Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Yuk, Cari Tahu 8 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa

Cara meningkatkan rasa pecaya diri

Guru ingin tahu cara meningkatkan rasa percaya diri siswa dengan mudah? Kalau iya, yuk simak informasinya di bawah ini.

Selain meningkatkan semangat belajar siswa, pada dasarnya meningkatkan rasa percaya diri siswa juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas belajar dan prestasi belajar siswa. Karena siswa yang percaya dengan dirinya sendiri biasanya tidak ragu atau sungkan untuk bertanya jika ada materi pelajaran yang belum dimengerti. Hal inilah yang kemudian secara tidak langsung juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Ragam Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa

Beberapa cara meningkatkan rasa percaya diri siswa yang bisa guru lakukan dengan mudah, yaitu:

1. Tunjukan rasa empati

Kadang, salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa adalah dengan menunjukkan rasa empati dan posisikan diri sebagai siswa saat mengajar. Karena hal ini bisa bermanfaat untuk membuat siswa merasa nyaman dan akhirnya rasa percaya dirinyapun akan meningkat. Salah satu cara paling mudah untuk menunjukkan rasa empati adalah dengan membantu siswa yang kesulitan belajar dan mendengarkan keluh kesah siswa.

2. Berikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapat

Selain membantu guru menerapkan sistem demokrasi di sekolah, memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapat juga bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Karena hal ini akan membuat siswa merasa lebih dihargai, sehingga rasa percaya dirinya bisa meningkat. Bila perlu, sesekali guru juga bisa meminta siswa untuk menjelaskan materi pelajaran yang baru saja diajarkan.

Agar siswa semakin terpacu untuk memberikan pendapat, guru juga bisa memberikan apresiasi kecil untuk siswa yang telah berani mengutarakan pendapatnya. Misalnya dengan memberikan stiker bintang atau cokelat.

3. Dukung setiap minat dan bakat yang dimiliki siswa

Setiap siswa memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda. Ada siswa yang memiliki bakat untuk menjadi ilmuwan, olahragawan, ataupun seniman. Apapun minat dan bakat yang siswa miliki, pastikan guru mendukungnya dengan sebaik mungkin ya. Karena hal ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa.

Kalau guru belum tahu minat dan bakat yang dimiliki siswa, yuk ajak siswa untuk mengikuti tes minat dan bakat yang ada di Pijar Belajar secara gratis melalui link berikut ini https://www.pijarbelajar.id/minat-bakat/tes .

4. Berikan apresiasi

Tidak bisa dipungkiri, kadang apresiasi kecil yang diberikan guru bisa bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Apresiasi yang diberikan juga gak harus selalu dalam bentuk yang besar seperti memberikan hadiah tas atau gadget. Kadang ucapan terima kasih, pulpen yang menggemaskan, satu batang cokelat atau satu buku sudah bisa membuat siswa merasa di apresiasi.

BACA JUGA: 6 Tips Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan Pada Siswa

5. Jangan mengoreksi siswa secara berlebihan

Bila selama ini guru sering mengoreksi siswa secara berlebihan dan langsung menegur siswa dengan cara yang kurang baik di depan siswa yang lain, mulai sekarang hentikan kebiasaan ini ya. Karena hal ini bisa menurunkan rasa percaya diri siswa dan membuat siswa merasa dikucilkan oleh gurunya sendiri.

Jadi, mulai sekarang jika ada siswa yang melakukan kesalahan ada baiknya guru menegur siswa secara halus. Setelah itu, ajak siswa berbicara dan beri tahu kesalahan apa yang dibuatnya dengan cara yang baik. Sehingga pada akhirnya siswa bisa memperbaiki kesalahan yang diperbuat dan tetap memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

6. Berikan masukan yang membangun

Dilansir dari Varthana, penelitian menunjukkan bahwa umpan balik yang konstruktif membantu siswa belajar dan berkembang. Karena seorang siswa tidak bisa berkembang jika siswa tersebut tidak tahu kesalahan apa yang telah lakukan. Oleh karena itu, guru harus memberikan umpan balik atau masukan konstruktif kepada siswa.

7. Hindari membanding-bandingkan siswa

Salah satu kesalahan yang mungkin cukup sering dilakukan guru adalah sering membandingkan satu siswa dengan siswa yang lain. Padahal membanding-bandingkan siswa bisa menurunkan rasa percaya diri siswa lho. Karena hal ini akan menimbulkan perasaan tidak mampu dan tidak aman yang menghambat kemampuan belajar siswa.

Padahal setiap siswa memiliki keunikan dalam hal perkembangan kognitif, gaya belajar, kebutuhan, dan sebagainya. Oleh karena itu, mulai sekarang berhentilah untuk membandingkan siswa dengan siswa yang lain. Apabila guru ingin membandingkan siswa, bandingkanlah pekerjaan siswa yang sebelumnya pernah dilakukan.

8. Sesekali adakan acara makan bersama

Meskipun terlihat sederhana, faktanya mengadakan acara makan bersama semua siswa ternyata bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa lho. Karena hal ini akan membuat siswa merasa lebih nyaman untuk mengobrol dengan guru di luar mata proses belajar mengajar. Bila perlu guru bisa bekerja sama dengan guru lain dari jenjang kelas yang sama untuk mengadakan acara ini.

Di bulan puasa, guru bisa mengadakan acara buka puasa bersama dengan semua siswa di kelas. Namun, agar acaranya terasa lebih hangat dan menyenangkan, jangan lupa untuk mengajak semua siswa membuat konsep acara secara bersama-sama. Sehingga nantinya acara buka puasa bersama bisa dinikmati oleh semua siswa.

Setiap guru memang memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kemampuan akademis siswa dan membangun karakter siswa, salah satunya dengan meningkatkan rasa percaya diri siswa. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menerapkan beberapa cara meningkatkan rasa percaya diri siswa seperti di atas ya.

Kalau guru ingin proses belajar mengajar terasa lebih mudah untuk dilakukan, yuk gunakan platform Pijar Sekolah.

Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

Referensi

https://www.marlborough.org/news/~board/health-and-wellness/post/the-importance-of-healthy-self-confidence-in-students

https://kidshealth.org/en/teens/self-esteem.html

https://www.cambridge.org/elt/blog/2021/06/16/self-esteem-enhanced-in-the-classroom/

https://study.com/academy/lesson/promoting-self-esteem-in-the-classroom.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *