Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Bingung Memilih Font yang Tepat? Berikut 5 Tipsnya!

memilih font

Dalam mendesain, kamu tentu perlu memilih font, bukan? Terkadang bagi seorang desainer, memilih font membutuhkan usaha tersendiri yang cukup memakan waktu dan tenaga. Nah, agar kamu gak bingung dalam memilih font yang tepat, simak informasinya di bahwa ini yuk.

Sebenarnya, sudah banyak tersedia situs pencarian font yang bisa kamu gunakan untuk desainmu. Namun, memilih font terbaik yang sesuai dengan desainmu adalah persoalan lain.

Tips Memilih Font yang Tepat

Sebenarnya, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar kamu bisa memilih font yang sesuai dengan desainmu. Nah, Glints akan memberikan beberapa tipsnya untukmu.

1.Memilih kombinasi font pelengkap

Banyak font memiliki emosi dan kepribadian yang berbeda – serius, kasual, ceria, elegan. Anda pastinya ingin memastikan bahwa emosi dari font yang Anda pilih sesuai dengan tujuan dari desain Anda. Contohnya, sebuah jenis huruf yang bulat, penuh gelembung, mungkin cocok untuk kartu undangan pesta ulang tahun anak-anak, tapi tidak untuk newsletter bisnis Anda.

2. Kemudahan untuk dibaca

Tujuanmu dalam memilih font antara lain adalah agar pesan yang disampaikan dalam suatu desain tersampaikan dengan baik. Lalu, apa jadinya bila font yang kamu pilih tidak mudah untuk dibaca? Kemudahan dibaca yang dimaksud adalah font yang kamu pilih ukurannya tidak terlalu tipis, atau kecil. Meskipun font dirasa cocok dan memperindah hasil desain, apabila sulit dibaca tentu tidak sesuai tujuan bukan?

Oleh karena itu, pastikan dalam mendapatkan font, kamu sendiri sebagai desainer dapat dengan mudah untuk membacanya.

BACA JUGA:7 Tips Sukses Mengadakan Study Tour

3. Gunakan font yang jelas

Masih berkaitan dengan kemudahan dibaca, untuk mendapatkan font yang baik dalam sebuah desain haruslah jelas. Terdapat berbagai pilihan font artistik yang bisa kamu gunakan, namun hal ini bisa saja menyulitkan untuk dibaca. Hal ini disebabkan karena ketidakjelasan pembeda antar satu huruf dan huruf lainnya. Apabila kamu terpaksa menggunakan font seperti tipe handwriting, pastikan jarak antar huruf cukup renggang. Perenggangan ini berfungsi untuk keterbacaan tiap huruf dalam font yang kamu pilih.

4. Carilah jenis yang memiliki font family beragam

Tidak semua font memiliki family yang beragam. Menurut UXplanet, font family bisa diartikan sebagai suatu font sejenis yang memiliki perbedaan ukuran, ketebalan, dan penulisan.

Hal ini sangat menguntungkan bagi desainer apabila memiliki deadline yang cukup ketat, namun memerlukan font lebih dari satu. Dengan menggunakan font family yang beragam, desainmu bisa menjadi lebih hidup namun tetap sesuai dengan mood atau pesan yang ingin disampaikan.

Memilih font

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa guru terapkan dengan mudah.

BACA JUGA: Tenang, Burnout yang Guru Alami Bisa Diatasi dengan 6 Cara Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *