Mana Lebih Baik untuk Siswa: Menghafal atau Memahami Pelajaran - Pijar Sekolah

Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Mana Lebih Baik untuk Siswa: Menghafal atau Memahami Pelajaran

Ada yang bilang kalau pelajaran jangan dihafal, tetapi harus dipahami. Apakah artinya siswa lebih baik memahami pelajaran dibandingkan menghafal? Mungkin iya, mungkin juga tidak. Sebelum membahasnya lebih lanjut, sebaiknya Anda mengetahui arti dari keduanya terlebih dahulu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menghafal adalah usaha meresapkan ke dalam pikiran agar selalu ingat. Proses ini berlangsung cepat sehingga menjadi “jalan pintas” dalam proses belajar. Sedangkan memahami berarti mengerti dengan benar. Lantas, adakah yang lebih baik di antara keduanya?

Tidak ada jawaban pasti mengenai hal tersebut. Namun,  Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, menyebutkan bahwa kompetensi menghafal tidak diperlukan di masa depan. Menurutnya, tantangan masa dengan memiliki kompleksitas yang tinggi sehingga dibutuhkan kompetensi selain menghafal, yakni kemampuan memahami konsep bacaan (literasi) dan kemampuan mengaplikasikan konsep hitungan di dalam suatu kompleks yang abstrak atau nyata (numerasi).

Terkait hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa diharapkan dapat memahami pelajaran ketimbang hanya menghafal saja. Sayangnya karena pandemi COVID-19, para siswa menghadapi berbagai hambatan saat pembelajaran jarak jauh (PJJ). Survei Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada bulan Mei 2020 lalu menunjukkan bahwa banyak siswa sulit memahami pelajaran saat belajar online. Maka itu, dibutuhkan strategi khusus untuk membantu para siswa lebih mudah memahami pelajaran saat belajar online.

Tips Agar Siswa Mudah Memahami Pelajaran Saat Belajar Online

Menghafal pelajaran lebih mudah dibandingkan memahaminya. Selama para siswa rutin menghafal, maka ingatannya semakin kuat. Namun ketika proses menghafal berhenti, maka ingatan mereka perlahan akan menghilang. Mereka akan lupa dengan apa yang sudah dipelajari, tetapi ketika mereka mencoba memahaminya, ingatan mereka akan lebih kuat dan bisa mengaplikasikan ilmunya di dunia nyata.

Beberapa tips berikut bisa Anda coba ajarkan ke para siswa agar mereka bisa memahami pelajaran dengan cepat meskipun belajar dari jarak jauh:

  • Membuat catatan kecil dan fokus pada poin-poin penting saja. Ajak para siswa untuk membuat catatan saat Anda menerangkan pelajaran. Meskipun saat ini mereka bisa mencatat menggunakan gadget, sebuah studi yang dilakukan oleh Pam Mueller (2014) menunjukkan bahwa pelajar yang mencatat dengan tulisan tangan dapat menyimpan informasi lebih baik dibandingkan pelajar yang mengetik dengan laptop.
  • Garis bawahi hal-hal penting. Saat para siswa belajar dari buku pelajaran, ajarkan mereka untuk menggaris bawahi hal-hal penting menggunakan pulpen atau highlighter warna. Cara ini memudahkan mereka untuk mencari materi yang dibutuhkan saat ingin mempelajarinya kembali di kemudian hari.
  • Buat peta pemikiran (mind map). Ini merupakan cara kreatif untuk membantu para siswa memahami pelajaran dengan menghubungkan konsep pelajaran.
  • Perbanyak latihan soal. Semakin sering menjawab latihan soal, para siswa akan semakin paham mengenai model soal yang ditanyakan.
  • Belajar dari studi kasus. Terkadang, teori menyulitkan para siswa untuk memahami suatu konsep pelajaran. Maka itu, studi kasus diperlukan untuk membantu mereka memahami pelajaran dengan belajar dari sebuah kasus, sehingga mampu memvisualisasikan teori dan jadi lebih mudah paham.
  • Berdiskusi dengan teman dan guru. Jika diperlukan, ajak para siswa untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai suatu pelajaran. Hal ini dapat membantu mereka mendapatkan banyak ide baru yang akan memperkaya pengetahuannya.

Pijar Sekolah Bantu Siswa Mudah Memahami Pelajaran Saat Belajar Online

Setelah mengetahui tips agar siswa menghafal dan memahami pelajaran dengan baik, Anda dapat memaksimalkannya dengan Pijar Sekolah yang dapat membuat proses belajar online menjadi lebih menyenangkan.

Sebagai platform pendidikan digital terintegrasi, Pijar Sekolah menghadirkan banyak fitur yang dapat membantu Anda melaksanakan sekolah daring secara optimal, serta membantu para siswa memahami pelajaran secara maksimal. Beberapa fitur unggulan Pijar Sekolah antara lain:

  • Buku Digital yang memudahkan siswa belajar dari mana saja dan kapan saja. Fitur ini bisa diakses secara gratis tanpa khawatir kehabisan kuota internet.
  • Video Pembelajaran. Anda dan para siswa bisa berinteraksi satu sama lain untuk membahas pelajaran yang sedang diajarkan. Siswa diajak untuk lebih aktif di dalam kelas online sehingga membantu mereka untuk bisa memahami pelajaran dengan cara yang menyenangkan.
  • Lab Maya berupa simulasi praktikum lab dengan program multimedia interaktif. Fitur ini membantu siswa memahami materi percobaan sains yang biasanya dilakukan di laboratorium. Oleh karena dibuat secara digital, siswa dapat mengulang kembali praktikum jika belum memahaminya.

Ingin Sekolah di Rumah dengan Pijar Sekolah? Daftar Sekarang atau Uji Coba Gratis di sini. Informasi lebih lanjut tentang Pijar Sekolah kunjungi pijarsekolah.id atau Instagram @pijarsekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *