Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

13 Fitur Baru Pijar Sekolah yang Bermanfaat Untuk Memudahkan Proses Belajar Mengajar

Fitur pijar sekolah

Hai bapak/ibu guru! Gak kerasa tahun 2023 sudah berlalu dan sekarang sudah memasuki tahun 2024. Nah, untuk memudahkan ibu/bapak guru dalam menjalankan proses belajar mengajar di tahun 2024 ini, Pijar Sekolah punya banyak fitur-fitur terbaru yang sebelumnya sudah di rilis tahun 2023 silam lho. Kalau bapak/ibu guru ingin tahu ragam fitur baru di Pijar Sekolah, yuk simak informasinya di bawah ini.

Fitur Baru Pijar Sekolah

Beberapa fitur baru Pijar Sekolah yang mungkin belum ibu/bapak guru ketahui, yaitu:

1.AnBuSo atau Analisis Butiran Soal

Bisa dibilang AnBuSo merupakan salah satu fitur baru Pijar Sekolah yang paling banyak diminati oleh guru lho. Karena fitur AnBuSo bisa membantu guru untuk menilai soal yang dibuat dan menentukan apakah soal tersebut dianggap mudah atau sulit oleh siswa. Hal ini dihitung dari jumlah soal yang berhasil atau tidak dijawab oleh siswa. Untuk sementara, fitur ini hanya berlaku untuk tipe soal pilihan ganda, PG Kompleks, Essay, menjodohkan, dan mengurutkan. Tapi kamu gak perlu khawatir fitur AnBuSo juga akan segera tersedia untuk tipe soal survei dan benar salah.

2. Homepage DTP Web Admin dan Guru

Halaman utama dari tampilan web App guru dan Admin pada Pijar Sekolah akan difokuskan untuk tiga fitur utama, yaitu Absensi, Tugas, dan Ujian. Sehingga membuat pengguna khususnya Guru lebih nyaman dan mudah untuk mencari fitur-fitur utama Pijar Sekolah (Ujian, Tugas, dan Absensi).

3. In App Tutorial Homepage

In App Tutorial Homepage terdapat di halaman utama Pijar Sekolah. Hal ini memungkinkan pengguna baru atau pengguna yang belum terbiasa menggunakan Pijar Sekolah bisa memahami tata letak, fitur, dan fungsi apa saja yang tersedia pada halaman utama Pijar Sekolah pada versi terbaru.

4. Banner sertifikasi guru berprestasi

Stay banner yang ada pada Homepage baru Pijar Sekolah difungsikan untuk memberikan awareness terkait event yang sedang berlangsung di Pijar Sekolah. Saat ini banner dikhususkan untuk memberikan awareness kepada guru yang menggunakan Pijar Sekolah terkait event sertifikasi guru pada Pijar Mahir. Banner tersebut dibuat clickable yang akan direct ke website Pijar Mahir.

5. Dashboard Dinas Kota Semarang

Dashboard ini berisi kumpulan sekolah-sekolah yang terintegrasi dari kota Semarang. Selain itu, dashboard ini akan menjelaskan tentang aktif atau tidak aktifnya sekolah yang menggunakan Pijar Sekolah, dilihat dari Keaktifan sekolah melakukan migrasi data user (Guru dan Siswa), serta penggunaan fitur Tugas dan Ujian. Pada dashboard ini juga dijelaskan mapping sekolah berdasarkan Jenjang pendidikan, Status pendidikan, dan Kecamatan sesuai dengan sekolahnya.

Selain itu, Pijar Sekolah juga memberikan rekomendasi berupa output yang menjelaskan jika ada sekolah yang kurang/dibawah rata-rata secara nilai, sehingga diharapkan dapat menjadi catatan pihak dinas Pendidikan setempat untuk memberi perhatian lebih kepada sekolahnya.

6. Add Silabus (Tujuan Pembelajaran) pada Presensi Siswa per-Mata Pelajaran

Penambahan kolom Tujuan Pembelajaran pada proses presensi Guru per Mapel, sehingga Kepala Sekolah dapat memonitor materi belajar siswa/I dari masing-masing guru untuk setiap pertemuannya.

7. Manajemen Berkas (File Manajemen)

Fitur ini bisa dimanfaatkan guru dan operator sekolah dalam mengorganisir file penting. Sehingga file dapat disimpan sesuai kategorinya, mudah dicari, dan disimpan dalam tempat yang aman.

8. Penyesuaian Preview Tugas dan Penulisan Desimal

Penyesuaian tampilan preview tugas pada guru, admin dan siswa menjadi bentuk Thumbnail yang lebih menarik. Penyesuaian penulisan desimal yang sebelumnya menggunakan (.) menjadi koma (,).

9. Report Presensi Siswa per-Mata Pelajaran per-Silabus

Guru dan admin sekolah bisa melihat report harian presensi siswa per-Mata Pelajaran per-Silabus dalam bentuk excel. Untuk admin, bentuk reportnya dibagi menjadi per-kelas, sedangkan guru disatukan beberapa kelas. Hal ini tentu saja memudahkan guru dan admin untuk melihat siswa mana saja yang sering tidak hadir, sehingga dapat menjadi bagi guru yang bersangkutan.

10. Remote block-Split Screen

Remote block-Split Screen bisa mengindikasi jika ada kecurangan yang dilakukan siswa ketika ujian. Caranya dengan melihat apakah ada aplikasi lain yang dibuka siswa selama proses ujian. Jika selama mengikuti ujian siswa membuka aplikasi lain, maka sistem akan mendeteksi hal ini sebagai kecurangan dan siswa akan diblokir. Sehingga siswa tidak dapat mengakses ujian sampai pihak sekolah (admin/guru) membuka blokir siswa tersebut.

11. Verifikasi email guru

Verifikasi email oleh guru bertujuan untuk meningkatkan keamanan akun dan kepemilikan dari akun tab. Email aktif guru, diharapkan bisa memudahkan guru apabila ingin memulihkan akun. Selain itu, email guru juga bisa memungkinkan guru mendapatkan berbagai informasi menarik atau acara yang dilakukan Pijar Sekolah.

12. Link request fitur di tombol bantuan

Pada homepage baru terdapat menu Permintaan Fitur pada tombol bantuan yang jika di klik akan direct ke g-form di mana pengguna bisa mengisi fitur-fitur yang diinginkan, serta feedback yang dingin disampaikan terkait fitur eksisting.

13. Banner untuk pop-up ke konten Pijar Belajar

Terakhir, sebagai bentuk kolaborasi antara Pijar Belajar dan Pijar Sekolah untuk dapat meningkatkan acquisition dan activation Pijar Belajar melalui touch point/endorsement Pijar Sekolah.

Nah, itu tadi beberapa fitur baru Pijar Sekolah. Kedepannya Pijar Sekolah juga akan terus membuat fitur baru yang tentunya akan sangat memudahkan guru dalam menjalan proses belajar mengajar lho. Jadi, jangan lupa follow Instagram Pijar sekolah ( @pijarsekolah ) dan rutin buka website Pijar sekolah ( https://pijarsekolah.id/ ).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *