Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

7 Cara Menangani Siswa yang Berkebutuhan Khusus

cara menangani siswa yang berkebutuhan khusus

Dilansir Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (KPPA), anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami keterbatasan atau keluarbiasaan, baik fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional yang berpengaruh secara signifikan dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak lain yang seusia dengannya. 

Saat ini anak berkebutuhan khusus juga bisa bersekolah di sekolah umum yang bukan hanya ditujukan untuk anak berkebutuhan khusus. Selain itu, saat ini semakin banyak orang tua yang juga menyekolahkan anaknya di sekolah umum. Hal ini biasanya dilakukan orang tua agar anaknya bisa bersosialisasi dan mudah diterima masyarakat luas. Karena di sekolah umum, anak berkebutuhan khusus bisa bertemu dengan beragam karakter orang.

Nah, kalau guru berpikir bahwa guru harus mengenyam pendidikan tertentu untuk bisa menangani siswa berkebutuhan khusus ketika mengajar di sekolah umum, guru tidak sepenuhnya benar. Karena pada dasarnya untuk menangani siswa yang berkebutuhan khusus, guru hanya perlu menerapkan beberapa cara di bawah ini.

Cara Menangani Siswa yang Berkebutuhan Khusus 

Setiap siswa yang berkebutuhan khusus biasanya memiliki karakternya yang berbeda-beda. Hal inilah yang bisa membuat penanganan untuk setiap siswa juga berbeda. Namun, secara umum ada beberapa cara menangani siswa yang berkebutuhan khusus yang bisa guru terapkan untuk semua karakter, yaitu:

1.Kenali kebutuhan semua siswa

Hal pertama yang perlu guru lakukan untuk menangani siswa yang berkebutuhan khusus adalah dengan mengenali karakter dan kebutuhan siswa tersebut. Karena setiap siswa yang berkebutuhan khusus perlu mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisinya masing-masing. Untuk mengetahui kebutuhan siswa, guru bisa bertanya pada wali siswa. Selain itu, bila perlu guru juga bisa berkonsultasi ke dokter dan membaca buku untuk memberikan penanganan yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

2. Buat suasana kelas agar tetap teratur

Siswa yang berkebutuhan khusus biasanya menyukai semua hal yang teratur, mulai dari jadwal belajar yang nyaris sama setiap harinya, susunan bangku yang selalu teratur, sampai hiasan yang susunannya harus teratur. Oleh karena itu, guru harus bisa memastikan suasana kelas yang selalu teratur dan nyaman.

Jika dalam satu kelas siswa yang berkebutuhan khusus tergolong sedikit atau minoritas, guru bisa memberikan pengertian kepada siswa yang lain dan minta siswa yang lain untuk tetap menjaga ketertiban serta keteraturan kelas (salah satunya dengan tidak berisik atau melakukan tindakan yang mengganggu kenyamanan siswa).

3. Berikan perhatian dan bantuan lebih kepada siswa

Tidak bisa dipungkiri memang, siswa yang berkebutuhan khusus pasti memerlukan perhatian lebih dari guru dibandingkan siswa yang lain. Karena hal ini akan memudahkan siswa untuk bisa mengikuti proses belajar mengajar dan memahami materi pelajaran. Salah satu bentuk perhatian yang bisa guru berikan adalah dengan selalu bertanya apakah siswa merasa nyaman dan paham dengan materi pelajaran.

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu mengawasi siswa yang berkebutuhan khusus saat berkomunikasi dengan teman-temannya ya. Karena beberapa siswa yang berkebutuhan khusus  mungkin akan cukup kesulitan untuk berkomunikasi dan bergaul dengan teman yang lain.

4. Bantu siswa untuk bisa selalu fokus

Siswa yang berkebutuhan khusus biasanya akan cukup kesulitan untuk memahami materi pelajaran. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika guru selalu membantu siswa untuk bisa fokus. Salah satu caranya adalah dengan meminta siswa untuk duduk di posisi paling depan dan bila perlu guru bisa mengajarkan  ulang materi pelajaran yang baru disampaikan.

5. Berikan kesempatan pada siswa untuk berkembang dan berprestasi

Sama halnya seperti siswa lain, siswa yang berkebutuhan khusus juga memiliki kesempatan untuk bisa memiliki prestasi akademik. Oleh karena itu, seorang guru harus bisa terus memberikan kesempatan itu kepada siswa. Beberapa hal yang bisa lakukan untuk mendorong siswa yang berkebutuhan khusus untuk bisa memiliki prestasi akademik adalah memotivasi siswa untuk selalu belajar, berikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapat atau berbicara di depan umum.

6. Selalu berikan kesimpulan dari setiap materi pelajaran yang diajarkan

Di akhir sesi belajar mengajar, jangan lupa juga untuk memberikan kesimpulan dari materi pelajaran diajarkan ya. Karena hal ini bermanfaat untuk memudahkan siswa mengingat dan memahami materi pelajaran yang baru disampaikan. Selain itu, jangan lupa juga untuk memberikan informasi kepada siswa mengenai materi pelajaran yang akan dipelajari berikutnya. Hal ini bermanfaat agar siswa bisa mempersiapkan diri dengan baik.

7. Lakukan proses evaluasi

Melakukan evaluasi juga merupakan salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan guru lakukan saat menangani siswa yang berkebutuhan khusus. Beberapa hal yang perlu guru evaluasi adalah cara mengajar dan materi pelajar. Selain itu, saat melakukan evaluasi guru juga bisa menilai nilai siswa. Jika nilai siswa tergolong rendah, ada baiknya guru memperbaiki atau mengganti cara mengajar. Karena nilai siswa yang rendah seringkali menandakan bahwa siswa kurang bisa memahami materi pelajaran yang disampaikan guru.

 

Menangani siswa yang berkebutuhan khusus memang tidak semudah yang dibayangkan. Pun membutuhkan waktu dan kesabaran ekstra dalam mendampingi nya. Namun, bukan berarti guru harus menyerah dan tidak memberikan perhatian lebih ya. Karena bagaimanapun siswa yang berkebutuhan khusus memiliki hak yang sama untuk mendapatkan ilmu seperti siswa lainnya. Kini dengan bantuan teknologi, guru tidak perlu khawatir karena pekerjaan administratif guru bisa terbantu. 

Kalau guru ingin proses belajar mengajar terasa lebih mudah untuk dilakukan, yuk gunakan platform Pijar Sekolah. Saat ini Pijar Sekolah memiliki tampilan dashboard baru yang lebih menarik dan efisien. Tampilan dashboard baru ini memiliki banyak improvement yaitu; penggabungan Fitur Absensi, Fitur UKP, dan Fitur Tugas yang sebelumnya terpisah, kini berada dalam satu tampilan, sehingga kehadiran siswa kini dapat terlihat langsung dari menu homepage dan guru juga bisa mengisi presensi secara langsung dari menu homepage tersebut. Jadi, guru lebih mudah memantau kehadiran dan keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. 

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

Referensi

https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/31/1621/membangun-masa-depan-anak-berkebutuhan-khusus 

https://www.positiveaction.net/blog/teaching-special-education-strategies

https://www.ces-schools.net/five-tips-for-helping-students-with-special-needs/

https://www.edweek.org/teaching-learning/opinion-7-ways-to-bring-out-the-best-in-special-needs-students/2013/04 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *