Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username : sekolahdemopijar@gmail.com
Password : sekolahdemo

GURU
Username : guru1@gmail.com
Password : gurudemo

SISWA
Username : 30170521
Password : siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Sistem Informasi Manajemen Sekolah: Pengertian, Kelebihan dan Kendalanya

Sistem informasi manajemen sekolah

Sistem informasi manajemen sekolah menjadi hal yang krusial dan membutuhkan penataan lebih bagus dan terstruktur agar tidak menghambat segala bentuk kegiatan belajar mengajar. Sistem yang jelas membuat semua pihak yang ada di dalamnya merasa lebih nyaman dan tidak kebingungan. Untuk lebih jelasnya Sobat Pijar bisa cek penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Sistem Informasi Manajemen Sekolah?

Sistem manajemen sekolah merupakan sistem yang dibuat untuk merencanakan semua hal yang berhubungan dalam memudahkan kinerja staf untuk mengurus berbagai jenis manajemen dan juga administrasi di sekolah. Tujuannya agar semua hal bisa diselesaikan lebih mudah secara online dan penyimpanan yang lebih aman tentunya. 

Sistem ini digunakan untuk memudahkan segala hal yang berhubungan dengan aktivitas untuk berinteraksi maupun membuat evaluasi dan rekapan. Semua jenis informasi yang akan diakses tentu haruslah mudah dan valid namun bukan berarti keamanannya tidak diperhatikan. Semua staf harus punya akses yang sama untuk dibuka baik di Hp maupun laptop dan secara online maupun offline. 

Kelebihan dari Sistem Manajemen Sekolah 

Tujuan utama dibuatnya sistem manajemen sekolah adalah untuk mengurangi adanya masalah yang terjadi dalam hal administrasi dan juga manajemen di sekolah. Untuk lebih detailnya mengenai kelebihan yang diberikan sistem manajemen sekolah langsung saja cek di bawah ini!

1.Bisa Diakses Kapan Saja Sesuai Keinginan 

Kelebihan pertama yang diberikan oleh sistem manajemen sekolah ini adalah bisa memberikan akses kapan saja sesuai keinginan. Pengguna bisa langsung membukanya secara online tanpa batasan instalasi maupun lainnya. Jadi meskipun dibutuhkan langsung beberapa orang tentu tidak akan menjadi masalah. Datanya tetap sama dan tidak akan terjadi perubahan di dalamnya. 

2. Mendapatkan Data yang Real Time 

Dengan menggunakan sistem manajemen sekolah ini kamu bisa mendapatkan apa saja datanya secara real time atau nyata. Contohnya adalah untuk pembuatan jadwal penting dan absensi tentu saja kita semua membutuhkan data yang nyata sesuai waktu masuk dan pulangnya semua staf. Sistem ini akan menjadi bukti konkrit yang bisa dipertanggungjawabkan. 

Tidak perlu lagi mencatat secara manual karena sudah otomatis masuk ke dalam sistemnya. Semuanya tersimpan lebih aman langsung ke database dari sekolah. 

3. Menghindari Adanya Kesalahan dan Kecurangan 

Jika menggunakan absensi secara manual atau alat lainnya tentu saja akan mudah untuk dimanipulasi sehingga menimbulkan kecurangan atau bahkan kesalahan yang tidak bisa dihindari. Sistem ini dibuat untuk menghindari adanya hal-hal merugikan seperti itu jadi semua staf punya kewajiban dan hak yang sama tidak ada perbedaan di dalamnya. 

Biasanya sistem ini juga membekali adanya swafoto, GPS maupun sidik jari yang sulit sekali untuk dititipkan maupun dimanipulasi. Dengan begitu semua staf yang terlibat di dalamnya akan lebih patuh dan tidak mudah berbuat curang tentunya. 

4. Bisa Memantau Semua Kegiatan Lebih Mudah 

Dibandingkan dengan sistem yang dilakukan secara manual dan belum terintegrasi tentu saja membuatnya susah untuk dicari apalagi tidak dijadikan dalam satu sistem. Dengan adanya sistem manajemen sekolah membuat semua hal yang berkaitan dengan administrasi sekolah menjadi lebih mudah disimpan, diakses maupun dicari ketika dibutuhkan. 

Selain itu dengan adanya sistem tentu akan menjaga keamanan data yang masuk ke dalamnya menjadi maksimal dibandingkan dengan membiarkannya tercecer tidak dalam satu sistem kesatuan. 

Kendala yang Sering Terjadi dalam Sistem Informasi Manajemen Sekolah 

Di balik adanya kelebihan tentu saja ada beberapa kendala yang sering terjadi dalam sistem informasi manajemen sekolah dan perlu dipertimbangkan. Adapun untuk kendala yang dimaksud bisa langsung cek semuanya di bawah ini!

  • Tidak semua staf yang terlibat sudah memahami bagaimana cara mengoperasikan komputer dan juga jaringan internet. Sehingga penggunaan sistem secara online ini tentu tidak akan menyeluruh apalagi untuk jenis sekolah yang berada di pelosok akan sulit untuk menyesuaikan dengan kondisi perkembangan digital. 
  • Tidak semua sekolah dilengkapi dengan fasilitas internet dan juga komputer yang mumpuni. Jadi kalau belum siap dalam hal ini akan sulit diterapkan mengingat penggunaannya memang belum sepenuhnya merata. Fasilitas ini harus ada dulu sebelum beralih menuju sistem manajemen sekolah yang online. 
  • Tidak semua sekolah dilengkapi dengan adanya tenaga staf yang mencukupi dalam membuat sistem manajemen sekolah. Sehingga harus membutuhkan waktu lama sampai sistem yang dimaksud benar-benar bisa digunakan maksimal. 
  • Pembuatan sistem ini tentu membutuhkan biaya yang digunakan untuk membeli fasilitas seperti komputer dan juga jaringan internetnya. 

Tips Memilih Sistem Informasi Manajemen Sekolah yang Tepat

Pilihan sistem informasi manajemen sekolah beragam saat ini. Untuk bisa menemukan yang paling tepat, berikut ini beberapa tips saat memilihnya:

1. Memahami Kebutuhan Sekolah

Tantangan yang dihadapi setiap sekolah berbeda-beda, karena itu sistem yang dibutuhkan setiap sekolah juga dapat berbeda satu sama lain. Untuk memilih yang tepat, maka ketahui dulu apa yang dibutuhkan sekolah. Mulailah dari mencari tahu tantangan apa saja yang dihadapi sekolah, buat daftarnya, ini akan jadi panduan menemukan sistem yang tepat. 

2. Evaluasi Fitur-fiturnya

Tidak semua sistem informasi manajemen sekolah dirancang dengan fitur yang sama. Karena itu, penting untuk mengevaluasi apa saja fitur yang ditawarkan dari setiap sistem. Dari sini, akan lebih mudah memilih sistem yang menawarkan fitur sesuai prioritas sekolah. 

3. Cek Kemudahan Penggunaannya

Setiap orang memiliki kemampuan menggunakan teknologi yang berbeda-beda. Terutama di sekolah yang baru beralih ke digital, maka perlu sangat dipikirkan terkait antarmuka sistem informasi manajemen sekolah. 

Pastikan antarmukanya dapat dipelajari dengan mudah baik oleh guru, siswa, dan orang tua. Teknologi dibuat untuk mempermudah hidup dan aktivitas kita. Karena itu, hindari teknologi yang justru mempersulit dan membuang waktu. 

4. Pilih yang Mudah Diakses

Sistem informasi manajemen sekolah biasanya dapat diakses di komputer. Tapi penting juga mempertimbangkan sistem yang dapat diakses dengan mudah di perangkat seluler, seperti HP dan tablet. Kebanyakan siswa dan orang tua akan mengaksesnya dari perangkat seluler karena lebih praktis dan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. 

5. Cek Jaminan Keamanannya

Semua yang berhubungan dengan software dan internet rentan keamanannya. Karena itu, sebelum menggunakan sistem informasi manajemen sekolah yang mana pun, cek dulu jaminan keamanannya. Pilih yang menawarkan pembaruan sistem keamanan secara berkala. Ini sangat penting untuk menjaga semua data siswa dan sekolah tetap terjaga dengan baik. 

Membuat manajemen sistem untuk sekolah tentu membutuhkan bekal yang mumpuni. Untuk itu Sobat Pijar bisa langsung mengakses semua materi dan bekalnya lebih lengkap di Pijar Sekolah saja. Materinya ringan dengan sistem pembelajaran yang menyenangkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *