Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Kelebihan dan Tips Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran

Penggunaan teknologi dalam pembelajaran

Penggunaan teknologi dalam pembelajaran di sekolah semakin populer seiring dengan usaha sekolah dan institusi pendidikan lainnya untuk menghadirkan pendidikan yang terbaik bagi siswanya. Contoh penggunaan teknologi dalam pembelajaran di antaranya adalah kelas online, penggunaan software dan aplikasi dalam kegiatan belajar mengajar, dan masih banyak lagi. 

Saat ini, sekolah dan institusi pendidikan lainnya memang sulit lepas dari penggunaan teknologi. Nyatanya, ada banyak kelebihan yang bisa didapat dari teknologi di dunia pendidikan. Di bawah ini akan dibahas apa saja kelebihan dan tips menggunakan teknologi dalam pembelajaran. 

Kelebihan Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran

Berikut ini beberapa kelebihan dari memanfaatkan teknologi untuk aktivitas pembelajaran di sekolah:

1. Menawarkan Materi yang Lebih Luas dan Dapat Diakses dengan Mudah

Teknologi yang bisa digunakan di dunia pendidikan saat ini sudah cukup variatif. Masing-masing menawarkan keunggulan masing-masing, dengan begitu guru dan siswa bisa memilih mana yang terbaik dan paling tepat untuk kebutuhan belajar mereka. 

Tentu saja, materi yang variatif mampu membantu guru dan siswa untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang tepat. Sehingga guru bisa menjadi profesional yang baik di bidang pilihannya. Sementara itu, siswa bisa mendapatkan materi yang terbaik. 

2. Menghadirkan Pengalaman Belajar yang Menyenangkan Bagi Siswa

Pembelajaran tradisional di dalam kelas terkadang bisa membosankan dengan format dan konsep yang itu-itu saja. Dengan pembelajaran masa kini yang memanfaatkan teknologi, ada banyak cara untuk belajar sambil bermain atau bersenang-senang. Dengan begitu, siswa akan lebih termotivasi dan semangat setiap kali akan belajar. 

Tentu saja, untuk menghasilkan situasi belajar yang seru, tidak bisa hanya bergantung dari software atau aplikasi saja. Guru diharapkan juga lebih kreatif dalam mengolah apa yang dihadirkan teknologi supaya bisa menemukan sesuatu yang berbeda dan baru. 

3. Lebih Mudah Diakses

Internet sudah menjadi bagian penting dari kehidupan. Sehingga digunakan di hampir segala aspek kehidupan. Dunia pendidikan pun sekarang tak terlepas dari internet. Saat ini penting bagi siswa untuk memiliki akses internet agar mereka dapat mengerjakan tugas dan penelitian dari mana pun dan kapan pun. 

Adanya internet dan teknologi yang maju dalam dunia pendidikan bisa membantu siswa dalam belajar, apabila digunakan dengan tepat. Siswa dapat terhubung dengan internet saat berada di rumah maupun sekolah, tentunya dengan pengawasan dari orang tua dan guru. 

4. Membantu Siswa Mendapat Keterampilan dan Pengetahuan Baru

Sebenarnya kelebihan ini tak hanya didapat oleh siswa saja, melainkan didapat guru juga. Agar bisa menerapkan teknologi saat mengajar, maka para pengajar harus memahami dan menguasainya terlebih dulu. Karena itu, guru dituntut untuk terus mengikuti perkembangan teknologi. 

Sementara itu, siswa pun akan mendapat pengetahuan baru saat belajar dengan teknologi. Program-program dari teknologi ini memberi peluang pada siswa untuk lebih kreatif dan mendapat pengetahuan yang lebih luas lagi. 

Tips Menggunakan Teknologi dalam Pembelajaran

Tertarik menerapkan teknologi untuk bahan pembelajaran berikutnya? Simak beberapa tips di bawah ini agar kegiatan belajar mengajar lebih optimal:

1. Pilih Gadget yang Tepat

Sesuaikan penggunaan gadget dengan kondisi di sekolah. Jika sekolah menyediakan fasilitas komputer atau laptop untuk siswa, maka bisa menggunakan software dan aplikasi yang kompatibel dengan komputer dan laptop. Jika siswa memiliki tablet untuk kegiatan belajar mengajar, bisa mengandalkan aplikasi seluler. 

Lalu bagaimana jika siswa hanya bisa mengandalkan ponsel pintar? Tidak masalah. Aplikasi yang berhubungan dengan pendidikan juga banyak yang bisa diakses via ponsel. Sesuaikan saja dengan kondisi di sekolah agar pemilihan software dan aplikasinya kompatibel dengan siswa. 

2. Pilih Platform yang Ringan

Tak dapat dipungkiri, terkadang dunia pendidikan kita masih sangat terbatas dalam hal infrastruktur. Tapi tak perlu khawatir, karena kita masih bisa mengatasinya dengan memilih platform software, situs, maupun aplikasi yang bobotnya ringan. Dengan begitu, platform tersebut tidak membutuhkan gadget dengan spesifikasi tinggi untuk dimaksimalkan. 

Hal yang terpenting  adalah platform yang sudah dikembangkan lengkap sehingga bisa dimanfaatkan dengan optimal. Selain itu, platform harus mendukung dan sesuai dengan materi yang akan disampaikan. 

3. Guru Harus Memahami Teknologinya Terlebih Dulu

Sebelum membawa teknologi baru ke dalam kelas, tenaga pengajar harus memahami dulu teknologi tersebut. Para siswa terpapar dengan teknologi sejak usia dini, karena itu mereka akan lebih cepat belajar dibandingkan orang dewasa. Kalau guru tidak mempelajarinya terlebih dulu, kemungkinan siswa akan menguasainya lebih cepat dari guru. 

Karena itu, agar kegiatan belajar mengajar lebih nyaman dan lancar, pastikan guru memahami dan menguasai teknologinya dulu sebelum dibawa ke kelas. Hal ini akan membuat guru tidak akan merasa stres dan gugup jika sudah nyaman dan tahu apa yang harus dilakukan dengan software atau aplikasi tersebut di kelas. 

4. Tetapkan Tujuan Pembelajaran yang Jelas

Sebelum menggunakan teknologi baru di dalam pembelajaran, penting untuk menentukan tujuan pembelajaran yang jelas. Pastikan dulu apa yang akan dipelajari siswa dan bagaimana teknologi dapat membantu untuk mencapai tujuan tersebut. 

5. Bekerja Sama dengan Guru Lain

Sampaikan ide penggunaan teknologi ini dengan rekan sesama guru di sekolah. Dari diskusi dengan guru, akan terkumpul berbagai ide yang membangun. Dengan begitu, guru pun bisa lebih memanfaatkan teknologi yang tepat dengan sebaik mungkin. Setiap guru memiliki pengetahuan dan pengalaman yang berbeda-beda, sehingga bisa dijadikan patokan dalam penggunaan teknologi di ruang kelas. 

6. Komunikasikan dengan Orang Tua Siswa

Setelah mendapatkan formula teknologi yang tepat, sebelum diterapkan di kelas, pastikan untuk mengomunikasikannya dengan orang tua siswa terlebih dulu. Dengan begitu, orang tua akan tahu gadget apa yang akan digunakan di kelas dan teknologi apa yang akan digunakan anak-anak mereka. 

Selain itu, berikan informasi lengkap terkait:

  • Bagaimana caranya teknologi tersebut digunakan
  • Tipe teknologi yang akan digunakan
  • Peraturan yang harus dipatuhi siswa
  • Batasan penggunaan teknologi tersebut di dalam kelas
  • Seberapa sering gadget dan teknologi tersebut akan digunakan di kelas maupun di rumah. 

7. Gunakan Teknologi Sebagai Alat Bantu dalam Pembelajaran

Teknologi di kelas bisa digunakan sebagai alat bantu saja yang fungsinya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jadi, teknologi bukanlah pengganti metode pengajaran tradisional. Jadi, siswa tidak hanya bergantung dari teknologi saja, melainkan tetap bisa belajar dari sumber daya yang didapat via offline. Teknologi ada di sekitar kita dan tidak lepas dari dunia pendidikan sekalipun. Manfaatkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran dengan baik, agar guru dan siswa bisa mendapatkan keterampilan dan pengetahuan baru. Pijar Sekolah hadir dengan berbagai materi belajar yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun, sehingga belajar dengan teknologi pun lebih mudah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *