Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username : sekolahdemopijar@gmail.com
Password : sekolahdemo

GURU
Username : guru1@gmail.com
Password : gurudemo

SISWA
Username : 30170521
Password : siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Rekomendasi Aplikasi Ujian Sekolah Online dan Manfaatnya

Aplikasi ujian sekolah online

Ujian online semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Sebagian besar alasannya adalah untuk menormalkan pendidikan dari jarak jauh semenjak pandemi COVID-19. Sekarang memang pendidikan sudah berjalan normal, tapi tetap ada berbagai manfaat bagi guru, siswa, dan orang tua dengan menggunakan aplikasi ujian sekolah online. Kalau guru ingin tahu aplikasi ujian sekolah online, simak info selengkapnya di bawah ini!

Manfaat Aplikasi Ujian Sekolah Online

Berikut ini beberapa manfaat melakukan ujian online via aplikasi:

1. Hemat Biaya

Ujian online jelas lebih murah dibandingkan ujian tradisional karena tidak membutuhkan persiapan tempat, pengeluaran untuk percetakan, kertas, dan lain sebagainya. Biaya besar dapat dihemat secara signifikan. 

2. Lebih Cepat

Bukan cuma hemat biaya, tapi pelaksanaan ujian online juga lebih menghemat waktu, baik bagi guru dan siswa. Ujian dilakukan secara otomatis, tidak perlu membuang waktu ke sekolah pula. Guru dapat fokus mempersiapkan soal, siswa fokus belajar. 

3. Meningkatkan Keamanan

Ujian sekolah adalah solusi anti menyontek antar sesama siswa. Selain itu, soal ujian tidak mungkin dibocorkan sebelumnya, karena baru akan dibagikan tepat sesaat ujian akan berlangsung dan tidak ada bukti fisiknya. 

4. Soal Lebih Beragam

Bukan hanya soal pilihan ganda, isian, dan esai saja, aplikasi ujian sekolah online memungkinkan guru membuat soal yang lebih beragam. Bahkan para siswa bisa menautkan gambar atau video pada beberapa aplikasi. 

Rekomendasi Aplikasi Ujian Sekolah Online

Berikut ini 5 rekomendasi aplikasi ujian sekolah terbaik:

1. ThatQuiz

Pilihan yang pertama ini dapat diakses melalui perangkat Android. Jadi cukup dengan HP atau tablet, guru dan siswa sudah bisa menggunakannya. Keunggulan lainnya adalah tampilannya yang termasuk simpel, sehingga tidak rumit untuk dipelajari dan digunakan. Para guru dapat membuat soal pilihan ganda maupun esai di ThatQuiz. 

Memang, hingga saat ini soal ujian yang dapat diselenggarakan di aplikasi ini termasuk terbatas. Contohnya mata pelajaran matematika, Bahasa asing seperti Inggris, Jerman, Prancis, dan Spanyol, serta geografi. 

2. Google Form

Bukan hanya untuk mengisi formulir dan survei saja, Google Form ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengadakan ujian. Aplikasi yang satu ini sudah populer karena mudah diakses, karena itu banyak yang sudah familier juga dengan tampilan dan cara membuat maupun mengisinya. Para guru dapat membuat ujian dalam bentuk pilihan ganda dan esai. 

Untuk mengumpulkan soal di Google Form juga sangat mudah, apalagi sudah langsung terintegrasi dengan Gmail, yang kebanyakan orang sudah miliki. Kalaupun belum, cara membuat akun Gmail sangat mudah, jadi bisa segera diakses dengan cara yang simpel dan cepat. 

3. QuizEgg

Khawatir tidak semua orang punya memori yang cukup di perangkatnya untuk mengakses dan menyimpan soal? QuizEgg bisa jadi solusinya. Di aplikasi yang dapat diakses di perangkat Android ini. tersedia pembuatan link unik menuju ke soal, jadi cukup di-copy saja dan bagikan ke siswa yang akan mengerjakannya. 

Aplikasi ini jadi lebih menarik lagi karena ada banyak fitur yang memudahkan penggunanya. Misalnya sistem penilaian di setiap soal. Guru juga dapat memilih pengaturan jawaban yang benar atau salah ditampilkan. Dengan begitu, saat tahap evaluasi para siswa bisa memahami apa yang salah dari jawaban mereka dan mempelajarinya. 

4. Testmoz

Dapat digunakan secara gratis, Testmoz memungkinkan para siswa mengerjakan ujian yang kapasitas maksimalnya 50 soal. Tentu pihak sekolah dapat meningkatkan jumlahnya dengan menggunakan layanan berbayar, sekitar Rp 700 ribuan per tahun. 

Banyak fitur yang ditawarkan aplikasi ini. Salah satu yang paling disukai adalah para guru dapat membuat soal dengan berbagai jenis format. Mulai dari pilihan ganda, isian, hingga mengunggah gambar maupun video sebagai pendukung jawaban yang akan sangat membantu dalam ujian praktik.

5. Pijar Sekolah

Rekomendasi yang terakhir adalah Pijar Sekolah, platform pembelajaran digital terpadu yang sangat membantu baik guru maupun siswa. Pijar Sekolah menawarkan suasana pembelajaran yang efektif tapi tetap menyenangkan. Siswa dapat mengakses ribuan konten digital yang akan sangat membantu dalam mengerjakan tugas maupun menambah wawasan.

Selain itu, aplikasi ujian sekolah online ini memungkinkan pihak sekolah untuk melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK) dengan mudah. Para guru pun sangat terbantu dalam membuat soal, menjadwalkan ujian, mengawasi ujian, sampai memeriksa hasil ujian. 

Bahkan lewat aplikasi ini, sekolah juga dapat sangat terbantu dalam mengelola administrasi dan juga operasional sekolah. Cukup satu aplikasi saja, berbagai kebutuhan belajar mengajar dapat terpenuhi dengan baik. Jadi tunggu apa lagi? Langsung saja kunjungi website Pijar Sekolah sekarang dan dapatkan info lebih lanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *