Manfaat Video Based Learning untuk Siswa dan Tips Membuatnya - Pijar Sekolah

Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Manfaat Video Based Learning untuk Siswa dan Tips Membuatnya

Pijar Sekolah – Pembelajaran berbasis video, dikenal dengan video-based learning, menjadi pilihan metode belajar yang efektif selama sekolah online. Beberapa guru sudah menerapkannya untuk membantu siswa belajar dari rumah dengan cara yang menyenangkan. Namun, sebagian lainnya masih kesulitan dalam membuat video pembelajaran untuk para siswa.

Belajar dengan video tentunya tidak hanya bermanfaat bagi siswa, melainkan juga para guru. Dengan menggunakan video, Anda dimudahkan dalam menyampaikan materi pelajaran kepada para siswa sehingga mereka akan lebih mudah memahaminya. Anda juga bisa berinteraksi dengan para siswa untuk membahas pelajaran yang disampaikan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Di kalangan para siswa, belajar dengan video juga lebih disukai. Alasannya karena video menjelaskan hal-hal lebih baik dibandingkan teks sehingga membantu mereka dalam memahami pelajaran. Pembelajaran berbasis video dapat meliputi: kelas online, animasi, video tutorial singkat, dokumenter, vlog, dan lainnya.

Tips Membuat Video Pembelajaran untuk Para Siswa

Anda ingin menggunakan video pembelajaran, tetapi kesulitan saat membuatnya? Berikut ini beberapa tips untuk membuat video pembelajaran yang menarik:

1. Kenali Siapa Siswa Anda

Kunci utama dalam membuat video pembelajaran adalah memahami siapa peserta didik Anda, termasuk usia, latar belakang, tingkat pendidikan, dan karakteristiknya. Hal-hal mendasar ini akan memudahkan Anda dalam membuat konsep dan konten video sehingga diharapkan dapat diterima dengan baik oleh para siswa.

2. Persiapkan Naskah Video

Naskah atau materi pelajaran yang ingin disampaikan perlu disiapkan secara matang sebelum Anda menuangkannya dalam bentuk video. Anda disarankan untuk fokus pada satu topik, konsep, atau pesan tertentu agar para siswa lebih mudah memahami arah pembelajaran. Salam pembuka, inti pembahasan, dan penutup perlu dikemas secara runtut sehingga memudahkan Anda saat membuat video pembelajaran.

3. Tentukan Jenis Video

Ada banyak jenis video yang bisa Anda gunakan dalam menyampaikan materi pelajaran. Anda bisa memilih salah satu yang paling cocok untuk para siswa dan mudah dibuat. Pilihannya adalah video tutorial atau animasi. Tenang saja, saat ini tersedia aplikasi belajar online yang menyediakan beragam animasi menarik yang bisa Anda akses secara gratis seperti Lab Maya dari Pijar Sekolah. Fitur video pembelajaran Pijar Sekolah juga bisa menjadi pilihan, lho.

4. Gunakan Audio yang Mendukung

Musik menjadi bagian penting dari video pembelajaran. Ini bisa menjadi nilai tambah karena dapat meningkatkan fokus dan suasana hati (mood) belajar para siswa saat memperhatikan video yang Anda buat. Saat memilih audio yang tepat, pastikan Anda menyesuaikan volume audio agar tidak terlalu kencang dan pilih musik yang cocok untuk materi pembelajaran Anda.

5. Buat Video Menjadi Interaktif

Agar semakin menarik dan tidak membosankan, Anda bisa menambah efek atau icon tertentu pada video yang dibuat. Misalnya, Anda bisa menambahkan pop up kecil berisi fakta menarik, tips, kutipan lucu, atau referensi materi untuk para siswa pelajari lebih lanjut. Bila memungkinkan, Anda bisa membuat kuesioner sederhana pada video yang bisa dijawab langsung oleh para siswa sehingga dapat menjadikan kegiatan belajar menjadi lebih interaktif dan menyenangkan.

Itulah lima tips membuat video pembelajaran yang efektif untuk membantu Anda menerapkan pembelajaran jarak jauh. Jika Anda tertarik untuk mencoba video pembelajaran, gunakan aplikasi Pijar Sekolah sekarang. Aplikasi belajar online Pijar Sekolah akan memudahkan Anda dalam membuat dan mengunggah video sehingga bisa diakses oleh para siswa kapan saja. Anda juga bisa menggunakan video yang tersedia untuk digunakan saat proses belajar mengajar online.

Ingin tahu lebih banyak tentang Pijar Sekolah? Kunjungi pijarsekolah.id atau Instagram @pijarsekolah. Yuk, jadikan sekolah Anda #SemakinUnggul dengan Pijar Sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *