Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

7 Peran Guru dalam Pendidikan

Peran guru

Peran guru dalam pendidikan yang utama tidak berubah seiring dengan berjalannya waktu. Guru adalah pembimbing bagi peserta didik untuk mendapatkan pengetahuan baru. Namun jika kita mendalaminya lebih jauh, maka mengajar bukan hanya sekedar profesi yang berdasarkan keahlian saja, tapi lebih kompleks lagi. 

Saat ini, peran guru dalam proses pembelajaran lebih dari sekedar mengharapkan siswa mengikuti apa yang mereka lakukan di depan kelas. Guru modern diharapkan mampu menawarkan pengalaman belajar yang lebih jaya dan unik, sehingga mampu memenuhi kebutuhan siswanya. Di bawah ini adalah beberapa peran utama guru yang penting dilakukan di era pendidikan modern:

Menjadi Mentor

Tugas mentor adalah memberikan bimbingan. Ada hubungan antara guru yang penuh perhatian dan kaya akan pengetahuan dengan siswa yang termotivasi untuk belajar dengan baik. Siswa perlu tahu bahwa guru peduli tentang bagaimana cara mereka belajar dan apa yang dapat membantu mereka belajar dengan baik. 

Guru harus berusaha untuk mempelajari karakteristik dari setiap siswa, termasuk latar belakang sosialnya, ekonomi, budaya, gaya belajar mereka, apa yang dibutuhkan, kemampuan mereka, bakat, dan minatnya. Guru sekarang juga bertugas mengasuh dan menasihati siswanya dalam memahami kebutuhan intelektual, emosional, dan sosial mereka. 

Menginspirasi Siswanya

Guru harus siap kapan saja dalam membantu para siswanya belajar di tahap apa pun yang mereka perlukan. Selain itu, guru saat ini tidak hanya diharapkan mampu menguasai dan memberikan materi di bidang yang dikuasainya seperti matematika, bahasa, sains, dan lain sebagainya saja. Tapi guru diharapkan untuk lebih kreatif dan mampu menumbuhkan rasa ingin belajar pada setiap siswa. 

Untuk mencapai tujuan ini, seorang guru harus mampu memanfaatkan berbagai metode pengajaran yang mendukung gaya dan bakat belajar siswa. Misalnya, mereka harus mendorong siswa untuk berperan aktif di dalam kelas. Cara mengajar yang non tradisional saat ini lebih disukai, di mana siswa dapat mengajukan pertanyaan yang relevan dengan topik yang diajarkan dengan lebih terbuka. 

Memupuk Rasa Ingin Tahu yang Sehat pada Siswa

Seorang guru yang baik mampu menguasai seni memupuk rasa ingin tahu yang sehat pada setiap siswanya. Guru diharapkan mampu membuat rencana pembelajaran yang interaktif, mencakup berbagai kegiatan untuk mendukung gaya belajar yang menyenangkan di setiap pertemuan. Selain itu, guru harus mampu menjadi fasilitator, pembimbing, dan rekan belajar dalam kegiatan belajar mengajar. 

Sudah menjadi tanggung jawab guru untuk mendorong siswanya untuk mengambil alih pengalaman belajar mereka selama berada di kelas. Jika setiap siswa dibiasakan untuk terlibat, maka siswa akan jadi terbiasa dan tidak akan merasa tertekan. Rasa ingin tahu mereka pun akan tumbuh secara alami. 

Guru yang mampu menyeimbangkan antara tujuan pembelajaran dan kemampuan yang dapat digunakan seumur hidup adalah yang terbaik di dunia pendidikan modern. Siswa pun akhirnya tak hanya bisa menghafal teori saja, tapi benar-benar memahaminya secara mendalam. Lebih baik lagi, siswa dapat menerapkan apa yang dipelajari di dunia nyata. 

Menciptakan Pengalaman Belajar yang Menyenangkan

Siswa akan menjadi lebih kooperatif jika mereka diberikan kebebasan di dalam kelas. Akan lebih baik lagi apabila siswa bisa memberi usul terkait proses pembelajaran yang bisa diterapkan pada kurikulum. Guru dapat membimbing siswa untuk membuat rencana belajar yang dapat mencapai gol mereka. Selain itu, guru juga dapat membantu siswa memutuskan untuk menunjukkan apa yang sudah mereka pelajari selama ini. 

Pastikan juga bahwa guru tidak memiliki rasa paling benar dan tidak memperbolehkan siswa mengemukakan pendapat di dalam kelas. Sekolah memerlukan guru yang mampu merencanakan kegiatan belajar mengajar yang menarik dan memberi peluang siswanya untuk ikut serta di dalamnya. Akan lebih baik lagi jika siswa dapat belajar dari media yang variatif. 

Sudah menjadi tugas guru untuk menilai dan menciptakan pengalaman berarti bagi siswa saat di kelas. mengemukakan pendapat dan membiarkan mereka menyelesaikan suatu tantangan setiap harinya akan menjadi pengalaman yang sangat berharga dan diingat oleh para siswa. Pengalaman ini memberi arti penting untuk memupuk keterampilan dan kondisi mental yang selalu siap dalam berbagai kondisi. 

Sebagai hasilnya, siswa tak perlu lagi menghafal teori yang terkesan abstrak dari buku teks. Teori yang dihafal akan mudah dilupakan. Sementara suatu pengetahuan yang langsung diterapkan akan lebih mudah diingat oleh para siswa. 

Memanfaatkan Teknologi untuk Mendukung Kegiatan Pembelajaran

Teknologi yang terus berkembang telah mengubah setiap aspek kehidupan manusia, termasuk di dalamnya dunia pendidikan yang tak terlepas dari teknologi. Pendidikan perlu menerapkan teknologi untuk mempersiapkan siswa menghadapi dunia yang sebenarnya di luar sekolah. Metode pengajaran yang tradisional diperlukan karena infonya sangat langka, tapi sekarang informasi bisa didapat di mana-mana, sehingga diperlukan cara mengajar yang lebih dari sekedar memberikan teori di depan kelas. 

Tujuan mengajar yang modern tidak berhenti di membantu siswa untuk mendapatkan informasi saja. Seorang guru saat ini harus mampu memancing siswanya berpikir kritis, memecahkan masalah, mendapatkan sumber informasi yang jelas, serta membuat keputusan yang cerdas. 

Berkat perubahan teknologi ini, maka guru dapat bekerja dalam kelompok kecil besar maupun kecil baik secara tatap muka langsung maupun pertemuan di kelas virtual. Tapi sebelumnya, guru harus memahami penggunaan teknologi yang tepat dan menguasainya. 

Menjadi Mediator

Guru sering kali harus menjadi penghubung dan mediator untuk berbagai pemangku kepentingan di dalam dunia pendidikan. Misalnya, siswa mungkin akan meminta guru untuk membantu mereka menyampaikan informasi tertentu kepada orang tua mereka, atau justru sebaliknya. Karena itu, guru harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan tahu menempatkan diri tergantung siapa lawan bicaranya. 

Selain itu, guru juga diharapkan mampu menyampaikan pendapat di dalam rapat yang dihadiri oleh para pemangku kepentingan di sekolah. Menjadi mediator yang baik merupakan salah satu kemampuan dan peran penting yang tak bisa lepas dari seorang guru. 

Meneliti Strategi Pembelajaran

Ilmu pengetahuan akan selalu berkembang, karena itu, seorang guru harus meluangkan waktu untuk terus mendapatkan informasi tentang perubahan yang dapat mempengaruhi pembelajaran atau pendidikan secara keseluruhan. Dunia berubah dengan cepat, karena itu guru tidak bisa cepat berpuas diri dengan apa yang mereka sudah pelajari sebelumnya. 

Guru diharapkan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dengan begitu, mereka akan selalu melakukan riset, baik secara kecil-kecilan maupun besar-besaran. Dengan begitu, guru akan selalu memiliki materi terkini. Dalam dunia pendidikan modern, peran guru dalam pendidikan tidak hanya sekedar memberikan teori pada siswanya, tapi harus mampu menciptakan proses belajar mengajar yang aktif dan menyenangkan. Simak berbagai materi menarik yang disajikan Pijar Sekolah sebagai inspirasi untuk menghadirkan materi dan suasana mengajar yang interaktif!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *