Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Menarik! Ini 6 Alternatif Pengganti Pekerjaan Rumah

alternatif pekerjaan rumah

Saat ini pemerintah memang menyarankan guru-guru untuk tidak memberikan pekerjaan rumah (PR) kepada siswa. Karena pekerjaan rumah dinilai kurang efektif untuk siswa. Meskipun begitu ada alternatif pengganti pekerjaan rumah yang bisa guru berikan kepada siswa. Yuk, simak informasinya di bawah ini.

Pada dasarnya memberikan alternatif pekerjaan rumah bisa membawa banyak manfaat untuk siswa, seperti meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kritis. Selain itu, pada dasarnya memberikan alternatif pekerjaan rumah juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa. Karena ada beberapa projek alternatif yang perlu siswa kerjakan bersama teman-temannya yang lain.

Alternatif Pengganti Pekerjaan Rumah yang Bisa Guru Berikan Pada Siswa

Alternatif pekerjaan rumah di bawah ini bisa dikerjakan siswa di sekolah atau luar sekolah. Karena alternatif pekerjaan rumah merupakan penunjang aktivitas proses belajar siswa di sekolah. Beberapa alternatif pekerjaan rumah untuk siswa yang bisa guru berikan pada siswa, yaitu:

1. Ajak siswa untuk menulis buku harian atau diary

Meskipun terlihat sederhana, menulis buku harian ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Hal inilah yang bisa membuat menulis buku harian merupakan alternative PR yang sangat tepat. Karena saat menulis keluh kesah di buku harian secara tidak langsung otak akan terpacu untuk mencari solusi atas masalah yang sedang dihadapi. Hal inilah yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika sesekali guru memberikan tugas kepada siswa untuk menulis buku harian. Namun, jangan lupa untuk memberi tahu siswa bahwa buku harian yang ditulis hanya akan dibaca oleh guru. Karena hal ini bisa membuat siswa merasa lebih nyaman dan jujur dalam menulis buku harian.

Sebelum memberikan tugas menulis buku harian, sampaikan tujuan utama guru memberikan siswa tugas menulis buku harian yaitu ingin meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa. Saat menulis buku harian, siswa tidak perlu membeli buku khusus. Sebaliknya, kadang kala untuk membuat siswa menulis catatan harian, guru cukup memberikan beberapa lembar kertas HVS. Setelah itu, minta siswa untuk menuliskan semua keluh kesah atau hal apapun yang ingin diceritakan.

2. Main game

Siapa bilang game hanya bisa membawa dampak buruk. Faktanya ada game yang justru bermanfaat untuk membantumu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan berpikir siswa. Tapi bukan sembarangan game ya, game yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan bahasa Inggris siswa adalah scrabble. Scrabble adalah permainan menyusun kata di papan yang dimainkan 2 sampai 4 orang untuk mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari keping huruf yang tersedia.

Bisa dibilang scrabble merupakan permainan yang serupa dengan teka-teki silang, namun kata yang digunakan biasanya adalah bahasa Inggris. Hal inilah yang secara tidak langsung membuat scrabble bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan membantumu menambah perbendaharaan kata. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika sesekali guru mengajak siswa untuk bermain scrabble.

3. Nonton film

Siapa bilang nonton film kadang hanya tampak membuang-buang waktu dan tidak membawa manfaat sama sekali? Faktanya nonton film ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif untuk siswa lho. Sama halnya seperti mendengarkan musik, tidak ada patokan genre tertentu yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Karena semua genre bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.

Namun, usahakan film yang ditonton bersama siswa merupakan film yang ditujukan untuk semua umur serta tidak memiliki adegan kekerasan sama sekali. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika sesekali guru mengadakan acara nonton film bersama siswa. Bila perlu, sebelum mengadakan acara nonton film, guru bisa bertanya pada siswa terlebih dahulu film apa yang ingin ditonton.

4. Jalan-jalan keliling kota

Sesekali tidak ada salahnya juga jika guru mengajak siswa untuk jalan-jalan keliling kota. Karena pada dasarnya jalan-jalan keliling kota sendiri juga bisa bermanfaat untuk membuat menambah pengetahuan siswa, Beberapa tempat yang bisa guru datangi bersama siswa adalah museum, planetarium, perpustakaan, dan taman kota.

BACA JUGA: Ingin Tahu Cara Membangun Kedekatan dengan Siswa? Yuk, Simak 8 Caranya

5. Membuat sangkar burung

Sangkar burung bagus untuk populasi burung. Selain itu, saat membuat sangkar burung siswa memerlukan kreatifitas yang tinggi dan kemampuan berpikir kritis yang tinggi. Karena siswa harus menentukan desain yang ingin digunakan, mengukur semua bagian, dan menghias sangkar burung. Hal inilah yang menyebabkan sangkar burung bisa menjadi alternatif pengganti pekerjaan rumah yang sangat tepat untuk guru.

6. Ikut kegiatan sosial untuk menjadi relawan

Guru ingin meningkatkan kemampuan sosialisasi siswa sekaligus memicu siswa melakukan kegiatan yang produktif? Kalau iya, yuk ajak siswa untuk melakukan kegiatan sosial. Karena saat mengikuti kegiatan sosial, maka siswa berkesempatan untuk bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang bidang, mulai dari siswa hingga kerja profesional yang ahli di suatu bidang. Hal inilah yang menyebabkan mengikuti sosial juga bisa menjadi salah satu alternatif PR yang baik.

Salah satu kegiatan sosial yang bisa siswa ikuti adalah ikut kerja bakti dengan warga yang ada di sekitar lingkungan sekolah. Selain itu, mengikuti kegiatan sosial juga bisa bermanfaat untuk memudahkan guru mendapatkan banyak informasi atau ilmu lainnya. Ilmu ini nantinya bisa guru bagikan lagi kepada siswa-siswi di sekolah.

Nah, itu tadi beberapa alternatif pekerjaan rumah yang bisa guru berikan pada siswa. Meskipun memang terlihat cukup sulit untuk dilakukan, pada dasarnya memberikan alternatif pengganti pekerjaan rumah bisa memudahkan guru menjalankan proses belajar mengajar.

Kalau guru ingin proses belajar mengajar terasa lebih mudah untuk dilakukan, yuk gunakan platform Pijar Sekolah. Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

Referensi

https://www.classcraft.com/blog/alternatives-to-homework/
https://www.bookwidgets.com/blog/2018/09/20-creative-alternative-homework-ideas-for-teachers
https://sharedteaching.com/alternatives-to-homework/
https://www.fishyrobb.com/post/the-year-of-un-homework

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *