Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Yuk, Cari Tahu 8 Tips Belajar Menjelang Program Sertifikasi Guru

Program sertifikasi guru

Guru sedang bingung menentukan cara belajar untuk menghadapi program sertifikasi? Kalau iya, yuk simak beberapa tips menghadapi program sertifikasi guru berikut ini.

Sebelum membahas lebih jauh tentang tips menghadapi program sertifikasi guru, simak dulu yuk pengertian dan manfaat mengikuti program sertifikasi guru atau yang juga dikenal sebagai pendidikan profesi guru (PPG). Dikutip dari jurnal Universitas Negeri Lampung, sertifikasi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru. Sertifikat pendidik diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar profesional guru. Guru profesional merupakan syarat mutlak untuk menciptakan sistem dan praktik pendidikan yang berkualitas.

Dikutip dari jurnal Peran Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik yang ditulis oleh Lita Latiana Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, pada dasarnya sertifikasi guru bisa membawa banyak manfaat untuk guru, seperti menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, meningkatkan proses dan mutu hasil Pendidikan, meningkatkan martabat guru, serta Meningkatkan profesionalitas guru. Kalau guru ingin tahu lebih lanjut tentang manfaat dan cara daftar pendidikan profesi guru (PPG), baca artikel ini ya “Apa Itu PPG, Manfaat, dan Cara Daftar Program Sertifikasi Guru.”

Tips Belajar Menjelang Program Sertifikasi Guru

Agar guru bisa mengikuti  pendidikan profesi guru (PPG) dengan baik, jangan lupa untuk menerapkan beberapa tips di bawah ini ya:

1.Penuhi semua persyaratan yang diperlukan

Hal pertama yang perlu guru lakukan sebelum mengikuti pendidikan profesi guru (PPG) adalah dengan memenuhi semua dokumen persyaratan, seperti kualifikasi akademik minimum adalah D4/S1 dengan latar belakang pendidikan di bidang pendidikan SD/MI, kependidikan lainnya, dan psikologi. Hal yang perlu guru perhatikan adalah persyaratan pendidikan profesi guru (PPG) bisa berbeda untuk setiap tingkatan sekolah.

Untuk mengetahui informasi lengkap tentang syarat pendidikan profesi guru (PPG), jangan lupa untuk klik link ini ya https://paspor-gtk.simpkb.id/casgpo/login?service=https%3A%2F%2Fppg.simpkb.id%2Fbackend%2Fauth%2Flogin.

2. Selalu pantau media sosial

Agar guru bisa selalu mengetahui informasi terbaru mengenai pendidikan profesi guru (PPG), jangan lupa untuk selalu memantau media sosial lembaga penyelenggara pendidikan profesi guru (PPG). Selain itu, di media sosial penyelenggara program sertifikasi guru biasanya juga ada informasi mengenai barang atau perlengkapan yang mungkin akan di bawa saat ujian. Untuk mengetahui informasi terbaru mengenai pendidikan profesi guru (PPG), follow instagram PPG Kemendikbud ( @ppgkemendikbud) ya.

3. Konsultasi dengan guru lain dan orang terdekat

Selain belajar dengan giat, hal lain yang perlu guru lakukan saat mempersiapkan diri untuk mengikuti pendidikan profesi guru (PPG) adalah dengan berkonsultasi dengan guru lain yang sudah pernah mengikuti program sertifikasi guru dan orang terdekat.

Saat berkonsultasi dengan guru yang pernah mengikuti pendidikan profesi guru (PPG), guru bisa bertanya tentang tips dan trik dalam mengikuti program sertifikasi guru. Selain itu, jangan lupa untuk bertanya mengenai kendala dan cara mengatasinya yang mungkin akan dihadapi saat mengikuti program sertifikasi guru.

Sedangkan, saat berkonsultasi dengan orang terdekat, guru bisa mendapatkan dukungan moril menceritakan semua keluh kesah dan kekhawatiran yang mungkin akan dihadapi. Hal inilah yang nantinya akan membuat guru merasa lebih siap dalam mengikuti program sertifikasi guru.

4. Belajar bersama guru lain

Meskipun terlihat sederhana, faktanya belajar dan mempersiapkan diri Bersama dengan guru lain yang akan mengikuti program sertifikasi guru akan membuat guru merasa lebih siap dan bisa melakukan program sertifikasi guru lho. Karena saat belajar bersama teman, guru biasanya akan terhindar rasa stres dan tegang, jadi guru bisa menjadi lebih mudah memahami soal program sertifikasi guru. Namun, tetap batasi jumlah gur yang diajak belajar, maksimal 5 orang ya. Karena kalau lebih dari lima orang, guru biasanya akan menjadi sulit untuk berkonsentrasi.

5. Tidur yang cukup

Sesibuk apapun dan sepadat apapun aktivitas guru menjelang ujian, jangan lupa untuk tetap tidur yang cukup ya. Karena tidur yang cukup dengan tidur 7-8 jam setiap hari sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat dan memahami materi pelajaran. Selain itu, tidur yang cukup juga bermanfaat untuk meningkatkan fokus saat ujian.

6. Konsumsi makanan bergizi

Tidak bisa dipungkiri memang, mengonsumsi makanan bergizi juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak, membuat otak tidak mudah lupa, dan pastinya bisa membuatmu tetap fokus mengerjakan soal ujian. Melansir dari Mayo Clinic, beberapa makanan yang terbukti telah bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak dan adalah buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian utuh, ikan, kacang-kacangan, dan unggas tanpa kulit.

7. Lakukan manajemen waktu dengan baik

Bisa dibilang melakukan manajemen waktu dengan sebaik mungkin merupakan salah satu kunci keberhasilan mengikuti pendidikan profesi guru (PPG). Karena melakukan manajemen waktu dengan baik akan membuatmu bisa fokus mengerjakan soal ujian dengan sebaik mungkin. Salah satu metode manajemen waktu yang bisa guru terapkan adalah metode time blocking. Metode time blocking adalah metode yang digunakan ketika guru memblokir waktu selama beberapa menit atau jam untuk fokus mengerjakan suatu ujian.

8. Cek kembali semua jawaban soal ujian

Setelah guru mengerjakan semua soal, jangan lupa untuk kembali mengecek semua soal ujian. Jangan sampai ada soal yang belum dikerjakan dan tidak dikerjakan dengan maksimal. Selain itu, pastikan juga bahwa guru telah mengerjakan ujian dengan sebaik mungkin.

Program sertifikasi guru memang salah satu tahapan paling penting yang perlu guru lakukan. Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan diri sebaik mungkin dan menerapkan beberapa hal di atas ya.

Kalau guru ingin proses belajar mengajar terasa lebih mudah untuk dilakukan, yuk gunakan platform Pijar Sekolah. Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

 

 

Referensi

https://feb.unila.ac.id/wp-content/uploads/Tesis-Olis-Bab-II-ANALISIS-PENGARUH-PROGRAM-SERTIFIKASI-GURU-TERHADAP-KESEJAHTERAAN-DAN-KINERJA-GURU-.pdf

file:///C:/Users/User/Documents/Punya%20Popy/Asik%20ini%20Kerjaan%20Utama/Artikel%202023/Sertifikasi%20guru.pdf

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/healthy-aging/in-depth/memory-loss/art-20046518

https://www.240tutoring.com/what-to-do-before-and-after-taking-your-teacher-certification-exam/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *