Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username : sekolahdemopijar@gmail.com
Password : sekolahdemo

GURU
Username : guru1@gmail.com
Password : gurudemo

SISWA
Username : 30170521
Password : siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Tanggung Jawab & Peran Komite Sekolah

Peran komite sekolah

Peran komite sekolah sangat penting untuk keberlangsungan kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien. Apa saja tanggung jawab yang harus dipenuhi komponen sekolah? Pertama-tama, kenali dulu komponennya di bawah ini. 

Komponen Komite Sekolah

Berikut ini 3 komponen yang harus ada di komite sekolah:

1. Anggota

Komite sekolah tentunya harus memiliki anggota. Siapa yang bisa menjadi komite sekolah? Mereka yang memiliki kepentingan akan keberlangsungan kegiatan belajar mengajar yang baik. Biasanya terdiri dari orang tua, guru, dan pemegang saham. 

2. Kebijakan

Komite sekolah harus memiliki kebijakan yang akan menjadi dasar dalam menjalankan aktivitas administratif dan operasional. Selain itu, anggota komite sekolah juga akan mengevaluasi kebijakan tersebut. 

3. Anggaran

Komite sekolah tentu membutuhkan biaya untuk menyelenggarakan kegiatan, seperti rapat yang dilaksanakan secara teratur. Namun diusahakan agar anggarannya tidak berlebihan karena komite lebih fokus pada kemajuan sekolah dan siswanya. 

Tanggung Jawab Komite Sekolah

Berikut ini beberapa tanggung jawab yang diemban komite sekolah:

1. Menentukan Kebijakan Sekolah

Kebijakan dan peraturan sekolah yang kemudian diterapkan oleh guru kepada seluruh siswa sudah tentu melewati persetujuan dari komite sekolah. Setelah kebijakan diterapkan dalam periode tertentu, komite juga bertugas mengevaluasi apakah kebijakan tersebut efektif atau justru butuh disempurnakan lagi demi keberlangsungan sekolah yang lebih baik ke depannya. 

2. Menyetujui dan Merevisi Anggaran Sekolah

Tanggung jawab berikutnya adalah komite sekolah harus meninjau, merevisi, dan menyetujui anggaran tahunan yang diusulkan oleh pengawas sekolah. Tujuan anggaran adalah untuk mendukung tujuan dan misi pendidikan. Anggaran sekolah pada umumnya harus disetujui oleh dua pertiga suara komite sekolah. 

3. Menentukan SDM Sekolah

Komite sekolah memiliki kewenangan untuk menentukan siapa yang akan menjadi pengawas, kepala sekolah, manajer bisnis, direktur sumber daya manusia, dokter sekolah, perawat, penasihat hukum, dan masih banyak lagi personel sekolah lainnya. 

Pada dasarnya, pengawas atau kepala sekolah yang ditunjuk oleh komite sekolah memiliki wewenang untuk mengangkat semua posisi di bawahnya. Tetapi beberapa komite sekolah ada yang kebijakannya sebelum menetapkan pegawai dalam posisi apa pun tetap harus melalui komite. 

4. Mengawasi Gol Sekolah

Setiap sekolah tentu memiliki tujuan tertentu, yang biasanya harus selaras pula dengan tujuan di area sekolah tersebut. Komite sekolah memiliki tanggung jawab memonitor berbagai usaha untuk mencapai gol-gol tersebut. Jika ada yang perlu diusahakan, maka komite akan mengusulkan cara-cara untuk mencapai tujuan tersebut. 

5. Berkomunikasi ke Pihak Eksternal  

Terakhir, komite sekolah juga bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan kepada pihak eksternal, terutama masyarakat, tentang sekolah dan apa saja program yang sedang dijalankan saat ini. karena itu, komite juga bertugas mendengarkan masukan dari pihak eksternal untuk keberlangsungan kegiatan belajar mengajar yang lebih baik. 

Kewajiban Anggota Komite Sekolah

Setiap anggota komite sekolah juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi selama periode menjadi anggota. Berikut ini beberapa kewajiban anggota komite sekolah:

  • Anggota wajib menghadiri rapat komite sekolah dan sub komite (jika ada) yang diadakan secara rutin. Apabila ada anggota yang tidak dapat menghadiri rapat tertentu, maka wajib memberitahukan terlebih kepada sekretaris komite atau ke ketua rapat. Apabila rapat tidak memenuhi kuorum, maka dapat diadakan pembahasan, tapi tidak dapat diadakan pemungutan suara. 
  • Setiap anggota komite sekolah harus menjaga kerahasiaan diskusi yang berlangsung dalam sesi eksekutif. 
  • Anggota komite sekolah wajib memeriksa akun email komite mereka setidaknya setiap hari untuk tetap mendapat informasi dan menanggapi pertanyaan dari staf, kolega, atau konstituen. Anggota komite didorong untuk dapat cepat tanggap terhadap pertanyaan, setidaknya dalam waktu 24 jam jika memungkinkan. 

Jika pertanyaan ditujukan kepada seluruh anggota komite sekolah, maka ketua komite yang bertanggung jawab untuk memberikan tanggapan. Anggota komite sekolah sebaiknya tidak menggunakan akun email pribadi mereka untuk urusan komite sekolah. 

  • Keputusan komite sekolah bersifat mengikat dan anggota komite harus mendukung keputusan tersebut setelah keputusan diambil. Setidaknya, anggota komite tidak meremehkan keputusan yang telah disepakati, meskipun kurang menyetujuinya. 

Pentingnya Peran Komite Sekolah

Kenapa harus ada komite sekolah? Peran mereka sangat penting dalam beberapa hal yang terkait kelancaran kegiatan belajar mengajar. Berikut ini beberapa alasan kenapa komite sekolah itu penting dimiliki setiap sekolah:

1. Membuat Keputusan Strategis Terkait Edukasi

Komite sekolah berperan penting dalam membuat keputusan yang memengaruhi masa depan pendidikan siswa. Misalnya saja kurikulum, buku pelajaran yang digunakan, hingga ke alokasi sumber daya yang dimiliki sekolah.

2. Akuntabilitas 

Komite sekolah menyediakan mekanisme akuntabilitas kepada orang tua, siswa, dan masyarakat secara umum. Komite bertindak sebagai penghubung antara pejabat sekolah dan masyarakat, mereka memastikan bahwa kebijakan dan prosedur sekolah tetap transparan dan mudah diakses. 

3. Mengelola Anggaran

Komite sekolah bertanggung jawab untuk mengelola anggaran sekolah. Ini mencakup alokasi dana untuk program pendidikan bagi siswa, gaji guru, biaya pemeliharaan sekolah dan fasilitasnya, serta berbagai biaya lain yang diperlukan. 

4. Keterlibatan Masyarakat

Orang tua dan anggota masyarakat dapat terlibat dalam proses pendidikan, hanya dengan bantuan dari komite sekolah. Selain itu, komite sekolah juga bertugas mengadvokasi kebutuhan siswa dan juga tenaga pengajar agar lebih dipahami oleh orang tua dan masyarakat. 

5. Pengembangan Kebijakan Sekolah

Komite sekolah bertanggung jawab dalam mengembangkan kebijakan sekolah. Kebijakan diharapkan dapat meningkatkan keberhasilan dari segi akademis, keadilan sosial, dan keselamatan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. 

6. Kesejahteraan Karyawan Sekolah

Tak hanya menangani segala hal yang berhubungan dengan siswa dan guru saja, tapi komite sekolah juga bertanggung jawab atas kesejahteraan karyawan lain di sekolah. Misalnya menangani negosiasi kontrak kerja karyawan. Selain itu, jika ada perselisihan antara guru dengan karyawan sekolah lainnya, komite sekolah juga bertanggung jawab menyelesaikannya. 

7. Perencanaan Strategis

Komite sekolah terlibat dalam perencanaan strategis jangka panjang untuk memastikan bahwa sekolah memenuhi kebutuhan siswa. Selain itu, perencanaan ini juga diharapkan dapat beradaptasi dengan perubahan tren dan teknologi yang digunakan dalam pendidikan saat ini. 

Gunakan Platform Manajemen Sekolah untuk Mengatur Kegiatan Komite

Sata ini, peran komite sekolah pun dapat diatur dan disesuaikan menggunakan platform manajemen sekolah. Dengan begitu, setiap anggota komite dapat mengaksesnya dengan mudah dan mendapat notifikasi tiap kali ada jadwal yang harus dihadiri. Beberapa platform bahkan menyediakan fitur video conference yang dapat dimanfaatkan untuk rapat online. 

Platform berkualitas seperti Pijar Sekolah dari PT Telkom Indonesia hadir dengan manajemen administrasi dan operasional yang dapat dimanfaatkan sekolah dengan baik? Ingin dapat info lebih lanjut? Langsung saja kunjungi web Pijar Sekolah sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *