. Bahkan bangsawan yang dianggap “rendahan” pun tidak akan bisa mencapai pendidikan tinggi, setara dengan anak kolonial dan petinggi pribumi.

5. Prinsip Kemanusiaan

Prinsip kemanusiaan memberikan gambaran yang jelas dalam mengukur bahwa dasar kebangsaan adalah nilai-nilai universal kemanusiaan. Dalam kehidupan berbangsa, masyarakat hendaknya menyampaikan pesan perdamaian, rasa cinta kasih, kerja sama, dan prinsip keadilan. Kekerasan tidak dapat dibenarkan bagi siapa pun dan dengan alasan apa pun. 

Agama berperan sebagai landasan pendidikan untuk mempersatukan nilai-nilai manusia kepada siswa, agar para siswa dapat menyelesaikan masalah dan konflik dengan cara yang bijaksana. Konflik tentu tidak dapat selalu dihindari. Tapi selalu ada cara untuk menyelesaikannya dengan cara yang damai dan bijaksana. 

Memahami seperti apa pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan sangat penting, karena ternyata masih relevan jika diaplikasikan saat ini, meskipun konsepnya sudah dirumuskan lebih dari 1 abad yang lalu. Pemikiran Bapak Pendidikan Indonesia yang begitu memikirkan kecerdasan bangsa ternyata tidak aus dimakan zaman. Saat ini, prinsip bapak Pendidikan Indonesia dapat sejalan dengan teknologi yang berkembang di dunia pendidikan. Pijar Sekolah sebagai platform pembelajaran digital misalnya, memiliki misi agar platformnya dapat diakses oleh seluruh siswa di Indonesia, demi pendidikan yang merata. Yuk, cari tahu lebih lanjut di web Pijar Sekolah sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *