Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

7 Tips Mengatasi Takut Saat Mengajar

Takut saat mengajar

Pada dasarnya rasa takut tidak hanya bisa dirasakan oleh siswa saja lho, tapi juga guru. Namun, rasa takut saat mengajar yang dialami guru justru bisa membuat guru tidak bisa mengajar dengan baik. Oleh karena itu, yuk segera atasi rasa takut saat mengajar dengan beberapa cara di bawah ini.

Rasa takut yang muncul saat mengajar biasanya bisa dipicu oleh beberapa hal, seperti baru pertama kali mengajar, merasa tidak bisa memberikan ilmu yang terbaik, dan kondisi tubuh yang sedang kurang sehat. Apapun alasannya pada dasarnya rasa takut yang muncul sebelum mengajar sangat normal dialami oleh guru, baik oleh guru yang baru memiliki sedikit pengalaman, maupun guru yang memang sudah lama mengajar sekalipun.

Ragam Tips Mengatasi Rasa Takut Saat Mengajar

Jika guru merasa bahwa rasa takut yang dialami susah dihilangkan, jangan khawatir. Karena pada dasarnya rasa takut saat mengajar bisa diatasi dengan beberapa tips di bawah ini: 

1.Temukan penyebab takut saat mengajar 

Hal pertama yang perlu guru lakukan untuk mengatasi takut saat mengajar adalah mencari penyebab takut itu sendiri. Misalnya mengalami konflik dengan rekan kerja atau beban pekerjaan yang terlalu banyak.

Coba tuliskan semua penyebab takut di sebuah kertas dan tulis juga solusi sederhana yang bisa guru lakukan untuk mengatasi stres tersebut. Contohnya ketika guru memiliki konflik dengan rekan kerja, ada baiknya diskusi dengan rekan kerja tersebut untuk sama-sama menyelesaikan konflik.

Saat mencari penyebab takut, ada baiknya guru menulisnya di tempat yang setenang mungkin dan jauh dari lingkungan kerja. Bila perlu guru bisa menghabiskan waktu untuk menenangkan diri sendiri selama 1-2 jam untuk sekedar mencari penyebab stres. Pastikan juga bahwa pikiran guru tetap rileks dan tenang saat menuliskan semua penyebab stres.

2. Buat jadwal kerja setiap harinya

Untuk mengatasi rasa takut karena tidak bisa memberikan pengajaran yang sebaik mungkin pada siswa, ada baiknya guru membuat jadwal kerja setiap harinya. Karena hal ini bisa bermanfaat untuk membuat guru dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi.

Setelah membuat jadwal yang sama setiap harinya dan jangan lupa juga untuk selalu mematuhi jadwal tersebut ya. Misalnya pukul 09.00-12.00 adalah waktu untuk fokus bekerja, 12.00-13.00 istirahat, dan 13.00-16.00 waktunya untuk bekerja kembali.  

3. Persiapkan diri dengan sebaik mungkin

Setelah membuat jadwal kerja jangan lupa untuk menyiapkan diri sebaik mungkin. Karena bisa dibilang, mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin merupakan salah satu kunci utama untuk menghilangkan rasa takut saat mengajar. Ketika menyiapkan diri sebaik mungkin, guru biasanya akan lebih mudah dalam menyampaikan materi pelajaran atau sekedar mendengarkan sisa berbicara. 

 

Beberapa persiapan yang perlu guru lakukan sebelum mengajar adalah adalah materi atau pesan apa yang ingin disampaikan, serta alat atau perlengkapan apa yang ingin digunakan. Beberapa hari dan jam sebelum berbicara di depan umum, pastikan lagi bahwa semua hal yang akan guru bawa atau gunakan saat mengajar sudah tersedia ya.

4. Atur napas dan rileks

Jika saat mengajar, guru tiba-tiba merasa takut dan cemas, hal pertama yang perlu guru lakukan adalah menarik napas panjang dan berusaha untuk menenangkan diri. Bila perlu, guru bisa minta izin kepada siswa untuk minum air putih terlebih dahulu agar dirimu lebih tenang.

 

BACA JUGA:7 Tips Sukses Mengadakan Study Tour

5. Lakukan mindfulness

Mindfulness adalah salah satu jenis meditasi yang bisa dilakukan dengan cara memfokuskan pikiran dan perasaan pada hal yang benar-benar sedang dirasakan saat itu juga, tanpa interpretasi atau penilaian subjektif dalam diri. Pada dasarnya mindfulness juga bermanfaat untuk mengatasi rasa takut saat mengajar yang mungkin guru alami.

6. Cerita dengan orang terdekat

Tidak semua masalah harus guru tanggung sendiri kok. Ada kalanya guru harus berbagi sedikit keluh kesah yang guru rasakan kepada orang terdekat yang guru percaya. Misalnya keluarga, sahabat, atau pasangan. Coba ceritakan semua hal yang membuat guru takut akibat stres saat mengajar ke orang terdekat. 

Seperti dilansir di laman P2PTM Kemkes tentang cara mengatasi stres dan mencapai jiwa yang sehat, membicarakan stres yang sedang dirasakan kepada orang yang dipercaya mampu membantu meringankan beban stres yang sedang terjadi. Kadang saat bercerita, guru memang tidak selalu mendapatkan solusi. Tapi setidaknya beban dan stres yang sedang guru rasakan bisa sangat berkurang. Saat stres seseorang kadang hanya perlu didengar tanpa diberikan solusi. 

Kadang salah satu pemicu guru merasa takut saat mengajar adalah karena merasa tidak bisa memberikan yang terbaik untuk siswa. Oleh karena itu, mulai sekarang berhentilah bersikap perfeksionis. Karena jika dilakukan secara berlebihan hal ini justru bisa membawa dampak buruk untuk tubuhmu, seperti membuat guru lebih mudah stres dan lelah. Jangan lupa juga untuk maafkan diri sendiri jika sesekali melakukan kesalahan. Karena bagaimanapun tidak ada satu orang pun yang tidak melakukan kesalahan dan kadang kesalahan itu justru bisa membuat diri menjadi lebih baik lagi kedepannya.

 

Ternyata ada banyak cara yang bisa guru lakukan untuk mengatasi rasa takut saat mengajarkan. Jadi, kalau rasa takut tiba-tiba menghampiri jangan lupa untuk langsung menerapkan beberapa tips di atas ya. Karena hilangnya rasa takut saat mengajar akan sangat memudahkan guru dalam menjalani proses belajar mengajar. 

 

Kalau guru ingin proses belajar mengajar terasa lebih mudah untuk dilakukan, yuk gunakan platform Pijar Sekolah. Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

 

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

Referensi

https://www.wgu.edu/heyteach/article/6-strategies-relieve-teacher-anxiety1809.html

https://engage-education.com/blog/dealing-with-teacher-anxiety/

https://truthforteachers.com/6-strategies-to-manage-teacher-anxiety/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *