Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username : sekolahdemopijar@gmail.com
Password : sekolahdemo

GURU
Username : guru1@gmail.com
Password : gurudemo

SISWA
Username : 30170521
Password : siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

7 Cara Menjadi Guru Milenial yang Disenangi Siswa

Guru milenial

Untuk beberapa guru mengajar siswa yang berasal dalam golongan generasi milenial memang bisa menjadi tantangan tersendiri. Karena siswa yang berasal dari generasi milenial biasanya memiliki karakteristik yang berbeda dengan siswa yang berasal dari generasi lain.

Namun, jangan khawatir karena saat ini guru juga bisa menjadi guru milenial yang disenangi siswa lho. Nah, kalau guru ingin tahu tips menjadi guru milenial yang disenangi siswa, simak informasinya di bawah ini ya.

Cara Menjadi Guru Milenial yang Disenangi Siswa

Beberapa cara menjadi guru milenial yang disenangi siswa, yaitu: 

1.Gunakan teknologi 

Hal pertama yang perlu guru lakukan untuk menjadi guru milenial adalah dengan menggunakan teknologi. Karena generasi milenial memang generasi yang sangat akrab dengan teknologi untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti belajar sekalipun. Oleh karena itu, guru juga harus bisa rutin menggunakan teknologi dalam mengajar. Beberapa teknologi yang bisa guru learning management system, power point, dan lain sebagainya.

2. Sampaikan informasi dengan singkat, padat, dan jelas

Generasi milenial dibesarkan di lingkungan yang kaya akan media dan terbiasa dengan perubahan layar yang cepat. Mereka mengharapkan informasi disajikan dalam bentuk potongan-potongan yang mudah dicerna, bukan penjelasan yang panjang lebar.

Oleh karena itu, akan lebih efektif menarik perhatian mereka dengan menggunakan membuka proses belajar yang menarik namun singkat, seperti sketsa pribadi, demonstrasi, teka-teki, dan film pendek atau klip video. Ada baiknya juga jika selama mengajar guru menerapkan aturan 10 menit (atau 12 atau mungkin 15 menit). Aturan 10 menit artinya, guru bisa beralih dari ceramah ke diskusi atau klip video ke demonstrasi setiap 10 menit sekali.

Namun, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kelas ya.

3. Gunakan metode belajar role play

Salah satu model pembelajaran yang paling populer adalah role play. Dengan memasukkan permainan dalam pembelajaran, siswa dapat lebih semangat dan tertarik tanpa merasa tertekan untuk mengikuti proses pembelajaran dengan materi yang akan dipelajari.

Hal yang dapat dilakukan dalam kegiatan ini adalah menentukan skenario terlebih dahulu. Setelah itu, bentuklah kelompok yang beranggotakan minimal 5 orang dan jelaskan kompetensi yang ingin dicapai kepada seluruh kelompok. Meskipun terlihat sederhana, hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan sosial siswa.

4. Gunakan alat peraga

 Model pembelajaran melalui alat peraga bisa menjadi pilihan menarik untuk pembelajaran mahasiswa milenial. Cara ini bisa digunakan oleh guru untuk mata pelajaran yang biasanya kurang populer dan terkadang ditakuti oleh anak-anak, seperti Matematika. Seringkali matematika ditakuti oleh siswa karena angka-angka yang sedikit sulit untuk dipahami, berbeda dengan pelajaran teori lainnya. 

Untuk mengatasi hal tersebut, guru dapat menggunakan alat peraga dalam mengajar. Misalnya saja pada pelajaran matematika, sepeda motor bisa dijadikan sebagai alat bantu mengajar. Motor akan dimasukkan dalam kelas sebagai contoh untuk mempelajari materi tabung dan lingkaran. Yakinlah setelah perubahan metode pembelajaran, siswa akan lebih berani dalam mata pelajaran matematika.

5. Selalu up to date dengan informasi atau tren yang beredar di kalangan siswa

Salah satu cara paling mudah untuk menjadi guru favorit adalah dengan selalu up to date dengan informasi atau tren yang beredar di kalangan siswa. Karena hal ini akan memudahkan guru untuk bisa mengobrol dan berbaur dengan siswa. Sesekali tidak ada salahnya juga jika guru membuka aktivitas sehari-hari dengan mengobrol dengan siswa mengenai informasi terbaru.

Jangan lupa juga untuk memasukkan tren yang beredar di kalangan siswa pada materi pelajaran. Misalnya ketika guru membahas materi komunitas sosial tidak ada salahnya jika guru mengambil contoh boy group Korea yang sedang banyak diidolakan oleh siswa. 

6. Selalu menjaga mood agar tetap stabil

Menjaga mood atau suasana hati agar selalu stabil dan baik memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, jangan lupa untuk selalu berusaha menjaga mood atau suasana hati agar selalu stabil dan baik ya. Karena hal ini akan membuat suasana kelas juga senantiasa selalu kondusif dan membuat guru disenangi oleh siswa.

Agar mood guru senantiasa selalu baik, ada baiknya jika guru menerapkan work life balance. Kalau guru ingin tahu tips menerapkan work life balance, baca artikel ini ya  “8 Cara Menerapkan Work Life Balance dengan Baik.”

7. Berikan penghargaan kepada siswa

Meskipun terlihat sederhana, faktanya memberikan penghargaan kepada siswa juga merupakan salah satu cara untuk guru milenial. Karena penghargaan akan membuat siswa merasa lebih dihargai dan membuatnya selalu fokus belajar di kelas. Beberapa contoh penghargaan yang bisa guru berikan adalah “Siswa paling rajin”, “Siswa paling aktif”, atau “Siswa paling berprestasi”.

Selain memberikan penghargaan kepada siswa yang paling berprestasi, guru juga dapat membuat penghargaan unik “Bintang Olahraga Kelas”, “Anak Paling Baik”, dan lain-lain. Hadiah yang diberikan guru juga gak harus hadiah yang mahal kok. Kadang, hadiah berupa cokelat atau peralatan menulis yang unikpun sudah membuat siswa merasa lebih dihargai. 

Menjadi guru milenial yang disenangi siswa memang kadang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, tidak ada salahnya jika guru mulai menerapkan tips di atas. Karena menjadi guru favorit yang disenangi oleh siswa bisa bermanfaat untuk memudahkan guru dalam mengajar. 

Kalau guru ingin proses belajar mengajar terasa lebih mudah untuk dilakukan, yuk gunakan platform Pijar Sekolah.

Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi, dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

Referensi

https://www.apa.org/monitor/2010/03/undergraduates

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *