Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

5 Tips Menyiapkan Acara Buka Puasa Bersama di Sekolah

Buka puasa bersama

Bulan puasa memang belum lengkap rasanya kalau belum mengadakan acara buka puasa bersama. Nah, kalau guru ingin tahu tips menyiapkan acara buka bersama bersama siswa, simak informasinya di bawah ini.

Pada dasarnya acara buka puasa bersama bisa membawa banyak manfaat untuk guru dan siswa, seperti menambah pengetahuan siswa akan agamanya serta  puasa bersama meningkatkan kedekatan guru dan siswa, siswa dan siswa, serta guru, siswa dan bahkan orang tua siswa. Karena dalam acara buka puasa bersama, orang tua siswa biasanya bisa terlibat sebagai panitia.

Tips Menyiapkan Acara Buka Bersama di Sekolah

Kalau guru merasa acara buka bersama bersama hanya bisa diikuti untuk siswa yang beragama islam saja, guru salah besar. Karena di sisi lain acara buka bersama bersama bisa terlihat seperti acara makan-makan bersama hanya saja waktu makannya sedikit berbeda. Jadi, acara buka bersama bersama bisa diikuti oleh semua siswa dari semua agama.

Beberapa tips menyiapkan acara buka bersama bersama yang bisa guru terapkan dengan mudah, yaitu: 

1.Buat perencanaan acara buka puasa bersama dengan matang

Tips pertama yang wajib guru terapkan untuk bisa mengadakan acara buka bersama bersama dengan sukses adalah dengan membuat perencanaan dengan sematang mungkin. Beberapa hal yang guru pikirkan dengan matang adalah visi-misi, lokasi, jumlah anggaran, dan jumlah peserta yang diperkirakan akan mengikuti acara buka bersama bersama.  Karena tanpa perencanaan yang matang, acara buka bersama bersama semua siswa tidak bisa berjalan dengan maksimal dan tidak akan membawa manfaat sesuai yang diharapkan. 

2. Sesuaikan acara buka puasa bersama dengan budget atau anggaran yang ada

Di awal semester, setiap sekolah biasanya telah menentukan anggaran yang akan digunakan untuk berbagai kegiatan di sekolah, termasuk acara buka bersama bersama. Nah, untuk membuat proses acara buka bersama bersama tetap terasa  menyenangkan tanpa perlu ‘menguras’ anggaran perusahaan terlalu banyak, ada baiknya kamu menyesuaikan acara buka bersama bersama dengan anggaran yang sudah ada.

Jika ternyata anggaran acara buka bersama bersama yang disiapkan perusahaan tidak terlalu banyak, jangan memaksakan diri untuk mengadakan acara buka puasa bersama yang terlalu mewah ya. Karena tujuan utama acara buka bersama bersama adalah mengakrabkan setiap siswa, bukan mengadakan acara jalan-jalan yang terkesan terlalu mewah. Hal paling penting yang perlu dilakukan adalah esensi acara buka puasanya tidak hilang. Beberapa esensi yang perlu ada dalam acara buka puasa bersama adalah acara siraman rohani dan makan bersama. 

3. Ciptakan kegiatan dan permainan yang tidak terlalu menghabiskan tenaga

Salah satu tujuan suatu perusahaan mengadakan acara buka bersama bersama adalah untuk membuat semua siswa bisa merasa bahagia dan nyaman untuk belajar dengan seluruh siswa dan guru. Oleh karena itu, ada baiknya guru membuat jadwal yang tidak terlalu padat dan tetap bisa dinikmati oleh siswa. 

Selain itu, jangan lupa juga untuk menyiapkan satu sesi acara yang berhubungan dengan keagamaan ya, seperti ceramah atau siraman rohani. Saat sesi acara ini setiap siswa bisa terpisah dan berkumpul dengan guru agamanya masing-masing.. Karena kembali lagi salah satu tujuan acara buka bersama bersama adalah meningkatkan pengetahuan agama setiap siswa. 

 

BACA JUGA: 7 Cara Mencegah Siswa Menggunakan ChatGPT

4. Libatkan siswa saat persiapan acara buka bersama bersama

Tidak ada salahnya juga jika guru melibatkan siswa dalam acara buka bersama bersama, misalnya dengan meminta siswa menentukan dekorasi yang tepat atau makanan yang akan disajikan. Karena hal ini akan membuat siswa merasa lebih dihargai dan akhirnya bisa mengikuti acara buka bersama bersama dengan tertib.  Selain itu, bila perlu guru juga bisa melibatkan orang tua siswa untuk turut membantu melaksanakan acara buka puasa bersama. 

 

 BACA JUGA: 6 Langkah Tepat Melakukan Background Checking

5. Buat peraturan saat acara buka bersama bersama

Saat acara buka bersama bersama tidak ada salahnya juga jika kamu membuat aturan khusus yang bisa bermanfaat untuk membuat karyawan semakin akrab. Beberapa peraturan yang bisa guru terapkan, yaitu peserta tidak boleh membuka handphone dan peserta tidak boleh berkumpul dengan rekan satu kelas selama acara buka puasa bersama berlangsung. Bila perlu, sebelum acara inti buka puasa bersama di mulai (seperti siraman rohani atau makan bersama), minta peserta untuk menyimpan handphonenya di tas masing-masing.

Nah, itu tadi beberapa tips mengadakan acara buka bersama bersama yang bisa guru terapkan dengan mudah. Pada dasarnya acara buka puasa bersama tidak harus mewah dan memerlukan uang yang banyak kok. Karena inti dari acara buka puasa bersama adalah meningkatkan pengetahuan siswa akan ilmu agama dan membangun kedekatan semua siswa dan guru. 

Kalau guru ingin proses belajar mengajar terasa lebih mudah untuk dilakukan, yuk gunakan platform Pijar Sekolah. 

Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *