Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Cari Tahu Aplikasi Sekolah SMP Terbaik!

Aplikasi sekolah SMP

Belajar sekarang tak hanya bisa dilakukan di kelas secara fisik saja. Sudah banyak aplikasi sekolah yang bisa diakses secara online, sehingga siswa bisa belajar dengan mudah. Mau tahu apa aplikasi sekolah SMP yang bagus? Sebelumnya, simak dulu apa saja kelebihan belajar dari aplikasi online di bawah ini, yuk!

Kelebihan Belajar Lewat Aplikasi

Kenapa siswa SMP harus belajar lewat aplikasi sekolah SMP? Tentu ada berbagai kelebihan yang bisa dimanfaatkan siswa dan guru. Di antaranya adalah:

1. Lebih Fleksibel

Dari berbagai kelebihan belajar lewat aplikasi sekolah online, satu kelebihan yang paling utama adalah kegiatan belajar mengajar jadi lebih fleksibel. Siswa tidak perlu hadir secara fisik ke sekolah, cukup dari rumah atau dari lokasi mana pun mereka berada, selama ada koneksi internet yang lancar. 

2. Hemat Biaya 

Belajar lewat aplikasi sekolah online juga dapat menghemat biaya. Salah satunya adalah biaya transportasi. Siswa tidak perlu datang ke sekolah, mereka tetap bisa berada di rumah dan tak memusingkan soal biaya transportasi. Tak hanya itu saja, siswa juga tak perlu khawatir mereka akan terlambat karena macet di jalan atau karena lokasi rumah dan sekolah yang sangat jauh. 

3. Ramah Lingkungan

Tidak mengeluarkan biaya transportasi artinya secara otomatis siswa juga membantu lingkungan terjaga dengan baik. Tak perlu naik kendaraan bermotor untuk tiba di sekolah tepat waktu. Selain itu, dampak lebih ramah lingkungan juga terwujud dari berkurangnya penggunaan kertas secara signifikan. 

Di sekolah konvensional, kertas sangat dibutuhkan. Mulai dari buku teori, buku soal, lembar soal ujian, lembar jawaban, dan masih banyak lagi. Sementara itu, di sekolah yang menggunakan aplikasi online, semua materi dan soal dibagikan via online. Siswa tinggal mengunduhnya, sehingga tak perlu lagi menghabiskan banyak kertas. 

4. Kolaborasi Tetap Terlaksana

Orang tua murid khawatir dengan belajar secara online maka anak-anak tidak akan memiliki skill sosial yang baik. Hal ini bisa diatasi dengan cara membuat modul mengajar yang interaktif. Guru diharapkan menyediakan materi yang membuka pertanyaan, sehingga para siswa bisa berdiskusi. 

Selain itu, guru di aplikasi sekolah online diharapkan menyediakan ruang bagi siswa untuk menyampaikan pendapat mereka dengan terbuka, sehingga mereka tidak khawatir salah. Biarkan siswa bereksplorasi dan bereksperimen. Dengan begitu, kolaborasi tetap terjalin antar siswa maupun antara siswa dengan gurunya. 

5. Absensi Lebih Akurat

Aplikasi sekolah online tentu saja sudah dilengkapi dengan sistem absensi. Fungsinya sama saja dengan absensi secara manual, yaitu mendaftarkan dan memantau kehadiran siswa. Sistem absensi secara online ini memudahkan tugas guru. Kini absen tak perlu lagi dicek satu-persatu yang dapat memakan waktu cukup lama. 

Selain itu, waktu yang ditampilkan absensi sekolah online lebih akurat. Setiap kali siswa log in di platform sekolah online, waktunya tercatat secara detail. Biasanya, tersedia fitur laporan absen yang bisa dicek per bulan atau per semester. Membuat laporan absensi pun jadi jauh lebih mudah. 

Daftar Aplikasi Terbaik untuk Belajar

Saat ini, kita bisa menemukan berbagai aplikasi sekolah online dengan mudah. Lalu apa saja aplikasi yang terbaik untuk belajar? Ini dia beberapa di antaranya:

1. Rumah Belajar

Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Rumah Belajar tentu jadi salah satu aplikasi sekolah online yang bisa diandalkan. Platform ini menghadirkan beragam fitur penunjang aktivitas belajar mengajar, mulai dari ruang kelas maya, lab virtual, peta budaya, dan tentunya sumber belajar yang berkualitas. 

Konten pembelajaran yang bisa didapat siswa di Rumah Belajar sangat variatif sehingga siswa tak mudah bosan. Temukan mulai dari audio, video, animasi, dan gambar terkait materi yang sedang dipelajari. Materi juga disampaikan secara inovatif, sehingga lebih menarik. 

2. Ruangguru

Ruangguru adalah aplikasi belajar online yang menghadirkan sistem pembelajaran sistematis. Baik siswa, guru, maupun orang tua dapat menggunakannya dengan mudah. Aktivitas belajar bisa dilakukan di kelas virtual lewat fitur Kelas Saya. Aplikasi ini menyediakan guru online yang hadir selama 16 jam per hari. Tak sulit untuk mengatur kelas privat dengan guru yang menguasai ilmu dengan baik. 

Di Ruangguru, siswa dapat menanyakan soal yang rumit dengan cara mengambil fotonya lalu dikirimkan ke guru. Siswa juga dapat berkomunikasi dengan guru melalui 2 cara, chatting, dan panggilan suara. Karena kelas berlangsung secara privat, jadi setiap siswa lebih leluasa untuk mengajukan pertanyaan dan membuka diskusi.

3. Sekolah.mu

Aplikasi yang ketiga ini menawarkan materi yang sangat lengkap. Temukan konten pembelajaran mulai dari tingkat TK/PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK. Sistemnya sangat teratur, penggunanya bisa mengikuti webinar yang sudah terjadwal secara rapi. Tak hanya itu, materi yang dihadirkan di sini juga sangat kreatif. 

Lebih menarik lagi karena Sekolah.mu menghadirkan kursus untuk orang tua agar bisa menggunakan aplikasi dengan optimal dan mendampingi aktivitas belajar anak. Ingin pelajaran tambahan? Di sini tersedia kursus belajar membaca Al-Qur’an dan Bahasa Inggris. 

4. Zenius

Bisa diunduh di Google Play Store, Zenius merupakan aplikasi belajar online yang menyediakan konten pembelajaran mulai dari SD, SMP, SMA, dan SMK. Media yang digunakan untuk belajar adalah audio visual, sehingga siswa tidak akan mudah bosan kalau dibandingkan hanya belajar lewat tulisan. 

Zenius bisa diakses tanpa biaya alias gratis. Didesain dengan tampilan antarmuka yang mudah digunakan, baik murid, guru, maupun orang tua bisa mempelajari aplikasinya dengan cepat. Menariknya, di platform ini juga tersedia persiapan menuju ke perguruan tinggi. 

5. Pijar Sekolah

Hadir sebagai platform belajar digital, Pijar Sekolah memiliki tampilan antarmuka yang mudah digunakan, sehingga guru, siswa, dan orang tua bisa menggunakannya secara bersama-sama. Platform ini tak hanya menghadirkan konten belajar, tapi juga soal ujian. Selain itu, ada fitur yang memudahkan administrasi sekolah seperti laporan nilai, laporan absensi, dan laporan lainnya yang dibutuhkan siswa dan guru.

Belajar lewat aplikasi online ternyata banyak kelebihannya bagi siswa dan guru. Pastikan memilih aplikasi yang dapat diandalkan dan memiliki reputasi baik supaya kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan lancar. Salah satu aplikasi sekolah SMP dan aplikasi untuk sekolah SMK adalah Pijar Sekolah. 

Memiliki visi dan misi memeratakan pendidikan dan menjadikan masyarakat Indonesia di mana pun berada lebih melek teknologi, Pijar Sekolah hadir dengan mata pelajaran yang lengkap. Tak hanya konten pembelajaran yang interaktif dan menarik, di sini juga tersedia fitur ujian sekolah berbasis aplikasi. Jadi tunggu apa lagi? Langsung saja kunjungi Pijar Sekolah untuk menemukan semua fiturnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *